Kelebihan Dan Kekurangan Custom Rom Android

Android merupakan sistem operasi yang populer digunakan banyak orang di Smartphone saat ini dan berlabel open source atau sumber terbuka sehingga memungkinan penggunanya dapat melakukan modifikasi pada perangkat yang digunakan. Bahkan jika pada Smartphone Android terdapat fitur yang dirasa penggunanya kurang, pengguna tersebut dapat menambahkan fitur tambahan yang kurang dengan sendiri.

Costum rom android

Hal itulah yang membuat hadirnya Custom ROM di HP Android agar menjawab keluhan para pengguna dari adanya keterbatasan fitur di ROM bawaan hp atau bisa disebut juga Stock ROM. Jika kamu kurang faham arti dari Custom ROM atau bertanya-tanya apa itu Custom ROM? santai saja gak perlu bingung tentang pengertan Custom ROM karena aku menjelaskannya. 

Custom ROM adalah firmware atau ROM berbasis sistem operasi Android yang sudah dikostumisasi atau dimodifikasi oleh pengguna tertentu dengan fungsi Custom ROM yang telah dimodifikasi tersebut jauh lebih baik dari ROM bawaan HP Android. Jadi sudah tau kan perbedaan Custom ROM dan Stock ROM.

Nah jika kamu sudah tau pengertian Custom ROM kamu juga harus tau kelebihan Custom ROM dibandingkan Stock ROM atau ROM bawaan sehingga banyak banget pengguna Android yang menggunakannya dan juga kekurangan Custom ROM yang wajib kamu ketahui bila ingin menggunakannya di HP Androidmu. Langsung saja yuk simak yang ada di bawah ini.

Kelebihan Custom Rom


1. Bisa Menghapus Aplikasi Bawaan Yang Tidak Bisa Dihapus

Jika kamu menggunakan ROM bawaan HP Androidmu pasti kamu tidak akan bisa menghapus aplikasi bawaan yang ada, sedangkan jika kamu menggunakan Custom ROM kamu dapat menghapus aplikasi bawaan.

2. Mengatasi Memori Penuh

Keunggulan Custom ROM ialah kamu dapat mengatasi memori penuh. Buat kamu yang sering mengeluh memori internal Android penuh kamu dapat coba menggunakan Custom ROM. Alasan bisa mengatasi memori penuh karena bisa menghapus aplikasi bawaan yang jarang kamu pakai dan dapat menghapus file sampah tersembunyi di Android, sehingga hal itulah yang membuat HP Android kamu memori internalnya jadi gak gampang cepat penuh.

3. Baterai Lebih Hemat

Kelebihan Custom ROM selanjutnya adalah membuat baterai Android menjadi lebih hemat. Pengalaman pribaduku saat menggunakan custom rom baterai lebih hemat dari sebelumnya gak cepat habis atau boros gitu.

4. Mendapatkan Update Android Yang Lebih Cepat

Jika kamu menggunakan ROM bawaan pasti lama banget menunggu update Android versi terbaru dan bahkan malah udah ditungguin lama ternyata gak ada update Android versi terbaru. Berbeda jika menggunakan Custom ROM kamu akan mendapatkan update Android versi terbaru yang lebih cepat jadi gak perlu lagi menunggu update lama-lama lagi.

5. Meningkatkan Peforma Android Yang Lebih Baik Dari Sebelumnya

Saat aku instal Custom ROM di HP Androidku selain baterai yang lebih hemat, Custom ROM juga dapat meningkatkan peforma Android yang lebih baik seperti lebih lancar atau tidak lag saat main game, lebih cepat dan ringan saat digunakan dll pokoknya saat instal Custom ROM peforma androidmu akan lebih baik dari sebelumnya kalau nggak percaya coba sendiri aja ya.

6. Dapat Menggunakan Fitur-Fitur Yang Canggih

Jika di Smartphone Androidmu tidak ada fitur tertentu atau fitur penting Android yang kamu rasa kurang kamu bisa kok menambahkan dan menggunakan fitur tersebut dengan cara menginstal Custom ROM tapi pastikan ya Custom ROM yang kamu pasang tersebut sudah dilengkapi fitur yang kamu inginkan.

7. Merubah Tampilan Menjadi Menarik

Kalau kamu bosan dengan tampilan bawaan HP Androidmu kamu dapat kok merubah tampilan Android menggunakan Custom ROM dan kerennya sih Custom ROM merubah keseluruhan tampilan sistem HP Android jadi tidak seperti menggunakan tema ya yang merubah tampilan tertentu saja.

Jadi gini misal HP Android kamu Asus dan kamu menginstal Custom ROM Samsung ya tampilan HP kamu jadi Samsung mulai dari logo saat dihidupkan sampai tampilan keseluruhan HP Androidmu menjadi seperti tampilan HP Samsung tambah menarik kan jadinya.

Kelemahan Custom Rom


1. Terdapat Bug 

Kelemahan saat menginstal Custom ROM yang sering dialami banyak orang adalah adanya bug jika kamu gak tau apa itu bug? atau pengertian bug aku akan jelasin. Bug adalah masalah yang terjadi di Custom ROM. Soalnya aku sendiri sering gonta-ganti Custom ROM dan hasilnya ada bug kamera tidak bisa membuka kamera, bug galeri atau pengelola file tidak bisa dibuka, bug tidak bisa membuka aplikasi tertentu, bug notifikasi tidak muncul dan bug lainnya pokoknya pasti ada bug di Custom ROM.

Makanya jika kamu ingin menginstal Custom ROM sebaiknya unduh langsung dari official dan kalau bisa unduh yang minim bug. Biasanya sih di situsnya ada penjelasan tentang bug yang ada di Custom ROM tersebut dan cara memperbaiki atau mengatasi bug tersebut jadi coba aja siapa tau bugnya bisa diperbaiki dengan cara yang diberikan.

2. Resiko Bootloop

Ini sih resiko Custom ROM yang sering dialami banyak orang saat gagal menginstal Custom ROM yaitu hasilnya Bootloop atau cuman muncul logo saja tapi santai saja jika kamu mengalami masalah yang satu ini kamu dapat kok memperbaiki atau mengatasi Android Bootloop dengan cara menginstal ROM bawaan soalnya aku coba cara begitu dan HP Android aku yang Bootloop dapat kembali normal lagi.

3. Resiko Mati Total

Kalau ini resiko yang terbilang parah saat gagal menginstal Custom ROM yaitu mati total. Menurutku paling ribet adalah masalah Android mati total karena harus membutuhkan bantuan komputer atau laptop dan untuk cara memperbaiki Android mati total caranya ada di Google atau Youtube tinggal cari aja banyak kok jika nggak punya komputer atau laptop kamu dapat meminjam milik teman, keluarga, atau saudara dan kalau aku sendiri sih dulu menggunakan komputer warnet sekalian main game online hehehe.

4. Garansi Hilang

Kalau HP Androidmu masih baru sebaiknya jangan menginstal Custom ROM karena akan menghilangkan garansi pada Smartphonemu soalnya karena kan harus di Root dulu saat menginstal Custom ROM. Makanya kalau mau coba Custom ROM cobalah di HP Android yang lama soalnya aku sendiri juga menggunakan HP Android lama saat mencoba menginstal Custom ROM.

Demikian artikel tentang kelebihan dan kekurangan Custom Rom, sehingga kamu dapat mengetahui atau memahami sebelum menginstal Custom ROM dan aku ingin memberikan saran bagi kalian yang ingin memasang Custom ROM sebaiknya pilih yang sesuai dengan merek HP Androidmu seperti Custom ROM untuk Samsung, Oppo, Vivo, Realme, Xiaomi, Asus dan merek lainnya yang terpenting type sama dengan HP yang ingin kamu instal Custom ROM.

Karena dari pengalaman aku pernah menginstal Custom ROM berbeda type dengan merek hp yang sama ehh ternyata hasilnya malah gak cocok dan mengakibatkan Bootloop setelah itu aku memasang yang sesuai type baru bisa, serta untuk cara Custom ROM kamu bisa mencarinya di Google atau Youtube. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua dan jangan lupa baca artikel lainnya di blog Septiyan Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel