Fungsi File Msgstore Whatsapp, Bahaya Jika Dihapus?

Bagi kamu pengguna Smartphone pasti kamu mempunyai atau menginstal aplikasi Whatsapp kan?. Seperti kita tau, aplikasi Whatsapp saat ini terbilang penting untuk di instal karena buat chat seseorang dan juga masuk grup pelajaran online sekolah. 

File msgstore whatsapp

Nah, setelah menginstal pasti kamu pernah merasa Android mu kok memori internal cepat penuh. Setelah itu kamu pasti berpikir kok cepet bisa penuh ya memori internal HP kamu, padahal kamu sendiri tidak pernah menginstal banyak aplikasi dan tidak menyimpan banyak file. Kalau menurutku bisa jadi itu penyebabnya karena ada file msgstore atau msgstore.db.crypt12. 

Pengertian File Msgstore

Kalau kamu belum tau file msgstore itu apa?, nih aku jelasin. Jadi file msgstore itu merupakan file muncul otomatis yang ada di aplikasi Whatsapp, kamu bisa mencari file msgstore.db.crypt12 letaknya di memori internal berada pada folder Whatsapp terus buka folder database nanti akan muncul file tersebut didalam folder databases dan jumlah filenya lebih dari satu.

Fungsi File Msgstore Whatsapp

Jika kamu bertanya apa fungsi file msgstore?, jawabannya file msgstore atau msgstore.db.crypt12 berfungsi untuk mencadangkan atau melakukan backup semua chat kamu di aplikasi Whatsapp. Bukan hanya chat saja sih foto, video, dan dokumen yang ada di akun Whatsapp kamu juga dicadangkan secara otomatis, biar kalau aplikasi Whatsapp kamu hapus dan kamu instal kembali login ke akun Whatsapp nantinya riwayat chat kamu akan kembali atau muncul lagi.

Aman Atau Tidak Menghapus File Msgstore?

Banyak banget yang menanyakan pertanyaan ini yaitu bahaya tidak menghapus file Msgstore atau apakah databases Whatsapp boleh dihapus?.

Alasannya karena banyak pengguna aplikasi Whatsapp merasa ragu atau takut jika file itu dihapus akan berdampak pada akun Whatsapp miliknya, padahal sih aman aja sih kalau file tersebut dihapus chat, foto, video, file yang ada di aplikasi atau akun Whatsapp kamu masih ada kok gak akan ikut hilang, tetapi kamu harus memastikan dulu chat yang kamu rasa penting masih ada tidak terhapus. 

Keuntungan kalau kamu menghapus file msgstore di Whatsapp adalah mengatasi memori internal Android yang penuh, sehingga Smartphonemu kinerjanya lebih optimal lagi dan memori internal tidak penuh lagi. Soalnya satu filenya ada ratusan mb, kalau di HP ku ukuran file msgstore 100 sampai 200 mb an gak tau di HP lain ukuran file ini berapa. Bayangkan jika file Msgstore di Smartphone mu ada 5 dan satu filenya berukuran ratusan mb kan kalau dihitung jumlahnya banyak juga, daripada bikin memori internalmu penuh mending kamu hapus aja apalagi jika memori internal Smartphonemu gak terlalu besar.

Untuk cara menghapus file msgstore Whatsapp tinggal masuk ke memori internal Smartphone kamu terus cari folder Whatsapp. Kalau udah ketemu foldernya tinggal klik dan kemudian pilih folder database, nah file yang ada di folder database itu bisa kamu hapus semua.

Demikian artikel mengenai fungsi file msgstore Whatsapp dan aman tidak jika menghapus file msgstore?. Semoga artikel penjelasan tentang file msgstore yang berada di databases ini bermanfaat bagi kalian semua dan mampu menjawab pertanyaan kalian. 

Jadi dengan membaca artikel kalian tidak menjadi ragu lagi untuk menghapus file databases di aplikasi Whatsapp kalian. Jika file ini kamu hapus nanti akan sering muncul lagi kok soalnya kan pencadangan Whatsapp otomatis jadi kamu harus sering rajin membersihkan atau menghapus file msgstore.db.crypt12 ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel