Penyebab Dan Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Mudah

Bootloop merupakan kondisi Smartphone yang gagal masuk ke sistem sehingga hanya stuck atau mentok di logo saja. Nah buat kamu pengguna Smartphone Android merek Samsung, Oppo, Vivo, Realme, Xiaomi, Asus, Advan, dll saat mengalami masalah bootloop di HP kamu saranku jangan langsung bawa ke tempat servis HP untuk memperbaiki Smartphonemu.

Cara mengatasi hp bootloop

Alasannya karena menurut pengalaman banyak orang yang mengalami masalah HP bootloop ketika di bawa ke konter HP kebanyakan sih bilangnya harga untuk memperbaiki Android bootloop miliknya terbilang cukup mahal.

Padahal kamu bisa lho memperbaiki HP kalian sendiri di rumah dengan mudah. Untuk cara memperbaiki HP bootloop sendiri terbilang mudah banget dan cara mengatasi HP Bootloop tanpa PC yang aku bagikan ini sudah aku pratekan sendiri di rumah hasilnya berhasil. 

Penyebab HP Bootloop

Sebelum itu aku akan mencoba menjawab pertanyaan yang kalian tanyakan yaitu apa yang menyebabkan HP bootloop? atau penyebab HP mentok di logo saja? jawabannya penyebab HP bootloop adalah gagal memasang custom rom, gagal melakukan flashing, gagal melakukan root, memasang aplikasi berbahaya atau tidak langsung dari Google Play Store, menghapus atau mengotak-atik file penting sistem di Android, melakukan restore file, dll.

Cara Mengatasi HP Bootloop

Setelah kamu tau penyebab yang menyebabkan HP bootloop kali ini kamu juga harus tau cara memperbaiki HP bootloop atau mentok di logo saja. Tanpa lama-lama lagi langsung saja yuk simak caranya dibawah ini.

1. Cara Mengatasi Bootloop Ringan 

Jika HP Android kamu terkena bootloop ringan untuk cara memperbaikinya dengan cara mematikan HP kamu terus mencabut kartu sim dan kartu memori. Kalau baterai HP mu bisa dicabut sih cabut juga, tetapi kalau baterai tanam sebaiknya jangan ya. Tunggu jangan gunakan Android kamu selama 1 hari ya pastikan dalam kondisi dimatikan. Setelah 1 hari barulah pasang kembali kartu sim, memori, dan baterai (jika baterai dicabut) lalu hidupkan. Saat kamu hidupkan dan Smartphone masih mentok di logo saja berarti gunakan cara yang kedua.

2. Cara Mengatasi Bootloop Parah

Jika kamu udah menggunakan cara pertama dan masih gagal atau masih mentok di logo saja coba gunakan cara yang kedua ini karena bisa jadi HP kamu mengalami bootloop parah untuk cara mengatasinya gunakan cara ini ya.

  • Masuk ke Recovery Mode dulu kalau di HP aku sih dengan cara menekan tombol Home yang tengah itu + tombol Volume Bawah + Power yang buat mematikan dan menghidupkan HP tekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan atau tombol Home + tombol Volume Atas + Power (pastikan HP kamu udah dimatikan). Tetapi kalau tombol masuk ke Recovery Mode diatas gagal, kamu bisa mencari cara masuk ke Recovery Mode di Google dan pastikan saat mencari sesuaikan dengan merek HP kamu.
  • Terus kalau sudah masuk di Recovery Mode nantinya ada beberapa pilihan dan pilih wipe cache partition terus pilih reboot system now dan tunggu prosesnya sampai selesai.
  • Jika masih gagal kamu bisa menggunakan cara Factory Reset yaitu dengan cara masuk ke Recovery Mode terus pilih yang tulisan wipe data/factory reset jika ada tulisan kalau nggak salah apakah anda benar-benar ingin melakukan Factory Reset kamu pilih saja yang ya atau yes. Terus tunggu sebentar dan pilih reboot system now dan tunggu prosesnya sampai selesai (cara ini akan menghapus semua data Androidmu atau kembali ke awal)
  • Kalau tetap masih gagal kamu bisa mengatasi bootloop dengan cara melakukan flashing ROM untuk caranya udah aku tulis di artikel sebelumnya. Oh iya pastikan saat lakukan flashing ROM di Smartphonemu kamu menginstal ROM atau firmware yang benar atau sesuai dengan tipe atau merek Androidmu jangan salah instal ya karena bisa beresiko kerusakan lebih besar pada Android kesayangan kamu.

Demikian artikel mengenai cara mengatasi Android bootloop dan penjelasan tentang penyebab Android bootloop. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan kalian seperti bisakah HP bootloop diperbaiki sendiri jawabannya bisa dengan mengikuti cara diatas dan kenapa bisa terjadi bootloop? Udah kujelasin ya diatas. 

Oh iya saranku lakukan dengan teliti ya jangan terburu-buru biar masalah bootloop di HP mu bisa teratasi dan jangan panik tetap tenang kamu bisa kok mengatasi sendiri masalah di Android kesayangan kamu jadi santai saja. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di blog Septiyan Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel