12 Cara Membersihkan Memori Internal HP Android yang Penuh

Kalian pengguna Smartphone Android pasti sering banget mendapatkan notifikasi yang berisi tulisan memori internal HP penuh dan hal ini juga sering dikeluhkan bagi pengguna Android yang spesifikasi memori internalnya terbilang kecil. Seperti kita tau, walaupun kita merasa hanya memasang beberapa aplikasi saja tapi tetep saja memori internal Android penuh.

Memori internal android penuh

Bukan hanya mendapatkan notifikasi saja dan tidak bisa memasang aplikasi lain yang ukurannya lebih besar dari sisa memori internal yang ada, tetapi memori internal yang penuh juga berpengaruh dengan peforma Android menjadi sering lag atau macet. Nah untuk mengatasi permasalahan di Smartphonemu, kamu perlu mengosongkan ruang penyimpanan memori internal Android kamu. 

Jika kamu bertanya bagaimana cara mengatasi memori internal HP Android yang cepat penuh? pas banget kamu membaca artikel ini karena di artikel kali ini aku akan memberikan sebuah tips atau cara membersihkan memori internal HP Android dan kalau kamu praktekan cara atau tips yang kubagikan ini kamu sekaligus juga mengatasi Android yang lemot atau lag. 

Memang sih solusi terbaik itu membeli HP Android yang baru soalnya kan saat ini Android memori internalnya sudah besar ada yang 128 GB ada pula yang lebih besar lagi yaitu 256 GB, tetapi jika kamu tidak mempunyai banyak uang tetap gunakan saja HP Android yang kamu pakai karena biar hemat uang. Mending uang kamu dipakai buat kebutuhan lain saja ya atau ditabung saja.

Sebelum membagikan tips atau cara mengatasi memori internal HP Android yang penuh, aku akan menjelaskan terlebih dahulu penyebab memori internal HP Android cepat penuh biar kamu tau penyebabnya ya dan setelah itu baru cara mengatasi memori internal penuh atau hampir habis.

Penyebab Memori Internal HP Android Cepat Penuh

Ada beberapa hal yang menyebabkan ruang penyimpanan atau memori internal HP Android kamu menjadi cepat penuh sehingga sering muncul notifikasi memori internal akan penuh atau sudah penuh.

1. Banyaknya menyimpan file seperti foto atau gambar, lagu, video, dan dokumen.

2. Adanya cache dan data yang ada di aplikasi karena tidak pernah kamu bersihkan.

3. Terdapat File Sampah Tersembunyi di Android kamu.

4. Banyak menginstal aplikasi yang jarang terpakai.

Cara Membersihkan Memori Internal HP Android Yang Penuh

Setelah kamu mengetahui penyebabnya mengapa memori internal HP Android cepat habis. Dibawah ini aku akan memberikan solusi atau cara membersihkan ruang penyimpanan HP Android yang penuh berikut caranya ya.

1. Hapus File Yang Tidak Penting

Cara membersihkan memori internal Android dengan mudah yang pertama adalah dengan menghapus file-file yang kamu merasa file tersebut tidak penting. Mulai dari foto, video, dokumen yang tidak penting mending hapus saja biar memori kamu nggak penuh lagi. Saranku hanya simpan saja foto, video, dokumen yang benar-benar penting biar memori internal kamu tidak penuh.

2. Hapus Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Selain file, cara melegakan memori internal Android adalah dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan. Misalnya kalau kamu menginstal aplikasi game dan saat kamu udah bosen kan udah jarang mainin nah daripada menyebabkan memori internal HP kamu penuh mending kamu hapus aja ya. Ingat aplikasi yang jarang digunakan saja jangan aplikasi yang penting atau sering digunakan.

3. Hapus Cache Dan Data Aplikasi

Cache adalah file yang berfungsi untuk menyimpan sebuah data sementara aplikasi agar peforma dalam menggunakan aplikasi menjadi cepat dan lancar. Meski begitu cache dan data aplikasi merupakan salah satu penyebab memori internal HP Android menjadi cepat penuh dan cara mengatasinya adalah dengan rutin menghapusnya nah berikut caranya:

  • Pertama kamu buka menu pengaturan dahulu.
  • Terus kalau sudah buka manajemen aplikasi.
  • Setelah itu pilih aplikasi yang pengen dihapus cache atau data dan klik saja.
  • Nanti akan muncul penyimpanan yang digunakan aplikasi baru. Nah dibawahnya kamu tinggal pilih bersihkan data atau cache.

Sekedar informasi kalau kamu hapus data itu nantinya data aplikasi tersebut terhapus dan akan kembali seperti awal saat kamu download dan buka, kalau aku sih sering menghapus data di aplikasi Google Chrome dan aplikasi browser terbukti banget memori internal Androidku langsung lega.

4. Hapus File Di Folder Whatsapp

Kalau kamu mempunyai atau menginstal aplikasi Whatsapp dan jika memori internal Android kamu cepat penuh sebaiknya kamu hapus file di folder media Whatsapp, seperti folder gambar, stickers, pesan suara, video, animated Gifs, audio, dan dokumen.

Selain folder media Whatsapp, ada satu folder lagi yang menurutku bikin banget cepet penuh yaitu folder databases. Banyak banget sih yang mengeluh memori Android penuh dan aku menyarankan untuk hapus file di folder databases tersebut, tetapi tidak mau dengan alasan takut kalau data Whatsapp nya hilang. Padahal saat aku hapus sih aman-aman saja chat dll masih aman gak ada yang hilang atau kurang. 

Folder databases di Whatsapp tersebut berisi file Msgstore.db.cript12 dan fungsi file Msgstore di Whatsapp adalah untuk mencadangkan otomatis chat Whatsapp dengan tujuan kalau kamu menghapus aplikasi WhatsApp dan menginstal aplikasi tersebut lagi terus login ke akunmu, maka chat kamu akan muncul kembali karena kan sudah di back up atau dicadangkan.

Kalau dibuka foldernya sih ada beberapa file Msgstore dan ukurannya ratusan MB gak tau kalau di HP lain berapa ukurannya kalau di Android ku segitu. Tapi kalau dihitung-hitung lumayan kan kalau dihapus daripada disimpan malah bikin penuh memori internal kamu mending dihapus saja.

Untuk cara menghapus file Msgstore di folder databases Whatsapp sangat mudah berikut caranya.

  • Buka manajer file yang ada di Android.
  • Terus klik memori internal.
  • Cari folder Whatsapp dan kalau ketemu pilih atau buka.
  • Terus klik folder databases dan setelah itu hapus semua folder Msgstore yang ada.

5. Matikan Auto Download Media Di Whatsapp

Selanjutnya kamu bisa mematikan auto download media di Whatsapp dengan tujuan agar gambar, video, dan dokumen yang ada di Whatsapp tidak terunduh secara otomatis. Bukan hanya bikin memori internal cepat penuh, adanya download otomatis media di Whatsapp juga bikin kouta cepet habis. 

Kalau Whatsapp kamu hanya chat beberapa orang sih gapapa. Nah kalau banyak yang chat kamu dan grup yang kamu masuki di akun Whatsapp kamu banyak kan otomatis banyak banget mengirim gambar, video, dan dokumen. Nah jika kamu atur auto download ntar semua file tersebut terunduh secara otomatis. 

Saranku mending matikan fitur auto download media di Whatsapp ya biar kamu bisa melakukan unduhan file secara manual jadi biar kalau kamu merasa file tersebut yang dikirim penting baru unduh kalau tidak ya jangan unduh. Untuk cara menonaktifkan auto download media di Whatsapp cukup mudah.

  • Pertama kamu buka aplikasi Whatsapp yang ada di HP Android kamu.
  • Terus klik titik 3 pojok kanan atas dan pilih setelan atau pengaturan.
  • Setelah itu klik penyimpanan dan data dan kalau sudah tinggal atur saja pilihan unduhan otomatis yang ada seperti saat menggunakan data seluler, saat terhubung Wifi, dan saat roaming.
  • Madsutku disini biar lebih jelas ialah kamu bisa centang semua pilihan seperti foto, audio, video, dan dokumen atau tidak centang semua sama sekali.

6. Hapus Pesan Atau Chat Yang Ada

Cara membersihkan memori internal HP walaupun gak terbilang begitu berpengaruh besar, tetapi juga sedikit membantu melegakan memori internal Android kamu yaitu menghapus pesan atau chat yang ada di Smartphone Android kamu. Berikut cara melegakan memori internal Android dengan menghapus pesan yang ada.

  • Cara pertama buka sms atau pesan dan langsung hapus semua pesan yang masuk.
  • Cara kedua buka aplikasi sosial media dan langsung hapus chat atau inbox yang ada.

Oh iya kedua cara menghapus pesan di HP Android tersebut bisa kamu praktekan, tetapi pastikan dulu ya pesan yang penting disimpan dan jangan sampai ikut terhapus juga.

7. Mengatur Penyimpanan Dari Memori Internal Ke Memori Eksternal

Cara mengatasi penyimpanan penuh HP Android selanjutnya ialah dengan mengatur penyimpanan ke memori eksternal. Madsutku disini kamu bisa atur penyimpanan otomatis hasil dari kamera dan juga seperti aplikasi edit foto, aplikasi editor foto. dan aplikasi edit video kan ada hasilnya nah atur saja lokasi penyimpanan dari memori internal ke memori eksternal biar hasilnya langsung tersimpan otomatis ke SD card

8. Memindahkan Semua File Penting Ke SD Card

Cara mengatasi ruang penyimpanan penuh adalah dengan memindahkan semua file penting yang ada atau tersimpan di Android kamu ke SD card. Caranya bisa dilakukan dengan mudah banget.

  • Pertama buka manajer file
  • Pilih memori internal dan buka folder atau cari file yang penting
  • Kalau sudah ketemu pilih folder atau file tersebut dan tahan terus klik potong.
  • Lalu taruh atau tempel folder tadi ke SD Card. 

Mudah kan? Oh iya lakukan cara ini terus ya untuk memindahkan semua file penting yang tersimpan di memori internal ke SD Card. Jangan lupa hapus semua file sisa atau yang kamu rasa tidak penting di memori internal Android kamu. Selain di SD card, kalau kamu punya komputer atau laptop bisa kok pindahkan semua file yang ada di Android kamu ke komputer atau laptop milikmu.

9. Memindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal

Cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi adalah dengan cara memindahkan aplikasi yang terinstal di Android ke memori eksternal atau SD card. Oh iya ini merupakan salah satu cara buat kamu yang gak pengen menghapus aplikasi seperti game misalnya, padahal memori internal HP kamu sedang penuh.

Banyak sih cara memindahkan aplikasi ke SD Card mulai dari harus melakukan root dulu dan tidak harus melakukan root, tetapi di cara ini aku akan membagikan cara memindahkan aplikasi ke kartu SD tanpa root. Berikut caranya dibawah ini.

  • Pertama buka menu pengaturan yang ada di Smartphone kamu.
  • Kemudian pilih manajemen aplikasi.
  • Terus cari dan pilih aplikasi yang pengen dipindahkan ke kartu SD.
  • Setelah itu klik aplikasi tersebut dan pilih tulisan ganti penyimpanan.
  • Langsung saja ubah atau atur penyimpanan aplikasi tersebut ke kartu SD dan kalau ada tulisan pindahkan kamu bisa klik atau pilih pindahkan ya.
  • Terakhir tinggal tunggu deh prosesnya pemindahan aplikasi ke kartu SD sampai selesai dan pastinya gak lama kok.

10. Menggunakan Aplikasi Mengoptimalkan Android Bawaan

Biasanya di Smartphone telah disediakan aplikasi bawaan untuk mengoptimalkan Android. Fitur yang ada di aplikasi tersebut pun menurutku terbilang lengkap mulai dari perlindungan pembayaran, izin privasi, pemindaian virus, dan bersihkan memori. 

Nah kamu bisa membersihkan cache memori kamu secara otomatis lewat aplikasi tersebut biar gak capek satu persatu. Soalnya kan pembersihan memori menggunakan aplikasi tersebut cukup mudah tinggal klik bersihkan semua cache atau klik bersihkan semua pembersihan dianjurkan, otomatis Android kamu akan langsung bersih dengan hanya satu kali klik. Lebih efektifnya sih gunakan aplikasi tersebut setiap hari dan jangan lupa setelah itu klik optimalkan perangkat.

11. Menghapus File Sampah Tersembunyi

Jika kamu sudah lakukan cara diatas, tetapi memori internal Android penuh padahal tidak ada file dan aplikasi bisa jadi terdapat file sampah tersembunyi di Android kamu. Nah kalau tersembunyi kan jadinya susah dibersihkan. Untuk cara menghapus file sampah tersembunyi di Android atau cara melihat file tersembunyi di Android bisa menggunakan cara berikut ini.

  • Pertama kamu harus unduh terlebih dahulu aplikasi Es File Manager.
  • Kalau sudah buka aplikasinya dan tekan titik tiga yang berada di pojok kanan. 
  • Kemudian pilih pengaturan nah kan dibawah tulisan file setting ada tulisan display setting langsung saja pilih yang itu ya.
  • Lalu aktifkan yang pilihan show hidden files atau melihat file tersembunyi dengan cara mencentangnya.
  • Langsung saja kamu bisa melihat file yang tersembunyi di Android kamu ya dan bisa langsung menghapus file sampah tersembunyi langsung tersebut seperti menghapus file di folder .thumbnails dan jika kalau kamu faham file sampah lainnya kamu bisa menghapus file sampah yang ada di Androidmu lainnya.

12. Melakukan Factory Reset

Tips mengatasi memori internal Android penuh yang terakhir adalah dengan cara melakukan Factory Reset. Seperti yang diketahui pengertian Factory Reset adalah mengembalikan Smartphone kembali ke awal atau seperti saat membeli HP baru jadi pas dibuka kosong gak ada file dan aplikasi adanya cuma aplikasi bawaan.

Cara ini menurutku sangat terbukti banget untuk mengosongkan memori internal HP Android dan kalau mengikuti cara yang satu ini kamu harus melakukan back up membuat cadangan atau memindahkan data penting kamu terlebih dahulu ya dari memori internal ke memori eksternal bisa juga ke komputer atau laptop kalau punya. Untuk cara melakukan factory reset bisa kamu lakukan dengan gampang.

  • Pertama buka menu pengaturan di Android kamu.
  • Lalu pilih buat cadangan dan reset. Nanti kalau mau back up data bisa pilih cadangan dan kalau mau Factory Reset kamu bila pilih yang reset.
  • Setelah itu pilih yang Factory Data Reset dan tunggu saja hingga prosesnya selesai.

Demikian tips atau cara yang bisa aku bagikan di artikel ini mengenai cara membersihkan memori internal Android yang penuh. Semoga artikel yang aku ketik ini bermanfaat bagi kalian semua khususnya bagi kalian pengguna Android yang sering mengeluh karena memori internal Android cepat penuh.

Selain itu, cara yang ada di artikel ini juga termasuk cara mengatasi Android yang lemot atau lag jadi kalian bisa langsung mengatasinya saat ada masalah ini di Android kamu. Oh iya jangan lupa baca artikel menarik lainnya di blog Septiyan Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel