Cara Menampilkan File Tersembunyi di Android

Bagi kalian pengguna HP Android pasti pernah kan mendapatkan pemberitahuan memori internal Android penuh padahal tidak ada aplikasi atau file seperti gambar, video, dokumen yang disimpan banyak. Bisa jadi itu bukan karena aplikasi atau file gambar, video, dan dokumen, tetapi disebabkan oleh file tersembunyi atau biasa disebut hidden file.

Cara menampilkan file tersembunyi

Seperti diketahui, pengertian file tersembunyi adalah file yang ada di memori internal atau bisa juga di memori eksternal SD Card Smartphone Android, tetapi letaknya tersembunyi gak seperti file biasa yang bisa kamu lihat langsung. Biasanya sih banyak isinya file sampah dan ada juga file berbahaya yang tersembunyi di Androidmu.

Nah kalau kamu mau atau pengen menampilkan file tersembunyi yang ada di Smartphone Androidmu juga ada caranya lho dan di artikel kali ini aku akan memberikan tips tentang cara menampilkan file tersembunyi di Android. Sebelum itu aku akan menjawab dua pertanyaan yang sering ditanyakan beberapa orang pengguna Android.

Mengapa Banyak File Tersembunyi Tersimpan Di Android?

Banyak sekali menanyakan pertanyaan ini mengapa sih kok Android ku banyak sekali file tersembunyi atau hidden file yang tersimpan?. Jawabannya hidden file atau  file tersembunyi ada di Android kamu karena kamu mengunduh dan menginstal aplikasi. 

Selain itu file tersembunyi bisa tersimpan otomatis di Androidmu karena kamu sering mengunduh aplikasi dari situs yang kurang terpercaya tidak dari resmi atau Google Play Store. Tapi bahaya juga lho unduh aplikasi dari situs yang kurang terpercaya karena bisa jadi didalam aplikasi yang kamu unduh tersebut terdapat sebuah virus. Untuk cara menghapus virus di Android sudah kutulis di artikel sebelumnya tinggal baca aja.

Manfaat Menampilkan File Tersembunyi

Beberapa manfaat atau keuntungan jika kamu menampilkan atau mengetahui file tersembunyi di HP Androidmu. Berikut keuntungan menampilkan file tersembunyi atau hidden file.

  • Kamu bisa melihat dan mengetahui sejumlah file tersembunyi di Android. 
  • Lebih mudah dalam mengelola folder atau file yang ada di memori internal Android kamu.
  • Kamu dapat menghapus file tersembunyi yang tidak dikenal atau berbahaya yang ada di HP Android, sehingga mencegah Smartphone Androidmu dari kerusakan.
  • Mengoptimalkan kinerja Android menjadi lebih ringan karena berhasil menghapus file tersembunyi yang terbilang hidden file tersebut adalah file sampah dan berbahaya.
  • Membersihkan memori internal yang penuh soalnya beberapa file sampah di Android juga ada yang tersembunyi jadinya memori kamu cepat penuh. Makanya kalau kamu berhasil mengetahui hidden file yang ada kan bisa kamu hapus dan memori internal kamu jadi nggak penuh lagi.

Cara Menampilkan File Tersembunyi Di Android

Seperti kita tau, tanpa melakukan pengaturan atau cara tertentu kamu tidak akan melihat file tersembunyi di Android kamu, sehingga kamu kesulitan dalam membersihkan atau menghapus file sampah tersembunyi di Android. Di bawah ini aku akan memberikan cara melihat file tersembunyi di Android, ada dua cara yang kubagikan yaitu cara menampilkan file tersembunyi tanpa aplikasi tambahan dan menggunakan aplikasi tambahan.

1. Cara Menampilkan File Tersembunyi Tanpa Aplikasi Tambahan

  • Pertama membuka aplikasi manajer file yang ada di Smartphone Androidmu 
  • Lalu klik titik tiga yang berada di pojok kanan atas atau pengaturan.
  • Nantinya kan terdapat banyak pilihan dan pilih saja yang bertuliskan tampilkan file tersembunyi dan langsung saja klik atau aktifkan. Nah nantinya akan langsung muncul file atau folder tersembunyi yang tersimpan di HP Android. 

2. Cara Menampilkan File Tersembunyi Menggunakan Aplikasi Tambahan

Jika manajer file yang terinstal Androidmu tidak ada pengaturan seperti cara diatas kamu bisa menggunakan cara yang ada dibawah ini dan ini merupakan cara menampilkan file tersembunyi di Android tanpa root jadi kamu gak perlu melakukan root ya di HP Androidmu. Soalnya udah kupraktekan di Smartphone Android aku yang belum di root dan hasilnya sih berhasil menampilkan hidden file. 

Cara Menampilkan File Tersembunyi Android Menggunakan Mi File Manager

  • Unduh atau instal terlebih dahulu aplikasi Xiaomi atau Mi File Manager.
  • Lalu buka aplikasi Mi File Manager dan klik garis 3 pojok kiri atas.
  • Ada beberapa pilihan kemudian klik setelan atau pengaturan dan aktifkan tampil berkas tersembunyi. Sudah selesai semua file tersembunyi akan tampil di aplikasi tersebut.

Cara Menampilkan File Tersembunyi Android Menggunakan X-Plore

Aplikasi lainnya yaitu aplikasi X-Plore juga bisa untuk menampilkan file tersembunyi di Androidmu berikut cara menggunakannya.

  • Pertama unduh dan instal terlebih dahulu aplikasi X-Plore
  • Kemudian buka aplikasi tersebut dan klik titik tiga yang berada di pojok kanan sebelah atas
  • Nantinya kan ada beberapa pilihan, nah kamu klik yang tulisan konfigurasi
  • Lalu langkah terakhir tinggal aktifkan tampilkan file tersembunyi dengan cara mencentangnya.
Kedua cara tersebut bisa kamu gunakan ya untuk menampilkan hidden file di Android kamu. Selain dua aplikasi diatas, kamu bisa kok menggunakan aplikasi file manager atau pengelola file lainnya yang ada di Play Store dan untuk cara mengaktifkan melihat file tersembunyi atau hidden file sih hampir sama seperti kedua aplikasi diatas.

Cara Membersihkan File Tersembunyi Di Android

Kalau sudah mengetahui dan kamu berhasil menampilkan file tersembunyi di Smartphone kamu langsung saja file atau folder sampah atau berbahaya yang ada kamu segera hapus. Untuk cara menghapus file tersembunyi  di Android bisa kamu lakukan manual seperti menghapus file biasa, tetapi kalau mau lebih praktis atau mudahnya sih menurutku menggunakan aplikasi pembersih sampah. 

Kenapa aku katakan lebih praktis?, karena dengan menggunakan aplikasi pembersih sampah kamu bisa membersihkan file sampah tersembunyi yang ada di Android kamu dan mengoptimalkan kinerja Androidmu, sehingga lebih ringan saat digunakan. Oh iya saranku kamu harus menginstal aplikasi pembersih sampah Android terbaik ya seperti Clean Master, CCleaner, Nox Cleaner, Phone Master. Oh iya, jangan lupa mengunduh aplikasi tersebut dari Google Play Store ya biar lebih aman.

Demikian artikel mengenai cara menampilkan file tersembunyi tanpa menggunakan file aplikasi tambahan dan menggunakan aplikasi tambahan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua dan tips menampilkan file tersembunyi ini merupakan cara menampikan file tersembunyi di Oppo, Samsung, Vivo, Asus, Xiaomi, Realme dan semua merek HP Android lainnya pokoknya bisa berhasil dipraktekan.

Mudah-mudahan artikel ini bisa menjawab pertanyaan kalian selama ini seperti apa manfaat menampilkan file tersembunyi bagaimana cara mengetahui file tersembunyi, cara menampilkan file tersembunyi atau hidden file, dan cara melihat file tersembunyi, cara membersihkan file sampah tersembunyi di Android, cara menghapus file sampah tersembunyi di Android. 

Sehingga kalau kamu dapat mengetahui hidden file yang ada di Smartphone Androidmu kan kalau kamu merasa file tersebut sampah atau sebuah file berbahaya kamu bisa menghapusnya segera. Oh iya, jangan lupa membaca artikel menarik lainnya yang ada di blog Septiyan Media ya siapa tau salah satu artikel yang ada di blog ini bermanfaat buat kamu atau menjawab pertanyaanmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel