Cara Menghapus Virus Android Dengan Mudah

Virus atau malware saat ini bukan hanya terdapat di Laptop atau Komputer saja dan saat ini virus udah ada di Smartphone Android. Tentu saja hal ini membuat kita menjadi lebih waspada oleh virus Android karena banyak dampak kerugian yang akan terjadi diakibatkan oleh virus atau malware. Nah, di artikel kali ini aku akan menulis tentang pengertian virus cocok banget buat kamu yang lagi bertanya-tanya apa itu virus atau malware di Android?.

cara menghapus virus android

Selain itu ada ciri-ciri Android terkena virus atau malware, jenis nama virus Android yang berbahaya, pengertian antivirus, cara mencegah Android agar tidak terkena virus atau malware, cara mengatasi HP Android yang terkena virus atau malware atau cara membersihkan virus Androd dengan mudah. Pokoknya aku akan bahas semuanya tentang virus atau Malware Android dengan lengkap di artikel kali ini jika pun menurut kamu gak lengkap kamu bisa cari informasi tambahannya di internet atau situs lain kok hehehe. Langsung saja yuk simak pembahasannya.

Pengertian Virus Android

Virus Android merupakan sebuah program jahat yang dibuat oleh seseorang yang dimasukan di aplikasi, file, dll dengan bertujuan masuk ke celah keamanan sebuah operasi sistem agar mendapatkan akses informasi-informasi-informasi rahasia atau pribadi pada perangkat Android tersebut dan bersifat merusak.

Ciri-ciri Android Terkena Virus atau Malware

  • Kouta atau pulsa tiba-tiba cepat habis secara tidak wajar.
  • Smartphone Android cepat sekali panas.
  • Baterai boros atau cepat habis padahal tidak digunakan untuk apa-apa atau hanya buka aplikasi ringan.
  • Android sering kali hang, macet atau lag padahal sih hanya untuk membuka aplikasi ringan.
  • Sering muncul iklan pop-up di layar Android.
  • Muncul atau terpasang secara tiba-tiba aplikasi di Smartphone kamu padahal kamu sendiri gak merasa menginstal aplikasi tersebut dan anehnya sih kadang aplikasi tersebut tidak bisa dihapus atau saat dihapus hilang terus muncul lagi dan lagi.
  • Saat menelpon seseorang tiba-tiba terputus sendiri padahal pas di cek sinyal masih bagus.
  • Memory internal cepet banget penuh padahal Smartphone Android kamu gak instal banyak aplikasi atau instal aplikasi yang berat.
  • Data seperti foto, video, file atau dokumen tiba-tiba terhapus atau hilang sendiri, bahkan sih kadang data kamu tiba-tiba rusak.
  • Saat membuka aplikasi sering banget force close atau tiba-tiba muncul tulisan aplikasi telah berhenti.
  • Android tiba-tiba sering restart dengan sendiri.
  • Sering mengirim dan menerima pesan yang terbilang aneh dari biasanya yaitu mengirimkan pesan ke semua kontak yang isinya berupa sebuah link atau bisa juga kamu tiba-tiba menerima pesan dari seseorang yang isinya sebuah link dan kalau dibuka link tersebut akan mengambil data pribadi di perangkat Androidmu.
  • Smartphone tiba-tiba Bootloop sebutannya sih gitu dan lebih jelasnya Androidmu hanya muter-muter di logo saja pas dihidupkan. Kalau yang ini sih menurutku ciri-ciri paling parah penyebab virus atau malware Android.

Nama Jenis Virus Android Yang Berbahaya

1. Virus Joker

Virus Joker merupakan virus Android baru yang ada didalam beberapa aplikasi Google Play Store. Virus Android jenis ini sih merupakan virus yang dapat mencuri uangmu dengan cara tiba-tiba berlangganan aplikasi premium yang tidak diketahui oleh pengguna Android dan virus Android ini juga dapat mencuri data-data di Androidmu.

2. Hummingbad

Hummingbad merupakan sebuah nama atau jenis virus Android yang mampu mencuri informasi-informasi penting atau pribadi yang ada di Android. Virus ini sih bisa masuk di Androidmu jika kamu mengunduh sesuatu ntah file atau aplikasi dari situs web yang kurang terpercaya.

3. Filecoder

Filecoder ini sebuah jenis virus Android yang menyerang dengan cara melalui sebuah pesan singkat berupa link. Jika kamu klik maka Androidmu tiba-tiba saja terkunci dan bisa terbuka jika kamu membayar sejumlah uang.

4. Gooligan

Gooligan merupakan sebuah virus Android yang mengakses aplikasi Google kamu dan akan mendapatkan informasi-informasi pribadi di akun Google kamu. Virus Android jenis ini akan ada di Android kamu jika kamu mengunduh sebuah aplikasi dari sebuah situs kurang terpercaya.

5. Shedun

Shedun ialah nama atau jenis virus Android yang dikemas dalan bentuk berupa sebuah aplikasi Android asli atau aplikasi sudah sering digunakan orang nah didalamnya ditambahkan adware atau program tertentu. Kalau dibuka sih aplikasi tersebut akan terbuka seperti biasanya, tetapi nantinya saat menggunakan aplikasi tersebut akan muncul terus iklan yang dapat mengganggumu.

6. Finspy

Finspy adalah sebuah nama atau jenis virus atau malware yang ada di iOS dan Android. Cara kerjanya virus ini yaitu mengawasi aktivitas dan mengakses semua informasi terinci yang ada di Smartphone kamu atau lebih jelasnya dapat juga disebut virus mata-mata.

7. DroidDream

DroidDream ialah nama atau jenis virus Android yang terdapat di aplikasi yang bukan diunduh dari Google Play Store. Jika Androidmu terkena virus ini siap-siap Android milikmu akan dikendalikan jarak jauh dan data-data di Androidmu akan tiba-tiba hilang atau bisa juga dicuri.

8. Poweroff Hijack

Sesuai dengan namanya PowerOff Hijack merupakan virus yang akan membuat Smartphone Android secara tiba-tiba mati padahal baterai masih penuh. Virus Android jenis ini biasanya akan memanfaatkan perangkatmu dengan mendaftarkan nomor telepon yang terpasang di Androidmu ke layanan berbayar yang menyedot pulsa.

9. Plankton

Plankton yang kumadsud ini bukan yang ada di Spongebob ya. Jadi Plankton yang ini merupakan jenis virus yang cara kerjanya masuk ke dalam sistem dan kalau sudah masuk langsung dikuasai Android kamu. Ciri mudahnya mengetahui Android kamu terkena virus ini ialah dengan tiba-tiba muncul aplikasi lain yang sama dengan aplikasi asli padahal kamu gak merasa menginstal aplikasi tersebut.

10. Drsheep

Drsheep adalah sebuah nama atau jenis virus Android yang akan menyerang sebuah sistem perangkat dan kalau udah berhasil masuk atau dikuasai virus ini akan mengambil atau mencuri informasi data penting media sosial kamu seperti email dan kata sandi.

Pengertian Antivirus 

Antivirus merupakan sebuah program yang dibuat untuk mendeteksi dan menghapus virus yang ada di sebuah perangkat ya lebih jelasnya antivirus digunakan untuk mengamankan atau mengatasi sebuah perangkat atau operasi sistem dari virus yang ada.

Cara Mencegah Virus di Android

1. Instal Antivirus

Setelah kalian tau pengertian Antivirus yang aku jelasakan diatas, kalian dapat mengetahui pentingnya atau manfaat Antivirus. Makanya mending kamu instal aplikai Antivirus di Android biar mencegah virus pada Android. Cara gunakan aplikasi Antivirus yaitu kamu tinggal buka aplikasinya terus scan dan kalau ada virus ada di Android akan terdeteksi.

2. Jangan Instal Aplikasi Dari Situs Tidak Terpercaya

Kalau mau instal aplikasi buat Android saranku kamu instal aplikasi Android dari Google Play Store atau situs resmi. Jangan instal aplikasi di sembarang situs apalagi situs tersebut kurang terpercaya. Biasanya sih di aplikasi yang kamu unduh dan instal tersebut didalamnya ada virus atau malware jadi lebih berhati-hati ya.

3. Selalu Melakukan Pembaruan Perangkat Lunak

Kamu wajib sekali untuk melakukan pembaruan perangkat lunak di Android kamu soalnya setiap versi terbaru itu menyempurnakan keamanan dan stabilitas sistem Android kamu jadinya ya lebih aman dan baik dari versi sebelumnya.

4. Jangan Pernah Klik Tautan

Klik tautan yang kumadsud disini ialah kalau kamu menerima sebuah pesan atau chat dari seseorang nah pesan atau chat tersebut terdapat tautan yang kalau kamu klik akan mengarahkan ke sebuah situs kurang terpercaya. Saranku sih jangan asal klik tautan yang dikirim seseorang lewat pesan atau chat, apalagi kamu belum tau tautan tersebut aman atau tidak.

5. Jangan Asal memberikan Izin Atau Permission Aplikasi

Biasanya kalau kamu instal aplikasi dan membuka aplikasi tersebut pastinya kan ada tulisan aplikasi ini meminta izin untuk mengakses apa gitu agar dapat menggunakan aplikasi ini atau fitur di aplikasi ini. Saranku kalau aplikasi tersebut sudah terpercaya kamu bisa memberikan izin, tetapi jika aplikasi tersebut kurang terpercaya kamu mending jangan berikan izin untuk mengakses seperti pengelola file, kamera, dll yang ada di perangkatmu.

6. Jangan Pernah Root Android Kamu

HP Android yang di root akan rentan atau mudah terkena virus karena melakukan root Android kamu dapat diartikan kamu sudah membuka akses yang terbilang lebih dari yang telah dibatasi oleh pembuat Smartphone. Saranku kamu jangan pernah root Android kamu, kalau udah terlanjur kamu bisa melakukan cara unroot Android kamu biar aman kembali.

Cara Membersihkan Virus Android Dengan Mudah

1. Hapus Menggunakan Aplikasi Antivirus

Kamu bisa membersihkan virus di Android kamu menggunakan aplikasi Antivirus. Caranya cukup mudah kamu tinggal scan atau pindai dulu terus nanti kalau ada virus di Smartphone akan terdeteksi dan langsung klik saja bersihkan atau hapus virus.

2. Hapus Lewat Safe Mode

Bila di Android kamu terdapat aplikasi yang menurutmu mencurigakan atau tidak kamu merasa kamu instal, kamu bisa kok menghapusnya dengan cara masuk ke safe mode. Oh iya, setiap Smartphone Android mempunyai cara yang berbeda-beda kamu bisa kok mencari cara masuk safe mode samakan merek dan type Androidmu di internet. Kalau udah masuk ke safe mode langsung saja ke pengaturan terus manajemen aplikasi dan cari aplikasi mencurigakan tersebut lalu uninstall. Kalau sudah melakukannya jangan lupa kamu keluar dari safe mode ya dengan cara restart Smartphonemu.

3. Cabut Izin Aplikasi

Seperti yang kubilang jangan memberikan izin atau permission mengakses Androidmu mulai dari kamera, file, dll ke sembarangan aplikasi, apalagi aplikasi tersebut kurang terpercaya. Kalau kamu udah terlanjur memberikan permission atau izin ke salah satu aplikasi kurang terpercaya tersebut, kamu masih bisa kok menghapus atau mencabut izin aplikasi tersebut caranya ialah masuk ke pengaturan lalu geser kebawah cari dan pencet keamanan kemudian klik izin aplikasi lalu aturlah aplikasi yang kamu berikan izin ataupun tidak kamu berikan izin (hapus izin atau permission).

4. Melakukan Factory Reset

Kamu bisa menghapus virus pada Android kamu dengan cara melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan pabrik. Jadinya sih Android kamu kalau udah di factory reset akan kembali seperti awal lagi pas beli jadi data-data kosong dan aplikasi yang terpasang adalah aplikasi bawaan. Makanya saranku kalau banyak sekali data penting yang tersimpan mending di cadangkan aja atau backup terlebih dahulu biar aman dan bisa juga kamu pindahkan semua data kamu ke kartu memori terus cabut deh kartu memori kamu sebelum factory reset Androidmu.

5. Melakukan Flash Firmware

Cara menghapus virus Android dengan ampuh adalah dengan cara melaukan flash firmware atau instal ulang ROM Android kamu dengan begitu Androidmu akan kembali ke semula dan memperbaiki atau menghilangkan masalah yang ada di Smartphone kamu. Cara ini merupakan cara ampuh membersihkan virus Android, jadi semua virus Android akan hilang dengan mudah dan cepat.

Demikian artikel yang aku tulis mengenai pengertian virus atau malware Android dan cara menghilangkan virus Android dengan mudah. Dengan membaca artikel ini kamu dapat mengetahui tanda-tanda Android yang terkena virus atau malware dan penyebab virus pada HP Android, sehingga kamu dapat mencegah virus di Android dan kalau udah terdeteksi di Android kamu terdapat virus kamu dapat segera mengatasi virus di Android kamu dengan cara menghapus virus Android tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua dan jangan lupa baca-baca artikel menarik lainnya di blog Septiyan Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel