Cara Mudah Melakukan Flashing Dan Root pada Android Tanpa PC

Jika di artikel sebelumnya aku membahas mengenai pengertian atau perbedaan flashing dan root Android beserta kelebihan dan kekurangan, nah di artikel kali ini aku akan menulis mengenai cara melakukan flashing dan juga cara melakukan root di Android dengan mudah. Seperti kita tau, flashing dan root melakukan suatu hal yang penting dan sering kali dilakukan oleh para pengguna Android yang hobi sekali mengatur, mengubah, dan memodifikasi HP Android miliknya.

cara mudah melakukan flashing dan root android
Gambar dari Techgenyz.com
Meski begitu, kalian pengguna Smartphone wajib mengetahui atau memahami cara mudah melakukan flashing fan root pada HP Android. Soalnya, saat melakukan flashing dan root walaupun terlihat mudah, namun jika kamu salah langkah sedikit aja maka akan menjadi beresiko pada HP Android kamu. Selain beresiko Bootloop atau keluar logo saja pada HP Android, kesalahan dalam melakukan flashing ataupun root juga bisa mengakibatkan HP Android kesayanganmu menjadi mati total.

Maka dari itu, di artikel kali ini aku membahas atau memberikan cara mudah melakukan flash atau flashing dan cara melakukan root tanpa menggunakan PC untuk semua tipe atau merek HP Android. Mau tau caranya? langsung saja simak di bawah ini.

Cara Melakukan Flash atau Flashing di Android


1. Unduh terlebih dahulu ROM atau Costum ROM yang akan kamu install untuk Androidmu dan pastikan ROM tersebut cocok atau bisa digunakan untuk Androidmu.
2. Kalau sudah Simpan file ROM atau Custom ROM yang kamu unduh tadi di kartu memori dan taruh di sebuah folder dan pastikan kamu telah back up seluruh data yang kamu anggap penting ke kartu memori
3. Setelah itu, matikan Androidmu dan masuklah ke Mode Recovery (kalau tidak tau cara masuk Mode Recovery untuk tipe Androidmu, kamu bisa mencarinya di internet).
4. Sudah masuk Mode Recovery pada Android langsung saja wipe cache, wipe dalvik, dan jangan lupa wipe data atau reset. Untuk menggunakan layar atau menekan sesuatu, kamu bisa langsung sentuh pada layar dan kalau tidak fungsi layar sentuhnya kamu dapat gunakan tombol volume atas untuk geser ke atas, volume bawah untuk geser ke bawah, tombol home untuk ya.
5. Kalau sudah melakukan semua langkah diatas, lanjut ke install ROM. Caranya, kamu tinggal klik Apply Update From SDcard lalu cari ROM dan pilih terus tinggal tunggu hingga selesai prosesnya.
6. Setelah install ROM nya, kamu lakukan restart atau pilih reboot system now dan selesai.

Cara Mudah Melakukan Root Android Tanpa PC


1. Menggunakan Aplikasi Framaroot

  • Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi Framaroot terus buka aplikasinya.
  • Pas dibuka aplikasinya langsung pilih Install SuperSU atau Superuser.
  • Nanti akan mucul dua pilihan yaitu Aragorn dan Gandalf. Kamu pilih salah satunya 
  • Tunggu hingga proses root selesai dan restart.
  • Untuk memastikan Androidmu udah di root atau proses root berhasil, kamu tinggal liat saja ada aplikasi SuperSU yang terpasang di Androidmu atau tidak. Nah, kalau pas kamu cek ternyata ada aplikasi tersebut berarti Androidmu udah berhasil di root.

2. Menggunakan Aplikasi Kingroot

  • Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi KingRoot (jika ada tulisan aplikasi tidak aman atau semacamnya pilih aja tetap install).
  • Kalau sudah install terus buka aplikasinya dan pilih tulisan coba ini dan nantinya aplikasi KingRoot akan memeriksa terlebih dahulu Smartphonemu dalam keadaan sudah root atau belum.
  • Setelah itu klik tulisan coba dan tunggu proses root sampai selesai (cepat dan lambatnya proses tergantung jaringan internetmu).
  • Kalau sudah selesai prosesnya, nanti akan muncul centang gitu di aplikasi dan dibawahnya ada tulisan root berhasil.

3. Menggunakan Aplikasi Towelroot

  • Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi Towelroot.
  • Buka aplikasinya dan nantinya akan ada tulisan make it rain langsung pilih aja tulisan tersebut.
  • Lalu tunggulah sampai proses root selesai.
Demikian artikel yang bisa aku tulis mengenai cara mudah melakukan flash atau flashing tanpa PC dan cara melakukan root pada Android tanpa PC. Semoga artikel ini dapat membantu kalian terutama kalian yang lagi bertanya-tanya atau lagi mencari-cari bagaimana cara melakukan flashing pada Android? dan bagaimana cara melakukan root dengan mudah di Android? nah, pertanyaan kalian telah terjawab di artikel ini dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel