Penyebab Dan 10 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Android yang Lag Atau Lemot

Saat menggunakan Smartphone pasti kamu pernah merasakan Androidmu macet atau bisa disebut juga dengan lag. Macet atau lag pada Smartphone berulang kali terjadi ketika kamu memainkan game atau membuka aplikasi secara bersamaan. Tentu saja, hal ini dapat membuat kalian menjadi merasa terganggu atau tidak nyaman karena Smartphonemu tidak lancar saat kamu gunakan untuk melakukan berbagai aktifitas penting.
penyebab dan cara mudah mengatasi android lemot lag
Tapi kalian santai aja dan tetap tenang, karena di artikel kali ini aku membahas penyebab Smartphone Android lemot atau lag dan sekaligus aku akan memberikan tips atau cara mudah dan ampuh mengatasi Android lag atau lemot dan macet secara tiba-tiba. Tanpa basa-basi atau lama-lama lagi langsung saja simak yang dibawah ini. Sebentar dulu, sebelum kamu menyimak alangkah baiknya untuk menyiapkan secangkir kopi atau teh dan juga cemilan agar kamu menjadi santai dalam menyimak tulisan di bawah ini hehehe.

Penyebab Smartphone Android Menjadi Lemot Atau Lag


Pertama, karena RAM Androidmu kecil dan kamu menjalankan aplikasi banyak dalam waktu bersamaan, sehingga menyebabkan RAM menjadi penuh dan akhirnya membuat Smartphonemu menjadi lag atau lemot.

Kedua, karena spesifikasi pada Smartphonemu terbilang rendah, namun kamu tetap memaksa menginstal banyak aplikasi dan game berat. Pada akhirnya membuat Androidmu menjadi lag atau lemot dan juga kehabisan memori internal.

Ketiga, karena ada virus di Androidmu. Virus yang berada di Smartphone itu diakibatkan karena kamu terlalu sering mengunduh file atau aplikasi bukan dari situs terpercaya dan bisa juga karena kamu mengunjungi sebuah situs-situs yang tanpa kamu sadari terdapat sebuah virus didalamnya. Efek dari virus di Android ini yang paling parah bisa bikin Smartphone kesayanganmu menjadi mati total.

Keempat, karena banyak Cache dari aplikasi yang belum kamu hapus dan lama-kelamaan Cache di Smartphonemu menjadi menumpuk.

Cara Mudah Dan Ampuh Mengatasi Smartphone Android Menjadi Lag Atau Lemot


1. Hapus Saja Aplikasi Atau Game Yang Jarang Digunakan

Pasti kalian sering kan mencoba menginstal aplikasi atau game yang baru di Playstore atau yang sedang hits?. Awalnya sih kamu sering menjalankan aplikasi tersebut, tetapi lama-lama kamu pasti akan muncul rasa bosan, sehingga kamu tidak menjalankan aplikasi tersebut dan memilih untuk menginstal aplikasi yang lain yang pastinya lebih seru dari sebelumnya. Nah, aplikasi yang tidak kamu gunakan atau pakai itulah yang menyebabkan memori internal di Androidmu penuh dan akhirnya menyebabkan Smartphone Android menjadi lag atau lemot. Maka dari itu, hapus saja aplikasi yang tidak kamu pakai atau gunakan.

2. Selalu Mengecek Memori Internal Dan Lihat Spesifikasi 

Selalu mengecek memori internal bertujuan agar kita tau jumlah kapasitas memori internal Smartphone milik kita. Nah, kalau memori internal tinggal sedikit mending kita cari file atau aplikasi yang tidak terpakai lalu setelah itu hapus agar kapasitas memori internal menjadi banyak dan Androidmu menjadi lancar atau tidak lemot. Selain itu, perhatikan spesifikasi Smartphone kamu saat mau menginstal aplikasi. Jika aplikasi yang kamu ingin instal itu terbilang aplikasi berat, mending jangan instal karena jika kamu paksakan menginstal aplikasi tersebut dapat membuat Androidmu menjadi lag atau lemot.

3. Hanya Instal Aplikasi Ringan

Aplikasi ringan yang aku madsud ialah instal aplikasi yang berukuran kecil dan instal aplikasi versi lite. Aplikasi dengan versi lite tergolong lebih kecil ukurannya dibandingkan aplikasi versi aslinya. Selain tidak membuat kapasitas Androidmu lemot, aplikasi lite juga lancar atau tidak membuat lemot jika dijalankan di Smartphone Android yang spesifikasinya terbilang rendah.

4. Selalu Gunakan Antivirus

Virus yang terdapat di Smartphone dapat membuat Android kesayanganmu menjadi lag atau lemot. Maka dari itu, selalu pantau dan cek adakah virus di Androidmu menggunakan Antivirus bawaan Smartphone dan jika tidak ada Antivirus bawaan, kamu bisa menginstal aplikasi Antivirus untuk Androidmu di Playstore.

5. Jangan Gunakan Live Wallpaper Atau Tema Animasi

Live wallpaper atau tema animasi memang dapat merubah tampilan Smartphone Android kita menjadi lebih oke. Namun, dibalik tampilannya yang keren, live wallpaper atau tema animasi lebih baik jangan digunakan, soalnya akan memakan RAM Android yang terbilang lumayan besar. Apalagi, jika Androidmu menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan, pastinya akan membuat Androidmu menjadi lag atau lemot.

6. Jangan Pasang Widget Berlebihan

Selain live wallpaper atau tema animasi, widget juga dapat merubah tampilan Smartphone Android kita menjadi lebih menarik. Namun, yang perlu kamu ketahui ialah widget yang terpasang berlebihan juga menggunakan RAM yang cukup besar, sehingga efeknya dapat membuat Smartphonemu menjadi lemot atau lag. Saran aku sih, pakai saja widget secukupnya aja atau sesuai kebutuhan dan kalau tidak terlalu dibutuhkan jangan gunakan widget.

7. Bersihkan Cache Aplikasi Secara Rutin

Cache merupakan tempat penyimpanan data aplikasi yang bersifat sementara dengan tujuan mempercepat aplikasi saat dibuka. Namun, jika kamu membiarkan Cache maka lama-kelamaan akan menjadi menumpuk dan akan mengakibatkan Androidmu menjadi lag atau lemot. Maka dari itu, bersihkan Cache aplikasi secara rutin itu penting.

Cara untuk membersihkan Cache sangatlah mudah, yaitu dengan cara masuk ke pengaturan lalu masuk ke manajemen aplikasi, setelah itu tinggal pilih aplikasi yang cachenya ingin dihapus, kalau udah ketemu klik saja aplikasi tersebut dan pilih hapus cache dan jangan pilih hapus data ya, soalnya kalau pilih hapus data nanti akan membersihkan data yang tersimpan di aplikasi tersebut dan kalau dibuka jadi seperti awal saat diinstal.

8. Melakukan Pembaruan Sistem Android

Dengan melakukan pembaruan pada sistem Android akan membuat sistem pada Androidmu menjadi lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, pembaruan sistem Android juga dapat mengatasi bug atau gangguan pada sistem Android kita saat ini. Cara melakukan pembaruan sistem sangat mudah, yaitu masuk ke pengaturan lalu pilih pembaruan sistem, setelah itu lihat ada pembaruan sistem atau os pada Androidmu apa tidak, kalau ada klik perbarui sekarang.

9. Memasang Kartu Memori Eksternal

Memasang kartu memori eksternal berfungsi agar mencegah memori internal kapasitasnya menjadi penuh. Nah, ketika kamu sudah pasang kartu memori eksternal di Smartphonemu, mending file-file penting, seperti foto, video, dan dokumen penting yang tersimpan di memori internal langsung saja pindahkan ke memori eksternal agar kapasitas memori internal tidak penuh. Selain itu, atur pengaturan penyimpanan otomatis ke memori eksternal.

10. Matikan Auto-Sync Dan Update Otomatis Aplikasi

Tips atau cara mengatasi android yang lag atau lemot yang terakhir adalah Matikan Auto-Sync dan update otomatis aplikasi. Seperti kita tau, fitur Auto-Sync di Smartphone berfungsi menghubungkan semua akunmu yang telah kalian pasang atau tersimpan di Smartphone kesayanganmu, seperti update pesan yang masuk di email. Selain itu, matikan juga fitur update otomatis aplikasi. Fitur ini berfungsi untuk memperbarui aplikasi secara otomatis. Nah, dengan mematikan dua fitur tersebut maka Androidmu menjadi lebih hemat baterai, kouta, dan juga tidak membuat lemot atau lag.

Cukup sekian artikel yang bisa aku sampaikan mengenai penyebab Smartphone android lemot atau lag dan sekaligus aku juga memberikan cara mengatasi Android yang lemot atau lag dan macet secara tiba-tiba. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel