Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Komputer/Laptop Suka Restart Sendiri

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Komputer/Laptop Suka Restart Sendiri - Komputer/laptop sebagai alat kerja digital sekarang ini memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia kehidupan. Apa jadinya jika komputer/laptop yang sedang kita pakai suka restart sendiri?

Masalah komputer/laptop restart sendiri kerap sekali terjadi dan untuk cara memperbaikinya harus diketahui terlebih dulu penyebabnya. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara mengatasi masalah komputer/laptop suka restart sendiri saat sedang dipakai.

Apa itu Restart Pada Komputer/Laptop?

Cara mengatasi laptop restart sendiri

Restart pada komputer/laptop merupakan keadaan tidak normal komputer/laptop suka mati dan menyala sendiri karena adanya kerusakan baik disebabkan oleh hardware maupun software. Keadaan komputer/laptop suka restart sendiri bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Ada banyak hal yang menyebabkan komputer/laptop suka restart sendiri. Nah, di artikel ini akan saya ulas satu persatu dibawah ini.

Lanjut Baca Yuk…..

Penyebab Komputer/Laptop Restart Sendiri

1. Laptop/Komputer Suka Restart Sendiri Karena Prosesor Panas

Terjadinya laptop atau komputer suka restart salah satunya bisa disebabkan karena pendingin prosesor tidak bekerja tidak normal, sehingga membuat prosesor panas dan temperature tinggi.

Temperature prosesor tinggi atau istilahnya overheat terjadi karena adanya kerusakan pada hardware komputer atau terdapat aplikasi/program yang crash.

Penyebab Prosesor komputer/laptop panas, yaitu:

  • Adanya kerusakan pada perangkat hardware.
  • Kipas (Fan) prosesor tidak berjalan normal.
  • Adanya program yang crash, sehingga menggangu kinerja komputer.
  • Banyaknya debu yang menempel pada komputer terutama bagian Motherboard.
  • Kondisi ruangan yang tidak mendukung (suhu terlalu panas).
  • Komputer menjalankan aplikasi yang terlalu berat, tidak sebanding antara pragram dengan spesifikasi komputer.
  • Thermal pasta yang menempel di prosesor sudah kering atau bahkan habis.

Cara Mengatasi prosesor panas pada laptop/komputer, yaitu:

  • Cek kerusakan yang terjadi pada komputer.
  • Pastikan kipas prosesor (fan) berjalan normal.
  • Cek thermal pasta dan pastikan masih bagus.
  • Bersihkan laptop/komputer dari debu.
  • Uninstall aplikasi yang terlalu berat.

2. Komputer Restart Karena PSU Tidak Normal

Komponen hardware pada komputer akan berjalan dengan normal jika mendapat pasokan listrik yang stabil dari power supply. Komputer yang baik adalah komputer yang memiliki power supply yang bagus.

Rekomendasi untuk power supply yang baik adalah power supply yang pure dapat mengalirkan listrik sesuai dengan kebutuhan masing-masing hardware. Untuk mengatasi sumber listrik PLN yang suka naik turun tegangan, bisa memanfaatkan stabilizer sebagai alat penyetabil arus listrik dari PLN.

Sedangkan untuk mengatasi Listrik PLN yang suka mati lampu atau karena kilometer PLN anjlok bisa menggunakan Aki Kering untuk menyimpan battery, atau bisa juga menggunakan UPS pabrikan yang dijual di toko komputer atau marketplace secara online.

3. Komputer/Laptop Suka Restart Karena RAM yang Kotor

Penyebab laptop/komputer restart selanjutnya bisa dikarenakan oleh RAM laptop/komputer kotor. Perangkat hardware laptop/komputer termasuk bagian yang mudah terganggu karena benda lain termasuk debu.

Menjadwal perbersihan laptop/komputer secara rutin menjadi solusi yang baik untuk memastikan komputer selalu memberikan performa terbaik.

4. Komputer/Laptop Restart Karena Virus

Virus pada laptop/komputer berfungsi untuk merusak data-data yang ada pada laptop/komputer, termasuk juga file system pada windows.

Virus laptop/komputer dan juga malware pada laptop/komputer membuat kerja mengganggu dan menonaktifkan beberapa file penting pada laptop/komputer, bahkan sampai bisa membuat laptop/komputer restart-restart sendiri.

Cara mengatasi laptop/komputer restart sendiri karena adanya serangan virus bisa dilakukan dengan cara scan secara keseluruhan data yang ada pada laptop/komputer dengan anti virus yang uptodate.

5. Mematikan Automatic Restart di Windows 7

Windows 7 dibekali dengan adanya fitur yang berungsi untuk menonaktifkan komputer yang restart sendiri. Caranya sebagai berikut:

  • Pertama, Tekan tombol keyboard Win+Pause Break pada keyboard laptop/komputer.
  • Kedua, langkah selanjutnya pada kotak System Properties klik tab Advanced.
  • Ketiga, Pada Startup and Recovery, klik tombol Settings maka akan muncul Startup and Recovery, cek pada section System Failure, kemudian hilangkan tanda centang Automatically Restart.

Seharusnya setelah melakukan pengaturan seperti diatas, komputer/laptop tidak akan merestart seperti sebelumnya. namun yang perlu diingat, komputer/laptop akan menampilkan kode pesan eror.

Penutup

Mengatasi komputer/laptop suka restart sendiri itu cara terbaiknya adalah mengerti penyebabnya terlebih dulu baru kemudian memberikan tindakan. Semoga bermanfaat.