Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Berisik

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berbunyi Berisik - Saat menggunakan laptop pernakah secara tiba-tiba kipas laptop berbunyi kencang atau mengeluarkan suara bising?

Saya sendiri pernah mengalami hal tersebut ternyata windows defender sedang melakukan scanning di belakang background. Nah jika ini terjadi pada kasus anda bisa diatasi dengan cara batasi CPU usage windows defender lewat windows powershell.

Saat kipas laptop berbunyi keras tentu membuat ketidaknyamanan saat menggunakan laptop dan tidak bisa dianggap menjadi hal yang sepele. Alangkah baiknya kenali penyebab kipas laptop berbunyi kencang.

Kipas laptop yang berbunyi kencang jika dibiarkan terus menerus akan menurunkan konsentrasi saat bekerja menggunakan laptop dan bisa juga terjadi kerusakan pada laptop karena mengganggu performa kineja hardware.

Penyebab Kipas Laptop Berisik

Cara mengatasi kipas laptop berbunyi berisik

Ada beberapa hal yang bisa mengakibatkan terjadinya kipas laptop mengeluarkan suara bising tidak sewajarnya. Kira-kira apa saja dan bagaimana cara mengatasinya? simak ulasannya berikut ini.

1. Prosesor Bekerja Keras

Saat bekerja dengan membuka aplikasi yang cukup berat seperti aplikasi editing video atau bermain game tiba-tiba kipas laptop kamu mengeluarkan suara keras bisa diakibatkan karena laptop mengerjakan pekerjaan yang terlalu berat.

Saat laptop bekerja berat maka CPU Usage akan naik yang berakibat pada kipas prosesor akan bekerja optimal sampai-sampai terdengar bising. Cara mengatasinya, yaitu:

  • Cek pemakaian CPU Usage, selain itu coba cari informasi spesifikasi atau rekomendasi yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan aplikasi tersebut.
  • Jika spesifikasi laptop yang dibutuhkan untuk menjalankan software tertentu tidak sesuai rekomendasi, alangkah baiknya untuk mengurangi pemakaian CPU Usage dengan close aplikasi berjalan yang tidak terlalu penting untuk mengurangi beban prosesor.
  • Jika kipas laptop masih tetap mengeluarkan suara tidak normal jangan memaksakan penggunaan software yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop.

2. Kipas Sudah Tua

Keluarnya suara bising kipas laptop bisa terjadi karena memang usia atau kondisi laptop sudah tua. Coba deh ingat-ingat sudah berapa lama laptop yang anda pakai menemani hampir semua pekerjaan digital anda? Cara mengatasinya, yaitu:

Jika memang sudah lama, sudah saatnya untuk menabung mengumpulkan uang untuk mengganti kipas laptop yang mengeluarkan suara dari kipasnya.

3. Kipas Terlalu Kotor Karena Belum Pernah Dibersihkan

Suara bising di kipas laptop bisa saja terjadi karena kipas laptop yang anda miliki sudah terlalu kotor karena sejak dari awal pembelian belum pernah di bersihkan.

Tentunya anda sudah mengetahui bahwa debu sangat mudah masuk ke ketempat yang cukup tertutup sekalipun, apalagi ke tempat yang ada kipasnya seperti laptop. Cara mengatasinya, yaitu:

Jika Kipas laptop kotor dan mengeluarkan suara bising, coba buka dan bersihkan terlebih dulu. jika bisa bongkar dan bersihkan sendiri, namun jika tidak bisa akan lebih baik serahkan ke teknisi komputer kepercayaannmu.

4. Kipas Laptop Rusak

Suara bising kipas laptop bisa terjadi karena kipas laptop sudah rusak akibat pemakaian. Kipas laptop rusak bukan berarti tidak berputar sama sekali namun bisa saja berputarnya sudah tidak normal dan menyentuh bagian hardware lainnya sehingga menimbulkan suara bising. Cara mengatasinya, yaitu:

Jika suara bunyi kipas laptop berasal karena kipas laptop yang menyentuh hardware di sampingnya, segera perbaiki sebelum mengganggu dan menambah kerusakan komponen laptop lainnya.

Penutup

Mengatasi suara kipas laptop yang bising itu saya sendiri pernah mengalaminya dan pada waktu itu sih disebabkan karena kipas sudah lama tidak dibersihkan. Semoga Bermanfaat ya artikel ini bagi kita semua.