Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Komputer / Laptop

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Komputer / Laptop - Sebagai pengguna komputer tentu pernah mengalami kursor hilang pada komputer atau laptop di windows 7, 8, 10, dan 11.

Saat terjadi kursor tidak muncul di komputer atau laptop tentu membuat bingung karena komputer tidak bisa digunakan secara normal. 

Secara spesifik saya akan mengulas cara mengatasi kursor hilang pada windows 10, namun cara ini juga bisa dipraktekan di windows 7 dan 8 tinggal menyesuaikan saja langkahnya.

Oke. Kita lanjut simak yah…

Penyebab Utama Kursor Hilang Pada Komputer / Laptop

Cara mengatasi kursor hilang

Setiap permasalahan yang muncul pada komputer pasti ada penyebabnya. untuk mempermudah mengatasinya tentu diperlukan analisa pada kerusakan komputer tersebut. Penyebab Kursor hilang pada komputer, yaitu:

  • Kursor tidak bergerak karena mouse rusak.
  • Kursor hilang karena terjadi hang pada komputer / laptop.
  • Touchpad pada laptop terkunci sehingga tidak berfungsi.
  • Terjadinya error pada windows.

Cara Mengatasi Kursor Hilang di Komputer / Laptop Windows 7, 8, 10, dan 11.

Buat anda yang sedang mengalami kursor hilang pada komputer / laptop berikut ulasan cara terbaik mengatasi kursor error.

1. Restart Komputer/Laptop

Pada saat menghidupkan komputer/laptop, namun kursor tidak muncul atau tidak bisa digerakkan bisa saja terjadi karena OS (Operating System) yang tidak merespon dengan baik. Langkah pertama yang bisa diambil yakni dengan cara restart komputer/laptop supaya kursor normal kembali.

Ada dua cara restart komputer supaya kursor normal kembali.

  • Pertama, manfaatkan tombol power pada laptop dan komputer dengan menekan beberapa detik (sampai komputer mati/restart).
  • Kedua, Restart komputer dengan menekan tombol CTRL+ALT+F4 Pada Keyboard.

Usakan restart komputer secara normal dengan cara kedua, namun jika sudah tidak memungkinkan bisa menggunakan cara lain dengan melihat situasi dan kondisi di lapangan. Setelah melakukan restart komputer/laptop coba gerakan kursor. Jika berhasil maka tidak perlu ke cara kedua.

2. Gunakan Mouse Berbeda

Cara kedua mengatasi kursor hilang bisa dengan cara mengganti mouse selain yang dipakai atau mencoba mouse tersebut pada komputer lain. Kursor pada pada komputer tidak muncul jangan-jangan disebabkan karena mouse yang dipakai rusak karena pemakaian.

Selain itu, Bisa juga dengan mencoba menggunakan mouse yang memiliki driver khusus seperti USB mouse jika ada.

3. Cek Driver Mouse

Driver komputer selalu diperbarui sebagai penyempurnaan pada driver sebelumnya untuk agar lebih memaksimalkan penggunaan termasuk driver mouse. Untuk update driver mouse bisa bisa dilakukan secara online dengan cara update driver pada device manager.

Update Driver Secara Offline, Jika cara online tidak berhasil, update driver mouse bisa dilakukan secara offline dengan cara download driver melalui layanan support pada website resmi vendor pada komputer / laptop.

Daftar situs resmi vendor download driver, yaitu:

  • Vendor Asus 👉 https://www.asus.com/id/.
  • Vendor Acer 👉 https://www.acer.com/ac/en/US/content/home.
  • Vender Lenovo 👉 https://www.lenovo.com/us/en/.
  • Vendor HP 👉 https://support.hp.com/us-en/drivers.
  • Vendor Toshiba 👉 http://business.toshiba.com/support/.
  • Vendor lainnya sesuaikan aja ya dengan kebutuhan.

4. Install Ulang System Operasi Windows

Cara selanjutnya untuk mengatasi kursor tidak muncul di komputer/laptop yaitu dengan cara melakukan reinstallasi pada system operasi. Install ulang windows bertujuan mengganti system operasi windows dengan yang lebih fresh.

Installasi windows bisa dilakukan sendiri atau bisa juga melakukan service ke teknisi komputer. Estimasi biaya service laptop sesuai dengan kerusakan dan tingkat dan mahalnya hardware.

Penutup

Cara terbaik mengatasi kursor komputer / laptop error memang hanya sedikit orang yang mengerti. Harapannya setelah membaca artikel diatas bisa membantu permasalahan yang sedang dihadapi. Semoga bermanfaat.