Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Kesehatan Hardisk di Laptop dan Komputer

Daftar Isi [Tampil]

Cara Cek Kesehatan Hardisk di Laptop dan Komputer - Perangkat keras atau hardware seperti hardisk adalah salah satu bagian yang sangat penting pada komputer maupun laptop.

Oleh karena itu kesehatan hardisk harus senantiasa dipantau jangan sampai kecolongan sampai hardisk pada komputer atau laptop rusak. Karena saat hardisk komputer/laptop sampai rusak kemungkinan terbesarnya data-data di dalam laptop akan hilang.

Cara cek kesehatan hardisk juga bisa digunakan pada saat membeli HDD bekas (second). Setelah tau cara cek kondisi hardisk, meskipun membeli hardisk bekas namun bisa mendapatkan kualitas bagus.

Oke Kita lanjut….

Pada kesempatan ini saya akan share cara cek kondisi hardisk yang biasa saya pakai untuk mengecek kesehatan HDD laptop yang saya pakai.

Cara Mudah Cek Kesehatan Hardisk Laptop dan Komputer

Cara cek kesehatan hardisk

Setidaknya untuk mengenali kesetahan hardisk baik komputer maupun laptop bisa menggunakan cara cek kesehatan hardisk yang akan saya bahas dibawah ini.

1. Cek Kesehatan Hardisk Pakai Software Sentinel

Program atau aplikasi sentinel ini memang tidaklah gratis untuk versi pro dan harus membayar sekitar $ 53 untuk licensi lifetime. Namun jika hanya untuk mengecek kesehatan hardisk pribadi bisa menggunakan versi trial. Cek kesehatan HDD Langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, Download dan install software sentinel seperti install program biasanya.
  • Kedua, Jalankan Program sentinel.
  • Coba analisa hasil scan Program sentinel.

Nanti akan menampilkan kondisi hardisk sampai rinci seperti: Performance, Health, dan Jumlah partisi hardisk, bahkan merk hardisk juga akan terbaca.

Adanya program cek kesehatan hardisk sentinel sangat membantu saat hendak membeli HDD second atau bekas. Cara diatas sangat saya rekomendasikan untuk mengecek kesehatan HDD komputer dan laptop karena caranya yang sangat mudah dan tidak repot.

2. Cek Kesehatan HDD Pakai Defragment

Cara kedua yang akan dibahas pada artikel ini untuk cek kesehatan hardisk bisa melalui defragment yang sudah tersedia di windows.

Menurut saya, Defragment HDD selain untuk menyusun file yang berantakan akibat adanya aktifitas pemanggilan, pemosesan data juga bisa untuk mengecek kesehatan hardisk. Saat defreagment hardisk jika hardisk masih dalam kondisi baik maka hasilnya akan baik.

Caranya defragment Hardisk laptop dan komputer, yaitu:

  • Klik kanan pada partisi hardisk.
  • pilih properties.
  • Pilih Tools, klik optimize.
  • Setelah itu pilih partisi yang akan di defrag kemudian pilih optimize.
  • Selain itu anda juga bisa menggunakan Error Checking hdd dengan mengeklik Check diatas menu optize.

Jika proses berjalan normal, menurut saya kondisi kesehatan hardisk masih baik.

Penutup

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengecek kesehatan hardisk, namun cara tersebut diatas sudah cukup untuk menganalisa HDD pada komputer maupun laptop. Semoga bermanfaat.