Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Slot RAM Laptop Tanpa Bongkar

Daftar Isi [Tampil]

Cara Cek Slot RAM Laptop Tanpa Bongkar - Mengatasi laptop lemot salah satunya yaitu dengan upgrade ram (Random Acces Memory). Sebelum melakukan upgrade pastikan masih memiliki slot RAM kosong.

Logika gini, Sudah mahal-mahal membeli RAM namun slot tidak memiliki slot yang kosong pasti sayang banget deh. Tidak semua laptop memiliki jumlah slot RAM yang sama. ada yang memiliki hanya 1 slot dan juga ada yang memiliki lebih dari satu.

Contohnya nih:

  • Hanya ada 1 slot ram dalam 1 laptop.
  • Ada 2 Slot RAM dalam 1 laptop.
  • Ada 3-4 Slot RAM dalam 1 Laptop.

Cara Cek Slot RAM Tanpa Bongkar Laptop

Cara cek slot ram laptop tanpa bongkar

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk cek slot RAM (Random Acces Memory) tanpa bongkar laptop.

Bisa dibayangkan repotnya jika untuk cek RAM saja harus bongkar laptop, apalagi yang masih awam tentang laptop. Bagi anda yang ingin upgrade memory (RAM) pada laptop berikut cara cek RAM tanpa bongkar pasang laptop.

1. Cek RAM Menggunakan CPU-Z

Bagi anda yang belum mengetahui apa itu program CPU-Z, Jadi program CPU-Z berfungsi untuk melihat semua komponen secara lengkap yang ada pada system laptop. Bagi yang belum memilikinya silahkan unduh dulu ya CPU-Z.

Cara pakai cek RAM tanpa bongkar laptop CPU-Z sangatlah mudah kok cukup install dan jalankan, maka CPU-Z akan menampilkan informasi yang ada pada laptop.

2. Cek Slot RAM Melalui BIOS

Pasti anda pernah mendengar istilah BIOS. Ternyata cek slot RAM juga bisa dilakukan melalui Bios dengan mengakses menu system information pada settingan Bios.

Caranya, Silahkan masuk ke Bios masing-masing laptop anda setelah itu carilah pilih system information kemudian pilih Number of RAM Slot, disana ada keterangan yang menjelaskan jumlah slot RAM pada laptop anda.

3. Cek Slot RAM Melalui Task Manager

Task manager sendiri sebenarnya berfungsi untuk mengontrol penggunaan aplikasi yang berjalan saat laptop dihidupkan. Kabar baiknya pada windows 8 dan juga 10 ada fasilitas yang menampilkan informasi tentang slot RAM.

Masuk seperti biasa ke task manager dengan Klik CTRL+ALT+DEL pada keyboard, kemudian pilih Task Manager, Kemudian klik More Detail dan pilih Performence.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan upgrade RAM supaya hasilnya tidak sia-sia. Sebaiknya perhatikan hal berikut:

1. Kapasitas Maksimum RAM

Kapasitas maksimum baik laptop berbeda-beda. Jadi, sebelum melakukan upgrade RAM cek dahulu kapasitas maksimumnya. Jangan melakukan Upgrade RAM diatas kapasitas maksimum yang telah ditentukan karena akan sia-sia.

2. Perhatikan Sistem Operasi

Sistem operasi windows terbagi menjadi dua macam yakni system operasi 32 dan 64 Bit. Rekomendasi, Jangan melakukan upgrade RAM diatas 4 GB untuk system operasi 32 karena sisanya hanya tidak terbaca dan hanya menjadi usable.

3. Perhatikan Type RAM

Type RAM tiap-tiap laptop tidaklah sama, ada beberapa type RAM diantara DDR yang terbagi menjadi DDR1, DDR2, DDR3 dan DDR4. Pastikan saat membeli RAM saat hendak melakukan upgrade harus sama dengan yang sudah terpasang terutama type DDR.

Sebagai contohnya. Laptop anda menggunakan RAM DDR 3, Maka saat melakukan Upgrade ya membeli RAM DDR 3.

4. Jangan Sampai Salah Beli

Meskipun sama-sama RAM, namun antara RAM PC dengan laptop berbeda jenisnya. Untuk sebutan RAM laptop dinamakan SODIM, sedangkan untuk RAM PC dinamakan Longdim. Perbedaan RAM kedua tersebut pada bentuk pendek dan panjangnya RAM.

Jadi…. jangan sampai salah beli

Manfaat Upgrade RAM

Ada beberapa manfaat jika melakukan upgrade RAM berikut diantaranya:

  • Laptop akan semakin cepat.
  • Space ruang penyimpanan sementara menjadi semakin longgar.
  • Laptop menjadi lebih nyaman saat dipakai.
  • Bisa untuk menjalankan program yang agak berat.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara mengetahui slot ram tanpa bongkar laptop. Saat ingin melakukan upgrade RAM cobalah berkonsultasi dengan mekanik komputer terlebih dahulu, ya supaya hasilnya bisa maksimal. Semoga bermanfaat.