Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Komputer Dasar Untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Cara Belajar Komputer Dasar Untuk Pemula - Komputer merupakan salah satu alat yang paling dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan sehari-hari terutama di era digital seperti sekarang.

Perkembangan dunia industri telah mencapai pada era digital, tentu hal tersebut berakibat pada pemanfaatan komputer sebagai media konversi digital mempunyai peranan aktif. Soft skill berupa keterampilan mengoperasikan komputer sangat penting dimiliki terutama oleh pelajar.

Cara belajar komputer

Laptop dan komputer sebenarnya dua benda yang berbeda, namun memiliki fungsi yang sama, perbedaannya terletak pada besar dan kecilnya komponen dari alat tersebut. Belajar komputer untuk pemula seringkali kurang maksimal karena belum mengetahui ilmu dasar-dasar komputer.

Nah pada artikel kali ini saya akan bagikan cara belajar komputer untuk pemula, dan bagi anda yang sudah menengah silahkan cari artikel lain di website ini tentang berbagai permasalahan komputer dan cara mengatasinya.

Tips dan Trik Belajar Komputer

Ada beberapa tips dan trik yang bisa dijalankan supaya cepat bisa belajar komputer meskipun tingkat dasar.

1. Niat dan Tujuan

Perkuat dan mantapkan niat ingin bisa komputer sampai mahir untuk menambah soft skill sebagai bekal hidup dan beribadah.

2. Memiliki Komputer

Belajar komputer sangat tidak cocok jika cuma diajarkan dalam bentuk teori, usahakan langsung praktek sendiri. Akan lebih mudah jika memiliki komputer sendiri dirumah karena belajar komputer semakin banyak praktek semakin baik.

Jadi teringat waktu saya masih belajar komputer dulu pas tahun 2007 an, sama membeli komputer seharga 1 jutaan itupun komputer second. Saya masih ingat betul meskipun komputer bekas dengan hardisk cuma 15 GB, Prosesor pentium 4 AGP, RAM 256 Mb yang terpenting ada media berupa komputer untuk praktek.

3. Memiliki Referensi

Buku panduan belajar belajar komputer wajib dimiliki meskipun sekarang bisa diganti dengan memanfaatkan media online. 

Ada banyak website yang secara khusus membahas tentang belajar komputer termasuk blog pribadi yang saya kelola yaitu septiyanmedia.com silahkan baca dan praktekan secara mandiri.

4. Jangan Takut Rusak

Supaya belajar komputer cepat bisa, bahkan sampai mahir, buang jauh-jauh sifat “TAKUT” terlebih takut rusak komputer yang dipakai untuk praktek. Sebenarnya, sesering apapun belajar praktek belajar komputer tidak akan membuat komputer rusak apalagi rusak dibagian hardware.

Misalpun terdapat kerusakan pada hardware, itu bisa terjadi karena lamanya pemakaian dari perangkat tersebut. Sekalipun terjadi eror itu hanya terjadi pada bagian software dan cara mengatasinya sangatlah mudah.

5. Rajin dan Tekun Belajar

Kunci kesuksesan belajar komputer ialah rajin belajar dan mempraktekan (try and eror). Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru terbaik dalam hidup.

Pengenalan Komponen komputer

Komponen komputer dan laptop sebenarnya sama saja, hanya perbedaan dari segi fisik saja yang membedakannya. Komponen pada komputer disebut dengan istilah hardware.

1. Prosesor

Prosesor merupakan chip yang terpasang pada motherboard yang memiliki fungsi sebagai otak pada sebuah komputer. Contohnya: Pentium I, Pentium II, Pentium III, Pentium 4, Dual core, Quard Core, Core 2 Quad, Core i3, Core i5, Core i7.

2. Motherboard

Motherboard sebagai induk dari hardware berfungsi untuk menyatukan semua komponen di komputer melalui socket masing-masing hardware.

3. RAM

RAM pada komputer memiliki kepanjangan Random Acces Memory. Fungsi utama pada RAM ialah untuk menjalankan program dan juga sebagai media penyimpan sementara pada saat pemrosesan data yang dijalankan menggunakan aplikasi.

4. Hardisk

Hardisk merupakan media penyimpanan data pada komputer. Semua hasil pekerjaan yang dihasilkan menggunakan komputer disimpan ditempa khusus yang dinamakan HDD.

5. PSU

Power supply adalah perangkat keras yang berfungsi membagi dan mendistribusikan arus listrik sesuai dengan keperluan masing-masing hardware pada komputer.

6. Monitor

Layar monitor berfungsi untuk menampilkan serangkaian pekerjaan yang sedang dikerjakan pada komputer. Layar monitor mengkonversi signal kedalam bahasa tampilan, sehingga bisa dipahami oleh user.

Penutup

Demikian artikel mengenai cara belajar komputer dasar untuk pemula. Belajar dan praktek adalah kunci kesuksesan saat belajar komputer sampai mahir. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya di blog ini.