Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Service Laptop Berdasarkan Jenis Kerusakannya

Daftar Isi [Tampil]

Biaya Service Laptop Berdasarkan Jenis Kerusakannya - Penggunaan laptop sekarang ini semakin membludak mengingat laptop sudah menjadi barang kebutuhan di era digital seperti sekarang ini.

Tidak sedikit pengguna laptop tidak mengetahui secara pasti atau perkiraannya mengenai biaya service laptop jika laptop yang dimilikinya mengalami kerusakan.

Biaya service laptop

Bagi yang paham tentang jenis kerusakan laptop, tentunya tidak semuanya diserahkan ke teknisi atau tempat service. Contohnya jika komputer lola (loading lama) bisa menganalisa terlebih dahulu apa itu penyebabnya, kemudian mencari cara mengatasi komputer lemot.

Mengingat banyaknya jenis kerusakan pada laptop tentu tidaklah sama biaya yang harus dikeluarkan saat service laptop. Oleh karenanya di artikel ini saya akan membagikan jenis kerusakan laptop dan juga estimasi biaya yang harus dikeluarkan saat hendak perbaiki laptop.

Estimasi Biaya Service Laptop dan Jenis Kerusakannya

Biaya service laptop yang dikeluarkan tentunya melihat seberapa berat jenis kerusakan pada laptop yang akan di service. Berikut dibawah ini estimasi biaya berdasarkan jenis kerusakannya.

1. Instal Program / Aplikasi

Instal program atau aplikasi bagi yang bisa menangani sendiri tentunya tidak harus membawa ketempat service laptop.

Mengapa demikian?

Karena segala macam program bisa di beli secara resmi di tempat toko komputer atau juga bisa dibeli secara online. Alternatif lain yang bisa dilakukan selain membeli juga bisa mendownload program yang dibutuhkan kemudian mengintallnya.

Jika anda tidak bisa mengerjakan sendiri, tentunya akan mendatangi tempat service laptop dan meminta untuk melakukan penambahan program/aplikasi pada laptop. Untuk estimasi biaya yang dikeluarkan untuk jenis penambahan ini berkisar antara 30-50 ribu rupiah.

2. Install Ulang System Operasi

Kerusakan yang mengharuskan install sistem operasi seperti “boothmgr is missing”, “no operating system” dan masih banyak lainnya.

Apa sih tujuan install ulang windows?

Install ulang sistem operasi seperti windows bertujuan untuk mengganti system operasi windows yang tidak berjalan baik karena corrup atau karena terhapus baik sengaja maupun tidak.

Informasi dari temen yang suka menangani kasus instal ulang laptop sih seperti diatas sekitar 75-100 ribu rupiah tergantung tingkat kesusahannya.

3. Ganti Processor

Meskipun jarang sekali terjadi kerusakan pada processor baik laptop maupun komputer, namun hardware yang satu ini juga tidak menutup kemungkinan bisa rusak.

Sekian banyak penyebab prosesor rusak setidaknya terjadi karena:

  • Over heating.
  • Tidak seimbang antara processor yang digunakan dengan RAM.
  • Penyebab debu yang menempel pada processor karena terlalu lama tidak dibersihkan.

Untuk estimasi biaya yang dikeluarkan untuk mengganti kerusakan processor pada laptop melihat dari spesifikasi processor yang digunakan ya, karena ada banyak macam processor.

4. Flash Bios

Sebenarnya kasus flash bios jarang banget terjadi. Selama saya menggunakan komputer juga belum pernah ngalamin namanya kerusakan pada bios. 

Ciri-ciri Kerusakan bios umumnya komputer yang tidak bisa masuk pada menu Bios, dan juga saat komputer dihidupkan tidak muncul menu Bios pada layar monitor. Biaya yang dikeluarkan untuk update Bios biasanya berkisar antara 100-150 an ribu rupiah.

5. Service keyboard

Saat keyboard laptop error tentu saja menjengkelkan karena laptop menjadi susah untuk digunakan. Umumnya keyboard error terjadi pada perbedaan antara huruf yang ditekan dengan yang muncul di layar monitor.

Contohnya nih: saat anda menekan huruf S pada keyboard namun yang muncul di layar monitor keluarnya huruf D atau yang lainnya. Untuk memperbaiki keyboard yang error biasanya dengan mengganti dengan keyboard yang baru.

Biaya service laptop keyboard rusak berkisar antara 250-350 an ribu rupiah. Namun jika menggunakan sparepart keyboard versi KW harganya lebih murah. Rekomendasinya, Gunakan keyboard original aja, meskipun agak mahal namun kualitas dan kenyamanan saat pemakaian lebih enak.

6. RAM (Random Acces Memory)

Biaya service kerusakan RAM sebenarnya menyesuaikan dengan spesifikasi RAM yang dipakai pada laptop baik itu dari segi besarnya RAM (GB), maupun pada seri DDR.

Kerusakan ram pada laptop biasanya akan menampilkan layar biru (Bluescreen) pada layar monitor. Untuk estimasi biaya biaya service laptop RAM rusak berkisar antara 200-400 an ribu.

7. Kerusakan Layar LCD / LED

Layar LCD atau LED pada laptop berfungsi untuk menampilkan gambar pada saat bekerja menggunakan laptop.

Saat LCD atau LED laptop rusak ditandai dengan tidak bisanya layar monitor menampilkan gambar, Gelap tampil warna hitam, terdapat garis pada layar laptop baik vertikan maupun horizontal.

Estimasi harga service lcd laptop disesuaikan dengan jenis, merek yang hendak dipakai untuk mengganti layar LCD laptop yang rusak, biasanya berkisar antara 700 – 1 jutaan.

8. Kerusakan Pada Hardisk

Hardisk sebagai media penyimpanan data pada laptop maupun personal computer jika rusak sebenarnya amatlah sangat susah untuk diperbaiki, namun tidak menutup kemungkinan ada yang bisa memperbaikinya.

Service laptop karena hardisk rusak umumnya diganti dengan hardisk baru. Biaya yang dikeluarkan untuk ganti hardisk berkisar antara 400-800 an ribu rupiah sesuai dengan besar kecilnya space penyimpanan dan juga teknologi yang digunakan.

9. Ganti Motherboard Laptop

Motherboard sebagai komponen utama atau induk saat rusak memang paling memakan biaya paling banyak. Jika motherboard laptop rusak biasanya dicarikan dengan type atau seri yang sejenis, karena jika beda bisa tidak support dengan komponen hardware lainnya.

Saat motherboard laptop rusak juga amat sangat sulit untuk diperbaiki. Estimasi biaya service motherboard mati berkisar 700 – 1 jutaan bahkan lebih sesuai dengan type motherboard yang digunakan.

10. Biaya Service Laptop Mati Total

Laptop yang kondisinya mati total saat tombol power ditekan tidak nyala sama sekali untuk estimasi harga biaya servicenya itu tidak pasti ya, harus dicek dulu secara keseluruhan untuk menemukan sumber penyakitnya.

Setelah menemukan yang menjadi sumber penyebab laptop mati total baru bisa dikalkulasi berapa budget yang perlu dipersiapkan. Namun perlu di ingat, jika biaya service terlalu tinggi rekomendasi lebih baik mencari laptop baru atau laptop bekas yang kondisinya masih sangat bagus.

11. Biaya Service Laptop Mati Total Kena Air

Laptop termasuk dalam kategori barang elektronik yang seharusnya tidak boleh terkena air karena akan mudah rusak jika terkena air. Saat menaruh laptop tentu seharunya ditempat yang aman jauh dari barang yang bisa merusak seperti air, temperatur suhu yang terlalu tinggi dll.

Namun, pengalaman saya pribadi pernah sekali laptop saya rusak kemasukan air karena tidak sengaja menaruh di kamar dan saat hujan terkena air dari atap rumah yang bocor.

Setelah, Saya cek ternyata hanya bagian keyboard laptop saja rusak sehingga biaya yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu banyak hanya berkisar Rp 250.000 an saja.

Jadi estimasi biaya service laptop terkena air kembali pada jenis kerusakan yang ditimbulkan dan persentase kerusakannya.

Sebatas saran, Jika laptop atau komputer tidak sengaja terkena air segera lepas matikan, lepas baterai, keringkan menggunakan tisu atau kain yang mudah menyerab air dan dengan segera keringkan baik panaskan di terik matahari (Hanya untuk mengeringkan air).

Penutup

Sedia payung sebelum hujan, gunakanlah laptop dengan hati-hati untuk menekan biaya service laptop. Setiap service laptop biaya yang dikeluarkan tentunya tidaklah sama mengingat banyaknya type dan jenis laptop ditambah lagi banyaknya sparepart suku cadang dengan kualitas yang berbeda pula.

Demikian estimasi biaya yang dikeluarkan saat service laptop berdasarkan jenis kerusakannya, mungkin artikel ini bisa menjawab pertanyaan kalian yang bertanya berapa biaya service laptop?Semoga bermanfaat.