Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Video TikTok Muncul di Beranda (FYP)

Daftar Isi [Tampil]

Cara Agar Video TikTok Muncul di Beranda (FYP) - TikTok akhir-akhir ini merupakan platform yang beridi video pendek yang sangat disukai oleh penggunanya. Tidak hanya di Indonesia saja melainkan juga di seluruh dunia.

Begitu populernya fenomena ini akhirnya mengundang banyak orang ikut tertarik menjadi content creator. Platform satu ini memang sedang ramai digunakan oleh banyak pengguna sebagai media hiburan maupun mendapat informasi. 

Bagi kalangan content creator, tentu penting untuk mengetahui apa saja cara agar video TikTok muncul di beranda. Umumnya hal ini dikenal dengan FYP atau for your page.

Mengapa Video TikTok Harus Muncul di Beranda?

Cara fyp di tiktok

Istilah ini sering disebut dengan FYP atau for your page yang merupakan halaman utama saat pengguna membuka TikTok. Anda bisa lebih mudah mengerti FYP ini dengan sekumpulan video sedang viral dari banyak content creator.

Dengan video yang muncul di beranda tersebut menunjukkan jika konten di dalamnya memang sedang populer. Selain itu juga memiliki kemungkinan tinggi untuk lebih dikenal oleh banyak orang karena lewat laman FYP. Sayangnya, tidak semua konten bisa dengan mudah mencapainya.

Jadi TikTok akan memakai suatu algoritma tertentu guna menentukan video yang pantas untuk dimasukkan ke dalam beranda penggunanya.

Cara Agar Video Masuk FYP TikTok

Sebagai content creator, sebenarnya ada beberapa trik dan tips bisa diterapkan demi memunculkan konten pada laman FYP para penggunanya. Tanpa berlama lama- lagi berikut ini trik dan tipsnya.

1. Mengikuti Trend yang Ramai di TikTok

Trik utama yang dapat digunakan agar sebuah video bisa muncul ke dalam laman FYP yakni dengan mengikuti trend. Biasanya tiap minggu akan memunculkan challenge baru. Tentu hal ini menjadi ide baru bagi seorang content creator untuk meningkatkan kemungkinan lewat di beranda.

  • Perhatikan trend apa yang sedang ramai di TikTok.
  • Klik pada ikon sound di kanan bawah untuk mendapatkannya.
  • Ikuti gerakan atau challenge dalam trend tersebut.
  • Buat video sendiri atau mengajak orang lain agar lebih ramai.
  • Tambahkan ide kreatif lain agar terlihat berbeda dari pengguna lain.

2. Menambahkan Hashtag

Menggunakan hashtag nyatanya bisa meningkatkan potensi munculnya video Anda di beranda. Namun pastikan tagar yang digunakan tersebut relevan dengan isi videonya. Biasanya pengguna lain akan mudah untuk menemukannya di kolom pencarian jika memasukkannya sebagai kata kunci.

  • Tentukan dulu hashtag yang sesuai dengan video Anda.
  • Pastikan hashtag tersebut memang sedang trend akhir-akhir ini.
  • Pasang tagar tersebut sebelum mengunggah video.
  • Jangan gunakan kalimat terlalu panjang saat memasang hashtag.

3. Memilih Waktu yang Tepat

Perlu Anda pahami bahwa penggunaan sosial media ternyata memiliki tingkat kepadatan tersendiri bagi penggunanya. Misalnya saja pemakaiannya akan cenderung meningkat ketika berada di jam istirahat dimana para pekerja kantoran umumnya akan membukanya sebagai sarana hiburan.

Umumnya orang-orang akan membuka TikTok di jam kosong seperti istirahat makan siang, jam pulang kantor dan juga makan malam. Kira-kira berada di sekitar pukul 12.00 – 13.00, 16 sore hingga 19.00 ke atas. Cara satu ini pun dianggap cukup efektif demi memunculkan video pada beranda FYP.

4. Memperhatikan Kualitas Video

Satu hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunggah video adalah memastikan jika konten tersebut tidak hanya berkualitas secara isinya, namun juga mutu luarannya. Artinya, Anda perlu benar-benar menjamin jika pemirsa TikTok tak akan terganggu ketika menyaksikan karena kualitas kurang sesuai.

  • Buatlah video TikTok dengan durasi tidak terlalu panjang.
  • Pastikan konten video dibuat secara konsisten pada tiap durasi.
  • Buatlah video secara orisinil dan kreatif dari pengguna lain.

5. Memperhatikan Caption yang Digunakan

Tidak hanya memperhatikan penggunaan hashtag yang Anda tambahkan, melainkan pemilihan caption ternyata juga menjadi nilai tambah dari sebuah video di dalam platform ini. Dengan menggunakannya secara tepat akan dijadikan sebagai alasan mengapa suatu konten dari creator masuk dalam FYP.

  • Klik pada ikon + di laman TikTok.
  • Pilih video atau foto yang akan diunggah.
  • Berikan keterangan konten sebagai caption-nya.
  • Buat kalimat yang tidak terlalu panjang dan mudah dipahami.

6. Menggunakan Lagu Trend dan Populer

Sebenarnya cara satu ini hampir sama seperti Anda mengikuti trend TikTok yang sedang ramai. Namun bukan berarti semua video di dalam platform ini pun berisikan challenge. Ada beberapa diantaranya hanya sekedar sekumpulan foto dan kata bijak serta lagu populer sebagai backsound-nya.

  • Cari salah satu lagu yang sedang populer.
  • Klik pada ikon music di kanan bawah.
  • Klik pada opsi bertuliskan “Gunakan Suara Ini”.
  • Lanjutkan dengan mengunggah konten yang diinginkan.
  • Buatlah konten video yang relevan dengan makna lagunya.

7. Menggunakan Video Durasi Pendek

Cara utama agar video Anda muncul di beranda orang-orang adalah hanya dengan menggunakan durasi pendek. Mengingat bahwa platform ini memang sebagai sarana mengunggah konten berdurasi tidak begitu panjang. Jadi pastikan untuk membuat konten secara padat dan to the point bagi penonton.

Dengan video yang lebih pendek, ternyata membuat konten tersebut akan mudah muncul pada laman FYP dari pengguna TikTok. Bahkan beberapa content creator memilih untuk mengunggah dalam beberapa kali part, sehingga para user merasa penasaran agar tetap mengikuti akun mereka.

8. Kolaborasi Bersama Kreator Lain

Cara lain yang dirasa cukup efektif untuk dicoba adalah dengan melakukan kolaborasi bersama creator lain. Terlebih jika mereka memang terkenal bagi pengguna TikTok lain, sehingga terasa mudah untuk menarik perhatian para viewers. Tentu saja tinggi kemungkinannya agar muncul pada laman beranda.

Selain itu, juga mampu meningkatkan kemungkinan video untuk menarik penggemar content creator tersebut semakin banyak setelah diajak kolaborasi. Cukup lakukan challenge yang sedang trend dimana cara ini juga menjadi salah satu trik utama agar muncul ke dalam laman FYP.

9. Mengganti Lokasi Video

Guna menghasilkan video yang berkualitas, salah satu caranya yakni dengan menggonta-ganti lokasi rekamannya. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat bagus atau lokasi wisata sehingga memiliki pemandangan bagus agar terlihat lebih eye catching.

Atau juga bisa memilih konsep trending seperti lingkungan hijau dan sejuk dan juga sinarnya terang. Sebenarnya solusi ini pun dapat dilakukan cukup di rumah saja asalkan pemilihan lokasinya sudah tepat.

10. Menggunakan Aplikasi Editor Video

Tidak hanya memanfaatkan lokasi pengambilan video saja, Anda juga bisa memanfaatkan adanya aplikasi editor video. Tentu saja cara ini akan meningkatkan hasilnya terlihat lebih berkualitas dengan berbagai sentuhan modern.

Kini ada banyak aplikasi editor video yang tersedia mulai dari gratis hingga berbayar. Fiturnya pun beragam sehingga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas terutama jika dilihat dari sisi estetikanya.

Video Cara Agar Video Tiktok Masuk FYP

Penutup

Ada beberapa cara agar fyp di TikTok yang bisa Anda lakukan terutama bagi content creator pemula. Tentu saja banyak hal perlu dipelajari demi mendapatkan banyak penonton dan juga tombol like.