Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menjadi Pegawai Negeri Sipil (CPNS) – Sebenarnya sebelum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) statusnya masih Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan gaji pokok 80%, baru setelah ikut Pra Jabatan, statusnya beralih ke PNS dengan gaji pokok 100%.

Cara menjadi pegawai negeri sipil
Gambar dari Jojonomic.com

Menjadi PNS adalah mimpi sebagian besar warga masyarakat Indonesia. Apa sebenarnya yang menjadi daya tarik sehingga banyak orang ingin jadi Pegawai Negeri Sipil? 

Mungkin karena status PNS masih dianggap prestise dikalangan masyarakat, kondisi ekonomi masyarakat Indonesia masih lemah, gaji pokok PNS lancar tiap bulan, jarang di PHK, tunjangan banyak, jenjang karir yang jelas, ada dana pensiun hari tua, dll.

Nah, berikut ini aku akan berbagi informasi mengenai berbagai cara agar kalian bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil di Indonesia. Tanpa lama-lama lagi langsung simak yuk dibawah ini.

Cara Menjadi Pegawai Negeri Sipil

1. Sekolah Dinas

Ada banyak sekolah ikatan dinas di Indonesia yang setelah lulus sekolah langsung diangkat menjadi CPNS. Biasanya sekolah ini menerima siswa baru dari lulusan SMA/MA/SMK. Jumlah pendaftar baru yang sangat banyak dengan jumlah kuota yang terbatas, sehingga persaingan semakin ketat.

Adalah sekolah PKN STAN, IPDN, dan masih banyak lagi. Setelah kalian lulus dari sekolah atau kuliah kedinasan, kalian nggak perlu pusing atau repot-repot cari kerja, karena kalian akan ditempatkan di instansi pemerintah dengan status CPNS bukan status tenaga honorer/kontrak/wiyata dll.

2. Pengangkatan Tenaga Honorer

Dahulu sebelum adanya reformasi birokrasi di Indonesia, pengangkatan tenaga honorer menjadi PNS lazim dilakukan di berbagai instansi di Indonesia, baik hanya dengan cara mengumpulkan berkas administrasi atau dengan tes cpns formalitas.

Tak heran jika dahulu yang bisa ngabdi di instansi pemerintah adalah orang-orang dekat pegawai pemerintah, dan setelah ngabdi beberapa tahun langsung bisa jadi PNS otomatis. Orang luar dan tidak punya saudara/kerabat, susah untuk bisa kerja wiyata bakti karena nggak punya orang dalam. 

Perlu kalian ketahui bahwa era sebelum reformasi (jaman orde baru), warna partai cukup berpengaruh untuk bisa duduk di kursi pegawai pemerintah. Sekarang ini memang sudah tidak ada pengangkatan otomatis CPNS bagi tenaga honorer, karena hal itu bertentangan dengan Undang-Undang. 

Namun, percayalah pemerintah tidak menutup mata, dan pasti ada perhatian dan apresiasi bagi tenaga honorer yang sudah mengabdi puluhan tahun di instansi pemerintah.

Jadi, bersyukurlah bagi kalian yang punya kesempatan kerja atau mengabdi di instansi pemerintah, karena masih ada harapan untuk bisa jadi pns, entah esok atau nanti atau kapan, tetaplah bersabar menanti.

3. Tes Jalur Khusus CPNS

Tes jalur khusus ada berbagai macam jenis, mulai tes jalur khusus tenaga honorer K2 (sudah 10 tahun ngabdi di instansi pemerintah), jalur khusus cumlaude putra putri berprestasi IPK S1 >3,50 akreditasi prodi A akreditasi kampus A saat lulus, jalur khusus putra putri papua, atlet berprestasi, disabilitas, diaspora (WNI yang kerja di luar negeri), dan masih banyak lagi. 

Peluang bagus jalur khusus ini cukup besar karena tingkat persaingan tidak terlalu tinggi. Hanya saja persyaratan administrasi yang lumayan berat. Jenis tes sama, ada Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Namun ada juga yang tidak perlu ikut SKB seperti jalur khusus tenaga honorer K2, atlet berprestasi, dll.

4. Tes Jalur Umum CPNS

Adalah Jalur tes umum yang paling sulit dan paling ketat tingkat persaingannya dalam rekrutmen CPNS. Karena jumlah pelamar kerja sangat banyak dan jumlah formasi yang sangat sedikit, ini terutama terjadi di Pulau Jawa yang meliputi Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

Bayangkan 1 formasi diperebutkan oleh puluhan bahkan ratusan dan ribuan pelamar, luar biasa tingkat kompetisinya. Untuk bisa lulus tes CPNS melalui jalur seleksi umum ini sangat sulit sekali kalau kalian tidak benar-benar pandai dan beruntung atau bejo.

Demikian artikel tentang Cara Menjadi Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.