Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengirim File Ukuran Raksasa

Daftar Isi [Tampil]

Tips Mengirim File Ukuran Raksasa – Beberapa waktu yang lalu ada temanku yang meminta aku untuk mengirim file game dengan ukuran raksasa, melalui email. Tidak main-main ukuran file size sebesar 1 GB an itupun ada 3 file.

Cara mengirim file ukuran besar

Kebetulan saat itu aku menggunakan internet Telkomsel 4G untuk berselancar di dunia maya, dan tidak banyak kuota internet. Tapi kecepatan internet nya luar biasa kencang. Tidak ada 5 menit, itu file sudah aku kirim ke temanku tersebut.

Namun sebelumnya ketika aku unggah soft file ukuran raksasa di lampiran email, baik email yahoo maupun gmail, ternyata tidak bisa alias gagal total. Karena ukuran file nya terlalu jumbo atau besar. Akhirnya aku putuskan untuk unggah di Google Drive, untuk kemudian link download aku kirimkan ke teman tersebut, agar dia bisa unduh file di situs drive.

Sebenarnya kapasitas Yahoo Mail juga besar lho, ada 1 tera. Sedangkan Gmail hanya 15 Gb. Tapi ya itu tadi masalahnya file nya ukuran raksasa, sehingga tidak bisa dimasukkan ke dalam attachment. Tapi harus melalui media peyimpanan online seperti Google Drive.

Cara Menyimpan dan Mengirim File Ukuran Besar

Sebenarnya ada banyak media penyimpanan online di internet yang bisa kalian pakai untuk menyimpan file apa saja, baik itu dokumen word, pdf, aplikasi, software, video, mp3, dll.

1. Google Drive

Google Drive merupakan produk google, dan jika kalian punya akun google, maka bisa mengakses google drive. Untuk menyimpan file secara online, baik file tersebut untuk dibagikan atau tidak, terserah kalian.

Soalnya bisa di setting privasi publik (agar bisa di download orang) atau bisa disetting privasi khusus (tidak untuk konsumsi publik). Satu akun google punya kapasitas 15 Gb, termasuk email gmail, google drive, album web picasa, blogger, dll. Dan yang paling penting adalah gratis 100%.

2. MediaFire

Situs web penyedia layanan penyimpanan file online sudah sejak lama ada, ini cukup bagus untuk save dan berbagi file kepada orang lain. Media penyimpanan ini cukup aman untuk simpan file aplikasi, software, game, dokumen, dll, bahkan sampai bertahun-tahun bisa tetap ada file nya, asalkan tidak bermasalah.

3. 4Shared

Kebetulan aku juga punya akun 4shared untuk menyimpan file-file dan kemudian bisa di download orang lain. Tapi ada 1 akun yang ditangguhkan, gara-gara melanggar hak cipta, yaitu unggah file mp3 lagu-lagu musik luar negeri. Tapi seandainya tidak ada masalah, file yang disimpan di situs 4shared akan tetap aman-aman saja. Yang penting rutin login sebulan atau 3 bulan sekali.

4. Box

Belum begitu terpercaya ini situs untuk menyimpan file, karena banyak file-file aku yang sudah tidak bisa di download lagi, padahal file tersebut sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Mungkin file yang disimpan sudah dihapus oleh situs Box.

Tips Mengirim File Ukuran Besar

Tips untuk unggah file dan kirim file raksasa lewat email sebenarnya cukup sederhana. Pastikan kalian sudah punya akun email, baik di Gmail ataupun di Yahoo Mail. Dan punya alamat email tujuan (teman, saudara, tetangga, dll) yang akan dikirimi file raksasa tersebut.

  • Pastikan koneksi internet yang dipakai lancar, kencang dan stabil, agar proses unggah file di media penyimpanan online bisa cepat tanpa menunggu lama.
  • Pastikan kalian punya ke empat akun media penyimpanan online yang sudah disebutkan diatas. Kalau belum punya, silahkan daftar dulu, cukup satu akun saja.
  • Unggah file raksasa di situs web penyimpanan online. Lama waktu unggah bisa cepat bisa lambat, tergantung kecepatan koneksi internet kalian.
  • Proses unggah selesai, silahkan cari link download.
  • Buka Yahoo Mail atau Google Mail. Silahkan tulis alamat email penerima. Judul surat/email. Isi email. Isi email berisi link download file raksasa. Dan keterangan tambahan, jika diperlukan.
  • Langkah terakhir klik Kirim Email.

Cukup mudah bukan caranya untuk unggah dan kirim file ukuran raksasa? Karena sekarang jaman nya sudah canggih, sehingga transfer file dengan ukuran raksasa pun bisa dilakukan dengan mudah.

Demikian artikel mengenai cara mengirim file ukuran besar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.