Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghubungkan Printer ke Komputer

Daftar Isi [Tampil]

Cara Menghubungkan Printer ke Komputer - Alat cetak dokumen dari komputer yang sering disebut dengan printer termasuk sebuah peralatan elektronik di era modern ini barang elektronik tersebut memiliki fungsi yang amat penting.

Cara menghubungkan printer ke komputer

Sebuah printer sering digunakan oleh berbagai instansi atau perseorangan untuk mencetak dokumen mereka yang terdapat pada sebuah komputer. Karena begitu pentingnya barang ini, tidak jarang jika banyak orang maupun instansi menggunakannya.

Barang elektronik bernama print ini dapat berfungsi asalkan dihubungkan dengan komputer. Selain hal tersebut, perangkat print juga harus diatur sedemikian rupa agar dapat berfungsi. Oleh karena itu, maka perlu untuk mengetahui cara setting printer yang benar.

Cara Setting Printer Pada Komputer

Setting printer merupakan sebuah tahapan yang harus dilalui oleh pemakai barang elektronik tersebut agar dapat digunakan. Proses menyeting atau bisa juga disebut mengatur print ini dapat dilakukan secara mandiri. Maka dari itu diperlukan pemahaman baik tentang teknik menyetting printer.

Hal tersebut diperlukan agar tidak salah dalam melakukan setting peralatan cetak dokumen dari komputer ini. Memahami atau menguasai tentang cara menyetting sebuah print merupakan sebuah aktifitas pengaturan agar mesin cetak dokumen tersebut dapat dipergunakan. 

Dengan demikian, maka dapat dikatakan bila melakukan setting print ini wajib dilakukan.Hal ini diperlukan agar perangkat tersebut dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Oleh sebab itu memahami dan mengerti tentang cara setting printer mutlak untuk dikuasai.

Sebenarnya, melakukan setting ini terdapat dua metode. Metode pertama adalah menggunakan CD Driver dan tanpa CD Driver.

Kedua metode ini sama - sama mudah dilakukan, asalkan dikerjakan secara benar. Maka dari itu perlu memahami tentang cara setting print dari kedua metode tersebut. hal ini diperlukan agar alat print dapat bekerja seperti harapan kalian.

Saat melakukan penyettingan kesebuah komputer, maka terdapat berbagai tahapan - tahapan tertentu. Tahapan atau langkah tersebut harus dilakukan secara urut dan benar.

Jika terdapat satu saja tahapan yang terlewatkan, maka sebuah perangkat print tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya. Berikut terdapat tahapan setting yang benar pada sebuah komputer.

1. Menggunakan CD Driver

Teknik pertama digunakan untuk menginstal print yaitu menggunakan CD Driver. Cara ini cukup mudah karena tinggal memasukkan CD Driver kedalam CD Room pada komputer. Setelah itu, kalian tinggal mengikuti langkah-langkah yang terdapat di dalamnya untuk mensetting sebuah print ke komputer.

2. Tanpa Menggunakan CD Driver

Selain menggunakan CD Driver, ternyata terdapat cara lain untuk mensetting print pada sebuah komputer. Cara ini dapat dilakukan jika CD Driver bawaan hilang atau rusak. Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan.

  • Masuk lah pada menu control panel dan pilih devices and printer
  • Lakukanlah add printer pada menu tersebut. selanjutnya klik tulisan next pada layar komputer.
  • Setelah mengklik tulisan next, maka akan muncul pilihan untuk port printernya. Gunakanlah port yang telah direkomendasikan agar dapat melakukan setting paling bagus.
  • Langkah berikutnya, yang harus dilakukanya itu mengecek situs resmi dari printer yang akan disetting. Unduh lah aplikasi atau software tersebut. setelah diunduh, installah software tersebut pada komputer yang akan dihubungkan dengan perangkat.

Demikianlah beberapa cara setting printer yang benar pada sebuah komputer atau cara menghubungkan printer ke komputer. Dengan melakukan penyettingan yang benar, maka print akan dapat berfungsi maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.