Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Printer yang Bermasalah Terlengkap, Dijamin Ampuh!

Daftar Isi [Tampil]

Cara Memperbaiki Printer yang Bermasalah Terlengkap, Dijamin Ampuh! - Saat ini kecanggihan teknologi semakin memburu waktu, karena semua harus dikerjakan dengan cepat dan memberikan hasil yang rapi.

Cara memperbaiki printer

Kehadiran printer dalam kondisi seperti ini sangat dibutuhkan bukan hanya untuk sebuah instansi saja, tetapi juga organisasi, personal ataupun jasa. Hal itulah yang membuat kehadiran printer menjadi wajib dan harus ada. Menjadi barang penting dan sering dipergunakan, membuat printer tidak jauh dari masalah.

Bila terjadi sebuah masalah pada printer, jangan terburu-buru membawanya ke dokter printer alias tempat service printer. Alangkah baiknya kita mempelajari terlebih dahulu cara mudah memperbaiki printer di rumah. Untuk caranya akan aku bagikan di artikel ini, jadi simak sampai habis ya.

Cara Memperbaiki Printer yang Bermasalah

Setiap masalah yang dihadapi pasti memiliki penyelesaian masing-masing. Jadi bila printer kalian bermasalah, telusuri terlebih dahulu penyebab dari masalah printer tersebut. seperti beberapa masalah berikut ini.

Masalah Pertama

Masalah ini terjadi bila tulisan terputus-putus, dimana penyebab dan cara memperbaiki print ini bisa dikarenakan tinta yang mulai habis. Tapi bila tinta masih banyak, maka ada sedikit error pada permukaan lubang catridge dan cara penyelesaiannya sebagai berikut ini.

  • Klik file dan pilih print, lanjutkan dengan memilih properties lalu maintenance kemudian cleaning. Lakukan cara ini berulang kali hingga garis cetakan tidak terputus-putus.
  • Namun bila cara diatas tadi belum berhasil, kalian bisa melakukan deep cleaning dengan cara klik deep cleaning untuk memompa tinta keluar ke permukaan catridge.
  • Jika kedua cara memperbaiki print tersebut masih belum berhasil, kalian dapat membuka penutup print dan ambil catridge lalu rendam bagian bawah catridge dengan air panas. Tunggu beberapa menit saja lalu keringkan menggunakan tisu dan isi tinta dan pasang kembali catridge.

Masalah Kedua

Masalah selanjutnya adalah mengenai print yang tidak bisa mencetak. Pernah mengalami masalah ini? lakukan pemeriksaan kabel data print apakah telah terhubung dengan port pararel atau port USB dengan benar.

Cobalah menggunakan kabel data print lain sebagai percobaan dan memastikan kondisi kabel USB. Bila kabel USB tidak terjadi eror, maka bisa melakukan aplikasi teksi editor. Caranya cobalah merubah setting print menjadi default print dan coba lakukan pencetakan. Bila tidak berhasil, print perlu dibawa ke tukang servis.

Masalah Ketiga

Masalah selanjutnya ini cukup sering dihadapi, dimana print bisa beroperasi tapi tidak ada hasil cetakan pada kertas. Cara mengatasinya pertama lepaskan head dan catridge print. Pisahkan antara catridge dari head.

Ambil mangkuk yang telah diberi air panas, celupkan head kedalamnya. Goyangkan head tersebut hingga tinta yang ada didalamnya mencair. Keringkan head dan satukan kembali dengan catridge, pasang kembali dan cobalah untuk mencetak.

Masalah Keempat

Karakter yang dicetak aneh atau halaman cetakan tidak lengkap seringkali membuat pengguna printer merasa bingung. Ternyata masalah ini dapat diatasi dengan cara mengatasi printer error sebagai berikut ini.

  • Periksa sambungan print dengan PC atau laptop, apakah telah terpasang dengan benar.
  • Periksa kabel data yang digunakan.
  • Cobalah mengganti dengan kabel data lainnya sebagai uji coba.
  • Periksa drive yang digunakan untuk print.
  • Bila masih belum membuahkan hasil, lakukan update atau install ulang drive dengan versi terbaru.
  • Memeriksa apakah dokumen rusak atau tidak.
  • Periksa pengaturan halaman yang digunakan sudah benar atau belum.
  • Pastikan masih memiliki kapasitas hardisk yang cukup.

Bagi pemula, mengutak atik print sering ragu dilakukan karena bila salah malah bisa berakibat fatal. Tapi bila mengetahui kunci permasalahan, cara memperbaiki printer akan terasa mudah tanpa harus membawanya ke tukang servis.

Demikian artikel mengenai cara memperbaiki printer yang bermasalah dengan mudah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.