Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Lengkap Dengan Penyebabnya

Daftar Isi [Tampil]

Cara Memperbaiki Printer Canon IP2770 Lengkap Dengan Penyebabnya - Sekarang ini keberadaan printer menjadi kebutuhan wajib yang harus dimiliki oleh sebuah instansi, organisasi maupun bisnis rental. Teknologi yang semakin maju ini menuntut semua hal harus lebih cepat dan dilakukan dengan rapi.

Cara memperbaiki printer canon ip2770

Diantara banyaknya brand printer, merk Canon seri IP 2770 paling banyak diminati. Pasalnya print tersebut memiliki hasil print yang jelas, tajam tapi mempunyai harga yang terjangkau. Tapi bila dikerjakan untuk mencetak foto, hasilnya masih kurang baik dibandingkan merk sebelah.

Tak berbeda dengan merk lainnya, print Canon tidak terlepas dari masalah kondisi error. Adapun cara memperbaiki printer Canon IP2770 bergantung pada penyebabnya.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Masalah Printer Canon IP2770

Sebelum memperbaiki error pada print, kalian terlebih dahulu harus mengetahui kode blink pada print. Karena lampu blink orange yang berkedip-kedip ini merupakan tanda atau kode bahwa priter sedang bermasalah. Beberapa kode yang harus diketahui seperti berikut ini.

1. 3 kali blink orange dan 1 kali hijau

Bila kode ini yang diberikan, menandakan bahwa terdapat kotoran pada bagian dekat roller atau bisa juga karena mekanik yang rusak. Cara mengatasi printer Canon error tidak bisa dilakukan secara manual, harus dibawa ke tukang servis. Ataupun kalau bisa kalian dapat membongkar dan membersihkannya sendiri.

2. 4 kali blink orange 1 kali hijau

Jika printer Canon IP2770 memberikan kode seperti ini, tandanya wante ink pad Full. Hal yang perlu dilakukan hanyalah melakukan reset print dengan software atau manual.

3. 5 kali blink orange 1 kali hijau

Kode tersebut memberikan isyarat bahwa catridge hitam atau warna mengalami kerusakan. penyebab dan cara memperbaiki Canon IP2770 kalian dapat membersihkan catridge terlebih dahulu menggunakan tisu lalu keringkan. Tapi bila cara ini tidak dapat memperbaiki, ada baiknya kalian mengganti dengan catridge baru.

4. 7 kali blink orange 1 kali hijau

Kode ini hampir sama dengan kode sebelumnya, tapi disini menandakan bahwa catridge warna telah mati atau rusak. Jadi sudah tidak dapat dibersihkan lagi, jalan satu-satunya adalah dengan mengganti dengan catridge baru.

5. Berkedip 7 kali orange dan hijau secara bergantian

Penyebab masalah dan cara memperbaiki printer IP2770 adalah waste ink pad full atau ink absorber full. Tempat pembuangan tinta tidak dibersihkan atau penyerap tinta bagian bawah rusak. Caranya adalah dengan menggantinya dengan yang baru kemudian lakukan reset pada printer menggunakan software resetter.

6. Kode berkedip 8 kali orange dan 1 kali hijau

Dari kode ini memberikan arti bahwa ink tank dalam kondisi full atau penuh. Cara mengatasinya hanya perlu reset printer menggunakan cara manual atau resetter software.

7. 13 atau 16 kali berkedip orange dan 1 kali hijau

Bila kondisi ini terjadi, umumnya pada komputer pun akan muncul gambar catridge seperti terlepas pada monitor. Langkah untuk mengatasinya hanya perlu melakukan reset manual dengan menekan dan menahan tombol resume dan power kurang dari 10 detik. Lalu buka penutup printer dan pasang kembali catridge dengan benar.

8. Berkedip sebanyak 14 atau 15 kali orange dan 1 kali hijau

Kode ini memberikan petunjuk bahwa catridge hitam rusak atau chip catridge mati. Langkah yang perlu dilakukan adalah membersihkan catridge dengan tisu basah, keringkan dengan tisu kering. Bila belum berhasil, maka perlu mengganti dengan catridge baru.

Itulah beberapa kode printer Canon IP2770 sekaligus cara memperbaiki printer Canon IP2770 yang bermasalah. Dari sini dapat ditarik kesimpulan bahwa kode yang diberikan setiap print berbeda-beda. Selain itu, cara penyelesaiannya juga berbeda bergantung pada penyebab masalah tersebut, jadi tidak boleh sembarangan memperbaiki ya

Demikian artikel mengenai cara mengatasi masalah printer Canon IP2770. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.