Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Printer yang Benar

Daftar Isi [Tampil]

Cara Membersihkan Printer yang Benar - Printer adalah salah satu teknologi modern yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat modern. Produk ini biasanya digunakan untuk mencetak gambar atau tulisan.

Cara membersihkan printer

Pengguna dari perangkat modern ini adalah dari kalangan anak sekolah, mahasiswa hingga para pekerja kantoran. Di setiap percetakan juga biasanya sudah dilengkapi dengan print. Fungsi dari print memang sangatlah penting, sehingga semakin banyak model printer yang keluar hingga saat ini. 

Jika kalian salah satu pemilik dan penggunanya, maka kalian harus selalu melakukan perawatan yang tepat agar print kalian bisa tetap bekerja dengan baik dan juga lebih awet. Informasi tentang cara membersihkan printer ini akan sangat penting untuk kalian ketahui.

Hal pertama yang bisa kalian lakukan untuk cara membersihkan printer ialah dengan menghilangkan atau membersihkan debu-debu terlebih dahulu yang terlihat dari luar sebelum kalian membongkar printer. 

Nah, kalau ingin membersihkan debu yang ada, kalian dapat menggunakan kain yang halus lalu dikasih cairan pembersih dengan sprayer. Setelah di semprot sedikit maka debu yang diusap tidak akan terbang lagi untuk mengotori print kalian. 

Jika kalian akan menggunakan pembersih, pastikan jika keluarnya cairan tidaklah banyak agar print tidak basah dan rusak. Selanjutnya setelah, dibersihkan bagian luarnya maka bisa membongkar print dengan cara yang tepat.

Yang harus dibuka tidak harus ke bagian mesin dalam jika memang kiranya kalian tidak tahu cara membukanya. Kalian bisa membuka bagian penutupnya saja sehingga akan terlihat bagian cartridgenya. 

Cara membersihkan printer ini sangat mudah karena hampir pemilik print akan membuka printer untuk melihat kinerja cartridgenya. Selanjutnya kalian bisa bersihkan bagian dalam dengan tisu yang sudah ada sedikit cairan pembersih khusus print supaya bersihnya lebih maksimal. 

Jika kalian debu atau objek yang mengganggu kinerjanya bisa langsung di singkirkan. Setelah kalian melakukan cara tersebut, cara untuk membersihkan printer yang selanjutnya adalah membuat bersih bagian dalam print namun harus hati hati. 

Kalian harus menggunakan kain yang halus supaya tidak merusak bagian interior dari print. Selanjutnya, kalian bisa membersihkan printheadnya menggunakan opsi di computer. Caranya adalah membuka control panel lalu cari opsi clean printer. 

Setelah itu bagian printhead dapat dibersihkan secara otomatis. Bagian lain yang juga bisa dibersihkan adalah bagian roller. Untuk membersihkan bagian ini, kita bisa menggunakan kain tipis atau tisu untuk membersihkan rolernya dengan cara dipegang dus sisi dari tisu atau kain pembersihkan lalu gosok perlahan seperti kita ketika menggunakan handuk.

Dengan cara ini, kita bisa membersihkan roller dengan lebih maksimal. Kita sebaiknya jangan menggunakan semprortan saat akan membersihkan print. Semprotan digunakan justru bisa membasahi bagian printer sensitive dengan cairan. 

Akan lebih baik, apabila kita membasahi tisunya saja dari pada kita menyemprotkan cairan pembersih. Cara membersihkan printer juga harus didampingi kesadaran yang tinggi. Saat akan membersihkan print, kita harus memastikan jika printer tidak terhubung dengan aliran listrik.

Cara membersihkan printer yang telah dibahas di atas akan sangat baik untuk kita lakukan agar printer kita benar benar bersih dan juga dapat bekerja dengan baik. Print kotor akan menyebabkan printer cepat rusak dan tidak bisa memberikan hasil cetakan maksimal.

Oleh karena itu, jika kita ingin selalu menjaga print agar dapat bekerja dengan baik maka harus selalu merawatnya dengan cara membersihkan. Kita juga perlu untuk memeriksa apakah ada benda kecil bisa mengganggu kerja dari print. Potongan kertas atau tetesan tinta yang mengering bisa menyebabkan cartridge tidak bekerja dengan optimal.

Demikian artikel mengenai cara cleaning printer yang benar. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.