Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Alasan Memilih Jurusan IPA di Sekolah SMA

Daftar Isi [Tampil]

Alasan Memilih Jurusan IPA di Sekolah SMA – Masa masa paling indah, masa masa di sekolah. Tiada kisah paling indah, kisah kasih di sekolah. Lirik lagu ini memang mengena banget, terutama buat kalian yang sudah lulus sekolah.

Alasan memilih jurusan ipa di sma

Karena baru sadar ternyata masa sekolah adalah masa yang paling indah, tanpa beban, dan bahagia bisa berkumpul bersama teman saat suka maupun duka. Hehehe. Kita kembali ke topik bahasan. 

Jadi, dalam kesempatan kali ini aku akan berbagi informasi yang lumayan penting untuk kalian semua yang sedang lulus SMP dan akan sekolah SMA. Di sekolah SMA, biasanya ada 3 jurusan utama, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. 

Ada banyak faktor dan berbagai pertimbangan untuk memilih jurusan di SMA. Salah satunya prospek dan manfaat untuk masa depan. Siswa bebas memilih jurusan apa saja. 

Tapi aku memberikan rekomendasi untuk memilih jurusan IPA saat di SMA. Ada beberapa alasan logis yang melatarbelakangi pemilihan tersebut, diantaranya sebagai berikut.

Alasan Mengapa Memilih Jurusan IPA di Sekolah SMA

1. Dasar-dasar Matematika dan Sains

Di jurusan IPA SMA kalian akan belajar Matematika, Kimia, Fisika, Biologi, dll. Fokus utama memang ilmu hitung-hitungan dan sains ilmu alam. Ilmu-ilmu ini sangat penting sekali untuk membekali diri agar mengetahui dasar-dasar matematis. Toh, jika kalian pilih jurusan IPS juga akan menjumpai mapel matematika bukan? Jadi, kenapa nggak terjun langsung ke jurusan IPA saja.

2. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Baik di jurusan IPA ataupun IPS, ada mapel matematika yang diujikan dalam UNBK. Orang IPS biasanya akan sedikit mengalami kesulitan saat mengerjakan tes matematika. Tapi bagi siswa jurusan IPA, matematika dan kawan-kawan tidak begitu sulit baginya, karena sudah menjadi makanan pokok sehari-hari atau udah terbiasa gitu.

3. Mudah Mengerjakan Tes Masuk Perguruan Tinggi

Untuk bisa masuk ke perguruan tinggi, bagi yang melanjutkan studi kuliah, pasti akan menjumpai tes, misalnya tes SNMPTN, SBMPTN, tes sekolah kedinasan dll. Nah, disitu pasti ada ujian matematika. 

Bagi siswa yang berasal dari jurusan IPA, tidak akan mengalami kendala untuk mengatasi tes itu, tapi bagi siswa jurusan IPS, wah bisa pusing hehehe.

4. Gampang Saat Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

Selain mudah dalam hal mengerjakan tes masuk perguruan tinggi, peluang untuk bisa masuk ke perguruan tinggi atau kuliah juga cukup besar bagi siswa lulusan IPA SMA. Biasanya anak IPS akan memilih jurusan IPS di kampus (Sejarah, Ekonomi, Hukum, Geografi, dll). 

Jarang anak IPS milih jurusan kuliah IPA (Fisika, Biologi, Kimia, Matematika) kedokteran dan teknik. Padahal tes masuk ke perguruan tinggi pasti ada matematika. Ini peluang besar bagi anak IPA untuk bisa masuk ke jurusan sosial di kampus, karena kompetitor nya kebanyakan anak IPS.

5. Sering Diikutkan Lomba

Dalam hal berbagai lomba untuk mewakili sekolah misalnya seperti olimpiade, kebanyakan itu siswa-siswi yang ada di jurusan IPA. Meskipun masih ada siswa-siswi yang diikutkan lomba dari jurusan lain sih di SMA, tetapi lebih banyak siswa-siswi di jurusan IPA kayak menjadi prioritas gitu.

6. Tes Memperoleh Pekerjaan (CPNS)

Salah satu tes yang diujikan dalam rekrutmen CPNS adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) berbasis Computer Assisted Test (CAT). Didalam SKD adalah sub tes wawasan kebangsaan (TWK), ada tes Intelegensi Umum (TIU), dan ada tes karakteristik pribadi (TKB). Lagi-lagi disitu ada tes hitung-hitungan (matematika) yang harus dikerjakan oleh kalian agar bisa lolos dan jadi pegawai negeri.

Baca Juga: Alasan Mengapa Banyak Orang Mendaftar CPNS

7. Dikenal Siswa yang Pintar

Seperti kita tau, saat masuk jurusan IPA itu saat seleksi nilainya pada tinggi-tinggi atau diatas rata-rata lah. Maka dari itu lah jika bisa masuk jurusan IPA itu dapat dipastikan kalau siswa tersebut merupakan siswa yang pandai.

8. Mendapatkan Banyak Ilmu Untuk Kehidupan

Saat masuk jurusan IPA pasti diajarkan banyak mengenai ilmu alam dan pas dengan di kehidupan sehari-sehari. Nah, pastinya ilmu-ilmu tersebut bisa digunakan dalam kehidupan sehari-sehari kalian.

9. Lebih Berpikir Logis

Jika kalian memilih jurusan IPA di SMA pastinya akan ada pelajaran mengenai logika. Dengan diajarkan pelajaran tersebut di sekolah SMA pastinya bermanfaat sekali karena akan melatih kalian untuk berpikir secara logis.

10. Tumbuhnya Rasa Ingin Tau

Di jurusan IPA pasti akan lebih sering untuk melakukan eksperimen atau kegiatan praktek. Hal itulah yang membuat kalian dapat mengetahui mengenai hal-hal yang baru yang sebelumnya kalian tidak mengetahui. Tentunya setelah itu kalian mempunyai rasa ingin tahu tentang segala hal.

11. Lebih Mengenal Alam

Setelah diajarkan pelajaran mengenai alam di sekolah SMA, tentu saja ini bisa membuat kalian untuk lebih mengenal atau mengetahui tentang alam. Manfaatnya sendiri kalian bisa dapat lebih peduli atau menghargai sesuatu yang ada di alam.

12. Melatih Dalam Hal Berhitung

Saat kalian masuk di jurusan IPA, kalian akan mendapatkan banyak materi pelajaran tentang menghitung. Tentunya dengan seringnya mempelajari materi pelajaran tentang berhitung, kalian dapat lebih meningkatkan kemampuan kalian dalam hal berhitung.

Demikian artikel mengenai alasan kenapa memilih jurusan IPA di SMA. Sebenarnya masih banyak lagi alasan masuk jurusan IPA di SMA, tetapi di artikel ini hanya alasan-alasan tersebut saja yang aku ketik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.