Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Mengapa Banyak Orang Mendaftar CPNS

Daftar Isi [Tampil]

Alasan Mengapa Banyak Orang Mendaftar CPNS - Animo masyarakat Indonesia untuk melamar CPNS hingga kini masih cukup tinggi. Banyak sekali berbagai motivasi masyarakat ingin berusaha menjadi Pegawai Negeri Sipil karena alasan-alasan yang melatarbelakanginya.

Cpns

Salah satunya adalah faktor ekonomi masyarakat Indonesia yang dinilai masih pada tingkat menengah kebawah. Namun, secara garis besar, alasan logis dan realistis warga negara Indonesia melamar CPNS adalah sebagai berikut.

6 Alasan Kenapa Banyak Orang Mendaftar CPNS

1. Keinginan Orang Tua

Tidak dapat dipungkiri bahwa orang tua cukup berperan penting dalam penerimaan CPNS. Tidak sedikit para pelamar yang daftar apply ikut CPNS karena disuruh kedua orang tuanya. Karena orang tua ingin melihat anaknya jadi pegawai dengan pekerjaan mapan, sehingga menjadi PNS adalah pilihan yang tepat.

2. Ingin Memanfaatkan Ilmu di Bangku Kuliah

Tepat sekali bahwa dalam rekrutmen CPNS harus sesuai antara formasi yang dibutuhkan dengan kualifikasi pendidikan pelamar. Sehingga ilmu yang sudah dipelajari di bangku kuliah selama bertahun-tahun bisa digunakan dalam bidang pekerjaan yang sesuai di Instansi Pemerintahan.

3. Gaji Tetap dan Tunjangan Besar

Ada gaji tetap bagi Pegawai Negeri setiap bulannya, plus ditambah dengan tunjangan yang tidak sedikit. Apalagi sekarang ada tunjangan sertifikasi bagi Guru dan Dosen serta ada tunjangan kinerja yang jumlahnya fantastis.

Belum lagi kalau sudah punya jabatan eslon, pasti akan memperoleh tunjangan jabatan. Dan hal paling menarik adalah SK pengangkatan PNS ini ternyata bisa dipakai untuk ambil rumah, mobil, sepeda motor dan lainnya.

4. Jenjang Karir yang Jelas

Semua tugas dan tanggung jawab PNS diatur oleh undang-undang. Tak terkecuali dengan jenjang karir PNS. Jenjang karir PNS biasanya dimulai dari yang paling rendah sebagai staff, dan jika kinerja nya bagus dan berprestasi akan naik ke jenjang yang lebih tinggi. 

Misalnya kalian jadi Guru PNS, kalau kinerja bagus akan naik ke wakil kepala sekolah, kepala sekolah, pengawas sekolah, kepala sub/bagian dinas, dan kepala dinas.

5. Dana Pensiun Atau Tunjangan Hari Tua

Sebagai bentuk tanda terimakasih dari Pemerintah atas pengabdian para pegawai PNS, maka kalian yang sudah pensiun akan diberikan tunjangan hari tua bagi PNS yang sudah memasuki purna tugas. Usia 60 tahun ketika pegawai sudah pensiun dan tidak bekerja lagi, mereka akan tetap mendapatkan gaji setiap bulan dari pemerintah.

6. Jarang PNS Dipecat

Sangat jarang ada berita mengenai pemecatan atau pemberhentian PNS, karena memang untuk memecat PNS tidak mudah. Ada mekanisme dalam memberikan sanksi terhadap PNS yang melanggar aturan. Mulai dari yang ringan seperti peringatan, teguran, mutasi, penundaan kenaikan pangkat, turun jabatan, dan sanksi berat berupa pemecatan. 

Hal ini tentu berbeda ketika kalian bekerja di instansi swasta/perusahaan/yayasan, jika instansi bangkrut saja, maka sudah panik karena biasanya ada pemecatan massal.

Demikian artikel mengenai Alasan Mengapa Banyak Orang Ingin Menjadi PNS. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.