Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

77 Istilah-Istilah dalam Crypto, Investor Pemula Wajib Tahu

Daftar Isi [Tampil]

Istilah dalam Crypto - Berjumpa lagi di blog Septiyan Media dan di artikel kali ini aku akan membahas mengenai cryptocurrency. Jika sebelumnya aku menulis review tentang aplikasi crypto kini aku akan menulis artikel tentang istilah di kripto.

Bagi setiap trader pemula, mungkin akan kebingungan saat menggunakan platform trading yang tersedia. Mungkin saat membaca berita untuk analisis fundamental atau ketika bergabung dengan sesama trader crypto, banyak sekali istilah-istilah di kripto yang sangat unik dan tentunya membingungkan bagi para pemula yang baru mencoba untuk membeli mata uang crypto.

Istilah dalam crypto

Walaupun begitu sebenarnya mata uang crypto atau aset digital cryptocurrency sudah beredar dengan waktu yang cukup lama di seluruh dunia. Salah satu mata uang crypto yang terkenal dalam perdagangan sebut saja Bitcoin, Ethereum, Litecoin, Dogecoin dan masih banyak lagi.

Sejak tahun kemarin, cryptocurrency mengalami kenaikan yang signifikan transaksinya dan peminatnya semakin menanjak seiring Elon Musk melakukan cuitan di Twitter mengenai aset Dogecoinnya. Elon Musk juga melakukan pom-pom yang sama terhadap harga Bitcoin yang akhirnya mampu meroket harganya.

Berbicara mengenai aset cryptocurrency dan juga pom-pom, apakah arti dari istilah yang dimaksud tersebut? Nah dibawah ini aku akan menjelaskan mengenai beberapa istilah-istilah yang ada di market cryptocurrency. Ini dia penjelasannya.

Istilah Umum Cryptocurrency yang Wajib Diketahui Trader Pemula

Alasan mengapa pemula wajib tahu mengenai istilah cryptocurrency adalah agar tidak terjadi salah paham yang mengakibatkan kesalahan dalam transaksi atau memahami materi saat analisis maupun belajar. Tentunya kesalahan itu dapat muncul, jika kamu tidak paham akan istilah yang ada. Maka dari itu silahkan dipahami di bawah ini.

1. Cryptography disebut tindakan untuk membuat dan menganalisis sebuah kode mata uang crypto yang ada. Tindakan ini digunakan untuk mengamankan cryptocurrency agar tetap aman.

2. Blockchain merupakan sebuah teknologi yang menjadi dasar keamanan sistem transaksi cryptocurrency.

3. Decentralised disebut dalam cryptocurrency yang mempunyai arti bahwa jaringan dibagi menjadi beberapa serangkaian pengguna tidak terpusat satu saja.

4. Centralised adalah kebalikan dari decentralised yang berarti bahwa jaringan dalam cryptocurrency terpusat hanya satu titik saja. Banyak sekali investor maupun trader yang tidak suka akan hal ini karena rentan terhadap serangan kejahatan.

5. Mining merupakan aktivitas atau kegiatan menambang koin yang tersedia di faucet.

6. Faucet yaitu tempat yang menyediakan para miner koin crypto di internet.

7. Miner adalah seseorang yang melakukan menambang koin crypto di tempat yang tersedia.

8. Bearish Market adalah kondisi dimana market atau pasar sedang jatuh atau mengalami penurunan harga. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal.

9. Bullish Market adalah kondisi dimana market atau pasar sedang mengalami kenaikan harga. Kondisi ini banyak sekali memberikan dampak baik bagi para investor maupun trader untuk take profit.

10. Take Profit adalah kegiatan untuk mengambil keuntungan atas kenaikan harga koin crypto.

11. Stop Loss adalah tindakan untuk menghentikan kerugian dengan menutup posisi yang ada dengan kondisi harga tertentu.

12. Buy adalah tindakan untuk membeli koin crypto.

13. Sell adalah tindakan untuk menjual koin crypto.

14. Bid adalah nilai jual mata uang crypto.

15. Ask adalah nilai beli mata uang crypto.

16. Withdraw (WD) yaitu kegiatan penarikan tabungan yang ada di akun kamu untuk ditarik ke dalam rekening bank.

17. Deposit (Depo) adalah kegiatan melakukan penambahan saldo atau dana dari rekening bank ke dalam akun.

18. Low adalah batas bawah mata uang crypto.

19. High adalah batas atas mata uang crypto.

20. Volume (Vol) adalah jumlah total aset yang dijual dalam market.

21. Chart disebut sebagai grafik yang menampilkan kenaikan atau penurunan koin crypto.

22. Wallet atau disebut sebagai tempat menyimpan aset koin crypto agar tetap aman. Virtual dompet ini merupakan istilah yang paling umum diketahui oleh para investor maupun trader crypto.

23. Limit Order adalah pesanan koin crypto yang disesuaikan dengan harga yang sudah ditentukan diawal dan akan dieksekusi oleh market jika harga target tercapai atau menyentuh harga yang ditentukan sebagai batas order.

24. Circulating Supply adalah kalkulasi dari jumlah harga koin crypto yang telah dikalikan dengan persediaan koin yang ada atau beredar.

25. Market Capitalization adalah kapitalisasi pasar dari koin crypto dalam market.

26. Initial Coin Offering (ICO) merupakan penawaran koin awal sebelum masuk ke dalam market.

27. Public Key adalah kunci yang hanya diketahui bagi yang ingin bertransaksi atau mengirim koin crypto satu sama lain.

28. Private Key adalah kunci untuk mengakses wallet atau virtual dompet yang kamu miliki. Kunci ini hanya kamu saja yang mengetahui, maka jangan bagikan kepada siapa pun agar aset crypto yang kamu miliki tetap aman.

29. Low Cap merupakan ICO yang akan mengumpulkan sebuah dana kurang dari $20 million.

30. High Cap adalah ICO yang akan mengumpulkan sebuah dana lebih dari $25 million.

31. Borrowing Rate merupakan posisi rata-rata, diposisi ini kamu akan meminjam koin crypto pada tingkatan yang telah ditentukan sebelumnya. Nilai ini akan terus bertambah guna mencerminkan profit atau loss dari keseluruhan posisi yang ada.

32. Lending Rate adalah bursa yang menyediakan rekening pinjaman, kamu dapat menyetorkan koin crypto kamu ke rekening pinjaman untuk ditujukan kepada orang lain yang membutuhkan pinjaman. Lending rate dapat disebut dengan pemberian pinjaman atau modal crypto terhadap orang lain.

33. Exchange merupakan tempat yang biasa digunakan trader untuk untuk melakukan kegiatan jual beli cryptocurrency.

34. Trading ialah kegiatan melakukan transaksi penjualan atau pembelian tapi menggunakan aset kripto.

35. Trader adalah orang yang melakukan kegiatan transaksi jual beli menggunakan aset crypto atau trading.

36. Altcoin ialah koin alternatif selain Bitcoin dan harganya pun terbilang lebih murah.

37. Fee adalah jumlah biaya ntah itu saatpenarikan, pengiriman, ataupun lainnya.

38. Staking merupakan kegiatan yang biasa dilakukan oleh trader untuk mendapatkan pasif income dari aset kripto yang telah mereka beli yaitu dengan cara mengunci aset kripto yang telah dimiliki ke sebuah exchange yang sudah dilengkapi fitur tersebut.

39. Koin Micin adalah sebutan buat koin kripto yang harganya terbilang masih murah banget cocok untuk kalian yang mau mendapatkan keuntungan lebih banyak. Tapi perlu diingat banyak koin micin yang mempunyai fundamental tidak terlalu oke.

40. Address merupakan alamat kripto yang berisi karakter tulisan atau angka yang bisa digunakan untuk menyimpan, mengirim, atau menerima aset kripto. Oh iya, setiap alamat dari setiap pengguna berbeda-beda ya tidak sama.

41. NFT ialah singkatan dari Non-fungible Token atau karya aset digital yang bisa diperjual belikan dengan teknologi blockchain.

42. Listing adalah exchange telah mempercayakan sebuat aset kripto, sehingga mendaftarkan atau menambahkan aset kripto di platform exchange tersebut untuk dapat diperjual belikan.

43. Delisting adalah melakukan penghapusan aset kripto yang sudah terdaftar di exchange, untuk penyebabnya sih biasanya terjadi karena banyak faktor.

44. Metaverse merupakan dunia virtual yang telah didesain menyerupai sama seperti yang terdapat di dunia nyata, mulai dari sebuah bangunan, tanah, dan juga avatar yang dapat diperjual belikan menggunakan kripto.

45. Fiat ialah sebuah mata uang yang telah diterbitkan oleh suatu negara dan legal contohnya seperti dolar Amerika Serikat dan Rupiah.

Istilah dalam Chat Room Trading Crypto yang Wajib Diketahui Trader Pemula

Inilah beberapa istilah-istilah kripto yang sering kita baca ntah itu di chat room ataupun di grup komunitas kripto. Apa sajakah istilahnya? langsung saja simak yang ada dibawah ini.

1. HODL adalah Hold on for dear life yang mempunyai arti tetap pertahankan koin yang kamu miliki.

2. FOMO adalah Fear Of Missing Out atau bisa disebut panikers yang mempunyai arti mengenai rasa takut ketinggalan terhadap sesuatu yang terupdate biasanya sih ujung-ujungnya rugi karena nyangkut.

3. Pump adalah membeli koin crypto agar harganya berangsur-angsur naik.

4. Pom-pom adalah kegiatan mendorong banyak orang untuk membeli aset crypto tertentu dengan maksud agar harga mampu naik secara tajam.

5. Dump adalah menjual koin crypto setelah harga mengalami kenaikan.

6. Pump and Dump merupakan kegiatan atau perilaku manipulasi terhadap banyak orang. Biasanya orang yang melakukan tindakan ini mempunyai aset crypto sangat besar dalam jumlah yang sangat banyak, sehingga sekali saja bertindak akan dapat mempengaruhi harga. Seseorang yang melakukan pump and dump biasanya disebut dengan bandar.

7. Bandar adalah orang yang memiliki aset begitu banyak sehingga mampu menggerakan harga koin crypto tertentu yang ia miliki bisa juga disebut dengan whale atau paus.

8. To The Moon adalah kondisi dimana harga koin crypto mengalami kenaikan cukup pesat dalam waktu singkat. Orang-orang akan mengatakan To The Moon jika koin tertentu mampu naik secara terus menerus sehingga banyak investor atau trader yang mampu mendapat profit cukup banyak.

9. Cut Loss (CL) ialah menjual aset kripto yang dimiliki dengan harga yang lebih murah atau rendah dari harga saat kalian beli, biasanya sih hal ini dilakukan agar tidak mengalami kerugian yang jauh lebih banyak.

10. Cukong adalah Trader atau orang yang mempunyai modal besar untuk melakukan aktivitas trading.

11. Newbie merupakan sebutan buat trader baru.

12. Sor ialah nilai dari kripto saat harganya turun ya bisa dibilang itu longsor.

13. Scam merupakan penipuan.

14. Sideaway artinya kondisi disaat harga nilai dari kripto masih sama tidak ada tanda-tanda kenaikan dalam waktu yang terbilang lama.

15. Profit atau cuan ialah ketika sudah mendapatkan untung dari koin yang dimiliki ya bisa disebut harganya lebih tinggi dari ketika saat membeli.

16. Nyangkut adalah kondisi dimana saat kalian membeli aset kripto dan harganya malah turun, misalnya saat diliatin harganya naik ehh ketika dibeli itu turun nah itu namanya nyangkut.

17. Scalping merupakan gaya trading yang bisa dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan dari aset kripto dalam waktu singkat. Misalkan gini kalian beli saat harganya turun dikit nah setelah harganya mengalami kenaikan langsung deh kalian jual.

18. FUD adalah singkatan dari Fear Uncertainty and Doubt. Bisa dibilang ini menjadi strategi agar harga aset kripto turun dan akhirnya dapat membeli dengan harga yang lebih murah.

19. Fudder adalah sebutan bagi orang atau kelompok yang sering menyebarkan tentang berita buruk soal kripto.

20. Serok atau Buy The Dip ialah membeli aset kripto saat harganya sedang mengalami penurunan dengan harapan akan mendapatkan untung saat harga dari aset kripto yang telah dibeli tersebut naik.

21. Koreksi adalah ketika harga suatu aset kripto mengalami penurunan harga sebelum nantinya akan kembali naik harganya, setelah mampu mencapai harga tertinggi.

22. ATH merupakan singkatan dari All Time High yaitu dimana kondisi harga dari suatu aset kripto mencapai harga puncak tertinggi baru dari sebelumnya yang telah dicapai.

23. ATL adalah sebutan singkatan dari All Time Low artinya harga terendah dari suatu aset kripto sepanjang masa.

24. Hodler adalah sebutan orang yang menahan aset kripto yang dimiliki dan akan dijual jika harga yang telah ditargetkan telah tercapai.

25. Rekt adalah sebutan bagi orang atau trader yang mengalami kerugian karena telah keliru atau salah saat mengambil keputusan.

26. DYOR ialah singkatan dari Do You Own Research yaitu sebelum membeli suatu aset kripto lebih baik untuk mencari informasinya atau melakukan riset terlebih dahulu.

27. Shill atau Shilling merupakan kegiatan untuk mempromosikan sebuah aset kripto dengan tujuan agar menarik minat orang-orang untuk membeli, sehingga akan meningkatkan harganya.

28. Airdrop adalah aset kripto ntah itu token ataupun koin yang diberikan atau dibagikan secara gratis.

29. When Lambo merupakan kata-kata orang yang menanyakan kapan harga aset crypto yang telah dibeli akan mengalami kenaikan drastis agar mereka dapat membeli mobil Lamborghini.

30. Rug Pull adalah ketika sebuah aset kripto nilai atau harganya turun menjadi nol alias ditinggalkan developer dan membawa kabur uang dari para investor bisa disebut juga dengan penipuan.

31. Diamond Hand adalah sebutan buat orang yang tetap kuat pendiriannya dan tidak mudah dipengaruhi oleh orang lain dalam menyimpan aset kripto untuk menjual aset kripto yang sudah dibeli atau dimiliki.

32. Paper Hand adalah sebutan buat orang yang mudah banget dipengaruhi oleh orang lain untuk menjual aset kripto yang sudah dibeli atau dimilikinya.

Demikian artikel mengenai istilah dalam kripto. Semoga kalian bisa menjadi tau tentang istilah-istilah dari dunia cryptocurrency yang wajib diketahui dan dipahami oleh para pemula. Sembari belajar melakukan transaksi, wajib hukumnya dengan membaca istilah-istilah dalam cryptocurrency diatas agar tidak terjadi salah paham yang mengakibatkan kerugian. 

Semoga aset crypto yang kalian miliki akan dapat untung dan juga semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua, serta aku minta maaf jika istilah di kripto yang terdapat di artikel ini masih kurang lengkap.