Cara Mengatasi Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti

Saat ini banyak banget orang yang menggunakan Smartphone Android miliknya untuk berbagai banyak hal seperti untuk foto, video, mendengarkan musik, bermain game, browsing, dll. Nah pasti kamu pernah mengalami saat membuka salah satu aplikasi ehh tiba-tiba malah muncul tulisan sayangnya, aplikasi telah berhenti atau jika menggunakan bahasa Inggris tulisannya unfortunately app has stopped. 

Sayangnya aplikasi telah berhenti

Bukan hanya itu saja kadang akan muncul tulisan seperti sayangnya pengaturan telah berhenti, sayangnya proses com.android.phone telah berhenti, not responding, sayangnya proses com.android.systemui telah berhenti, dan lainnya. Tentu saja hal ini akan membuat kamu kesal dan terus mencoba membuka aplikasi tersebut tapi tetep saja tidak bisa.

Tenang saja kawan jika kamu mengalami masalah ini pas banget kamu buka artikel ini soalnya aku akan menulis artikel tentang penyebab masalah sayangnya aplikasi telah berhenti dan cara mengatasi sayangnya, aplikasi telah berhenti di Android. Tanpa basa-basi dan berlama-lama langsung saja yuk liat penjelasannya yang ada di bawah ini.

Penyebab Masalah Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti


1. Aplikasi Tersebut Tidak Kompatibel Dengan Android Kamu

Penyebab pertama karena aplikasi yang kamu buka tersebut tidak cocok atau kompatibel dengan Android yang kamu gunakan. Misalnya gini aplikasi tersebut bisa digunakan atau dijalankan di versi Android minimal Lolipop (5.0) lalu kamu instal di Android kamu yang masih versi Kitkat (4.4) atau kebawah ya pasti tidak bisa dibuka lah, sehingga akan mengakibatkan aplikasi error dan tidak aplikasi tersebut tidak bisa dibuka.

2. Memori RAM Telah Penuh

Memori RAM terbilang penting banget di Android makanya jika Smartphone kamu RAM nya kecil tidak disarankan untuk menginstal aplikasi atau game yang berat nanti aplikasi tersebut akan force close. 

3. File Cache Pada Aplikasi Telah Banyak

File cache di Android merupakan file untuk menyimpan data aplikasi sementara yang ada di Android kamu. Namun kamu harus rajin menghapusnya jika tidak nanti file cache tersebut akan menumpuk dampaknya terasa banget seperti aplikasi yang dijalankan menutup secara tiba-tiba atau bisa juga membuat aplikasi menjadi lemot.

4. Menggunakan Aplikasi Versi Lama

Penyebab munculnya pesan sayangnya aplikasi ini telah berhenti bisa juga karena aplikasi tersebut masih versi lama banget kamu jarang mengupdate aplikasi tersebut ke versi baru makanya aplikasi yang kamu instal tersebut tidak bisa digunakan.

5. Data Aplikasi Rusak

Penyebab lainnya bisa jadi karena data aplikasi yang kamu instal tersebut rusak makannya aplikasi tersebut tidak bisa dibuka. Soalnya dari pengalamanku sendiri pernah menghapus file tertentu di aplikasi ehh malah rusak jadinya tidak bisa dibuka dan bisa juga karena kamu memodifikasi data aplikasi tersebut, serta masih banyak lagi faktor yang menyebabkan data aplikasi rusak atau data aplikasi corrupt.

6. Koneksi Internet Tidak Stabil

Penyebab terakhir menurutku karena koneksi internet tidak stabil ntah ini buat Smartphone ku yang mengalami ini atau kalian juga pernah mengalaminya. Soalnya pas aku main game online dan koneksi internet ku saat itu lemot ehh malah aplikasi berhenti tiba-tiba dengan sendirinya akhirnya keluar.

Cara Mengatasi Masalah Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti


1. Hapus Cache Aplikasi

Di Smartphone Android terdapat file cache fungsinya untuk menyimpan sebuah data sementara yang ada di Aplikasi. Namun jika file cache ini kamu biarkan akan menumpuk dan menyebabkan Smartphone Android lemot, sehingga membuat aplikasi yang kamu jalankan menjadi force close juga akan muncul notifikasi error.

Makanya kamu harus rajin membersihkan file cache ini untuk cara membersihkan file cache adalah sebagai berikut:

  • Masuk terlebih dahulu ke pengaturan.
  • Cari dan klik tulisan manajemen aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin kamu hapus file cache nya.
  • Nanti akan muncul tulisan yang hapus cache atau clear cache dan tinggal klik saja.
Kalau gak pengen ribet atau ingin lebih mudah kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih cache otomatis yang ada di Androidmu jika ada kalau tidak ya kamu bisa instal sendiri kok di Google Play Store.

2. Hapus Data Aplikasi

Selain hapus cache, kamu bisa kok mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti dengan cara hapus data aplikasi. Nah untuk caranya seperti cara hapus cache ya cuman bedanya klik yang hapus data atau clear data. Namun jika kamu menggunakan cara yang kedua ini aplikasi yang kamu hapus datanya tersebut akan kembali seperti awal lagi soalnya data-data di aplikasi tersebut sudah dihapus.

3. Menghentikan Aplikasi Yang Berjalan

Kalau RAM Android kamu kecil sebaiknya jangan membuka aplikasi secara bersamaan karena akan menyebabkan memori RAM Android penuh. Saranku buka salah satu aplikasi saja dan hentikan aplikasi yang sedang berjalan di background dengan cara masuk ke pengaturan klik manajemen aplikasi pilih yang berjalan klik aplikasi lalu klik stop berhenti atau paksa berhenti dan bisa klik tombol Android kamu yang paling kiri letaknya di bawah sebelah tombol home dan klik tanda X.

4. Restart Android Kamu

Cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti dengan mudah adalah restart Smartphone Android kamu. Untuk caranya tinggal matikan Smartphone Android kamu tunggu sebentar dan hidupkan lagi Android kamu.

5. Upgrade Sistem Operasi

Cara selanjutnya kamu bisa update atau upgrade OS Android ke versi yang terbaru soalnya ini juga menjadi salah satu penyebab aplikasi Android tidak bisa dibuka. Alasannya karena tidak kompatibel dengan Android kamu untuk penjelasannya udah aku jelasin di atas ya. 

6. Update Aplikasi

Jika kamu jarang banget update aplikasi kamu dan masih menggunakan aplikasi versi lama pastinya lama-kelamaan aplikasi tersebut kurang lancar itu yang sering kerasa. Makanya update aplikasi ke versi yang terbaru itu sangat penting banget dan dengan update aplikasi ke versi terbaru juga memperbaiki bug yang ada di aplikasi versi sebelumnya, sehingga akan membuat aplikasi menjadi lebih stabil. 

Bukan hanya memperbaiki bug saja, update aplikasi ke versi terbaru juga akan mendapatkan tambahan fitur terbaru yang ada di aplikasi tersebut dan tidak ada di versi sebelumnya. Untuk keterangannya ada kok di apa yang baru. Saranku kamu rajin update ya aplikasi mu di Google Play Store.

7. Instal Ulang Aplikasi

Kamu bisa kok menginstal ulang aplikasi tersebut, jadi gini kamu hapus terlebih dahulu aplikasi tersebut dan instal kembali. Aku juga pernah mengalami aplikasi sering keluar sendiri namun setelah menginstal ulang aplikasi tersebut bisa berjalan lancar sampai sekarang.

8. Melakukan Factory Reset

Jika kamu sudah melakukan semua cara diatas dan tetep saja gak bisa kamu bisa menggunakan cara terakhir ini yaitu melakukan factory reset. Perlu kamu ketahui jika melakukan cara ini Smartphone kamu akan kembali ke awal lagi sama seperti saat awal menggunakan Smartphone Androidmu masih kosong tidak ada file dan aplikasi hanya bawaan saja. Jadi untuk cara yang terakhir ini menurutku tidak rekomendasi, tetapi jika kamu ingin menggunakan cara ini ya silahkan.

Demikian artikel mengenai penyebab aplikasi tiba-tiba berhenti dan cara mengatasi sayangnya, aplikasi telah berhenti di Android. Semoga cara yang aku bagikan di artikel ini bisa bermanfaat bagi kalian semua dan bisa membantu kalian dalam mengatasi aplikasi force close atau aplikasi keluar sendiri dan App has stopped notifikasi yang muncul di kotak, serta tulisan notifikasi error lainnya. Silahkan membaca artikel menarik lainnya yang ada di blog Septiyan Media.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel