Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10

Daftar Isi [Tampil]

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10 - Uninstall program komputer baik itu di personal computer atau laptop ternyata masih banyak yang belum mengetahuinya, meskipun sudah sampai bertahun-tahun menggunakan perangkat komputer atau laptop.

Cara ini saya buat untuk panduan bagi anda yang belum mengetahui dan ingin mengetahui cara melakukan uninstall program komputer windows 10. Sebenarnya cara uninstall aplikasi di windows 7, 8 dan windows 10 tidak jauh berbeda langkahnya, yang dibutuhkan hanya penyeseuaian saja.

Apa Itu Uninstall Software?

Cara uninstall aplikasi di laptop windows 10

Kebalikan dari install software komputer uninstall software komputer merupakan kegiatan melepas, mencopot program atau software komputer baik itu di personal computer atau laptop karena alasan tertentu.

Sesuai pengalaman pribadi uninstall komputer bisa juga digunakan sebagai salah satu cara mengatasi komputer lelet.

Cara Uninstall Program Komputer

Cara menghapus software komputer di windows 10 itu mudah sekali dan hanya beberapa langkah saja, yaitu:

  • Masuk control panel.
  • Klik Program and feature.
  • Pilih program yang akan di uninstall.
  • Dan klik uninstall program.

Cara Menghapus Program di Laptop Sampai Bersih

Cara ini hanya sedikit sekali yang mengetahui, apalagi untuk pengguna komputer pemula. Saat melakukan uninstall program komputer, ternyata ada beberapa file yang belum hilang sampai bersih. 

Artinya bekas installasi program komputer masih tetap ada di drive system meskipun sudah melakukan uninstall program. Lantas bagaimana cara membersihkannya? Berikut langkahnya;

  • Pertama, Klik tombol windows + R (Run) di keyboard.
  • Kedua, ketikan perintah regedit, kemudian tekan ENTER.
  • Ketiga, Pilih Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE kemudian Software dan cari program yang sudah di uninstall dilanjut klik kanan pilih delete.

Cara ini sangat efektif untuk menghapus program komputer sampai bersih dan tidak ada file sisa installasi program yang sudah dihapus.

Cara Menghapus Sisa Uninstall Program Pakai Software

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa file program komputer yang sudah dihapus di windows 10 bisa juga menggunakan software. Program pembersih sisa penghapusan program komputer yang bisa dipakai adalah ccleaner.

  • Pertama, unduh dulu ccleaner
  • Kedua, setelah itu install seperti biasa setelah selesai jalankan program ccleaner
  • Ketiga, Lakukan penyettingan dengan cara ceklis sesuai kebutuhan dan lakukan analize untuk menganalisa dan Run Cleaner untuk proses pembersihan sisa file program yang sudah di uninstall.

Penutup

Saat melakukan uninstall program komputer sebenarnya belum semua file program terhapus semua. cara diatas sering saya pakai untuk membersihkan sisa file yang sudah tidak terpakai di drive C. Semoga bermanfaat