Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Uninstall IDM di PC / Laptop

Daftar Isi [Tampil]

Cara Uninstall IDM di PC / Laptop - Buat anda yang suka nonton dan download movie pasti tidak sudah sangat paham yang namanya internet download manager (IDM) soalnya aplikasi downloader ini banyak dipakai untuk mendownload file yang berukuran besar.

Selain mampu mempercepat proses download, IDM juga terkenal stabil dan jarang terjadi corrup saat melakukan proses download file ukuran besar dan enaknya lagi proses download bisa di pause dan resume kembali tanpa harus memulai dari awal lagi.

Untuk bisa memakai IDM di laptop atau PC baik itu di windows 7, 8 dan 10 rekomendasi memakai IDM versi premium dengan budget harga 24,95 US$ untuk versi lifetime licence.

Namun bagi yang sudah memiliki IDM atau sudah ada yang lain, namun karena alasan tertentu ingin menghapus IDM sampai 100% bersih bisa, saya akan share triknya uninstall IDM.

Cara Uninstall IDM

Cara uninstall idm

Faktanya saat melakukan uninstall IDM jika hanya dilakukan dengan cara uninstall biasa tidak hilang sampai ke registrinya. Jika tidak bisa melakukannya sendiri bisa meminta bantuan ke teman yang paham tentang komputer, jika jaraknya jauh bisa menggunakan aplikasi remote desktop.

Jangan Khawatir, nanti akan saya bahas juga.

Cara Uninstall IDM Standart

Cara ini seperti halnya uninstal software computer pada umumnya yaitu melalui control panel. Caranya itu mudah sekali ikuti saja langkah dibawah ini:

  • Pertama, Exit IDM yang ada di taskbar
  • Kedua, masuk ke control panel windows 10, tentunya jika menggunakan windows 10.
  • Ketiga, Klik uninstall pada menu Program
  • Keempat, Cari Program Internet Download Manager, kemudian pilih uninstall
  • Kelima, Pilih full
  • Keenam, Klik Next dan ikuti perintahnya sampai selesai.
Setelah melakukan uninstall idm biasanya komputer meminta restart, klik No aja, nanti restart setelah menghapus registrinya.

Cara Uninstall Melalui Tombol Start Windows

Selain melalui control panel, melakukan uninstall software di laptop dan komputer juga bisa melalui tombol start windows.

Biasanya, di menu tombol start selain terdapat shortcut untuk membuka program juga terdapat shortcut untuk melakukan uninstall. Langkahnya sebagai berikut:

  • Klik start pada icon windows di sebelah kiri bawah, kemudian cari folder program Internet download manager kemudian klik uninstall IDM.
  • Jika muncul notifikasi pilih yes
  • Setelah itu pilih full kemudian pilih next, tunggu proses uninstall selesai sampai ada notifikasi bahwa internet download manager berhasil di uninstall.

Setelah proses uninstall selesai, maka langkah selanjutnya tinggal membersihkan file yang masuk ke system.

Cara Membersihkan IDM Pada Registry Editor

Sebagaimana yang sudah saya singgung diatas, jika hanya melakukan uninstall biasa, ada sisa IDM yang tersimpan di registry system komputer/laptop dan harus dibersihkan.

Caranya juga gak terlalu sulit ko, bisa gunakan 2 cara berikut cukup pilih salah satunya, namun jika keduanya dikombinasikan akan lebih mantap. Langsung saja berikut caranya.

  • Pertama, Masuk ke Run kemudian ketikan regedit, kemudian tekan enter
  • Setelah itu masuk HKEY-CURRENT_USER/SOFTWARE….. dan hapus folder download manager
  • Coba buka juga HKEY_LOCAL_MACHINE > SOFTWARE > IDM. Lakukan hal yang sama hapus foldernya jika ada.

Cara diatas digunakan untuk menghapus registri download manager yang ada di system komputer laptop.

Supaya lebih meyakinkan lagi gunakan juga aplikasi cleaner sperti cccleaner jika belum memiliki, unduh aja dulu. Jika sudah memiliki aplikasi langsung aja install saja.

Setelah terisntall dengan sempurna, baru kemudian jalankan software ccleaner, Pilih di Registry kemudian pilih Analize setelah terscan registrinya kemudian klik fix Selected issue.

Jika anda memiliki CCleaner versi pro akan lebih bagus lagi hasilnya, namun versi free saja menurutku sudah lebih dari cukup.

Penutup

Saat melakukan uninstall software di laptop atau personal computer selalu meninggalkan file sampah yang masuk ke registri komputer. Makanya jangan dibiarkan, jika dibiarkan bisa membuat komputer lemot juga. Demikian Cara Uninstall IDM, Semoga Bermanfaat.