Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Cek Versi BIOS di Laptop / Komputer

Daftar Isi [Tampil]

Cara Cek Versi BIOS di Laptop / Komputer - Pastinya anda pernah mendengar kata Bios pada laptop atau komputer bukan? Pernahkah anda berfikiran Bios versi berapa yang ada di laptop atau komputer yang dimiliki.

Statemen diatas tentunya menjadi penting jika anda baru saja mengupdate Bios laptop atau komputer anda. Perlu diketahui, biasanya umur versi Bios itu sendiri biasanya menyesuaikan dengan tahun pembuatan laptop/komputer.

Pengertian BIOS

Cara cek versi bios di laptop komputer

BIOS merupakan singkatan dari Basic Output System, dalam bahasa Indonesia lebih mudah dipahami dengan pengaturan dasar sistem pada sebuah komputer. Bios sendiri tertanam pada motherboard dan setiap merk motherboard memiliki bios yang berbeda-beda.

Peran BIOS Pada Komputer / Laptop

BIOS memiliki peranan penting pada komputer karena Bios memiliki peran:

  • Bios bisa digunakan untuk melihat spesifikasi komputer.
  • Bios merubah boot pada saat installasi sistem operasi.
  • Bios bisa mengatur kinerja komponen pada komputer dengan cara overclock.
  • Dan lain - lain.

Bahkan dari pengalaman pribadi, Bios yang rusak/mati bisa berakibat komputer tidak bisa menyala atau dalam istilahnya komputer menjadi blank. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat Versi Bios yang dipakai di setiap komputer yang kita bahas satu-persatu.

Lanjut baca ya ….

Cara Cek Versi BIOS Pada Komputer / Laptop

1. Cara Cek Versi BIOS Menggunakan dxdiag

Cara pertama cek bios pada komputer yaitu menggunakan dxdiag melalui run. Caranya sangat simple kok, Tekan tombol windows pada keyboard dibarengi dengan menekan huruf R. Ketik dxdiag kemudian tekan enter.

2. Cara Cek Versi BIOS Menggunakan CMD

Cara kedua yang akan saya bagikan yakni menggunakan CMD Command Promp. Cara Cek Bios menggunakan cmd sangatlah mudah yaitu cukup dengan klik tombol windows pada keyboard disertai huruf R kemudian ketik cmd.

Selanjutnya, setelah terbuka menu cmd dengan tampilan warna hitam ketikan kode bios wmic get smbiosbiosversion. Sayangnya, kekurangan menggunakan cara ini, di beberapa kasus perintah tersebut diatas tidak bisa berjalan, sehingga tidak bisa melakukan cek bios dengan cara ini.

3. Cara Cek Versi BIOS Melalui System Information

Cara ketiga cara cek bios komputer yakni dengan memanfaatkan system information. Untuk mengakses system information bisa dilakukan dengan cara tekan windows pada keyboard + huruf R kemudian ketik msinfo32.

4. Cara Cek Versi BIOS Melalui BIOS Secara Langsung

Ada banyak merek Bios yang dipakai oleh vendor perusahaan komputer dan laptop. Cara masuk ke bios dari masing-masing vendor tentunya ada yang berbeda. Cara mengecek versi Bios bisa melalui Bios itu sendiri, namun letaknya saja yang berbeda antara bios yang satu dengan bios yang lainnya.

Sebagai gambaran saja, jika anda ingin cek versi bios silahkan cek pada menu system information karena disana secara khusus menampilkan sistem yang dipakai oleh komputer atau laptop.

Penutup

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk cek versi bios pada komputer atau laptop, Silahkan coba dan mana yang lebih mudah dipahami. Semoga bermanfaat.