Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kerja Printer Ink Jet

Daftar Isi [Tampil]

Cara Kerja Printer Ink Jet - Printer merupakan salah satu alat elektronik. Printer berfungsi untuk mencetak data atau file yang ada pada komputer maupun laptop. File atau data yang dicetak akan menjadi sebuah berkas dalam bentuk tulisan atau gambar diatas kertas.

Cara kerja printer ink jet

Printer juga menjadi salah satu alat elektronik yang sangat penting di jaman yang modern. Baik dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan. Hal ini karena print akan mempermudah pengerjaan berkas yang nantinya akan dicetak. Untuk jenis print itu sendiri sangat bervariasi. 

Termasuk cara kerja printer yang juga beragam sesuai dengan masing-masing jenis atau tipe printer. Printer ini dibedakan menjadi tiga jenis. Diantaranya adalah printer laser jet, print ink jet dan dot matrix. Pada ulasan ini, kita akan membahas mengenai print Jet.

Ink Jet merupakan jenis print yang banyak ditemui dan digunakan saat ini. Print jenis ini dalam pencetakannya adalah menggunakan tinta. Print jet juga dikenal dengan kualitasnya yang bagus. Ada beberapa bagian yang melengkapi printer untuk memaksimalkan system kerja dari print.

Bagian-bagian diantaranya adalah picker yang berfungsi mengambil kertas dari baki. Kemudian ada juga baki yang mana sebagai tempat meletakkan kertas. Serta tinta dan juga penarik kertas. Printer ini dilengkapi dengan teknologi dor on demand. 

Selain itu, printer ini memiliki beberapa keunggulan. Diantaranya adalah cetak foto dengan kualitas tinggi. Kecepatan bekerjanya juga cukup tinggi untuk cetakan ringan. Untuk harga Jet juga terbilang terjangkau. Printer ini juga dapat mencetak foto langsung dari kamera digital. 

Keunggulan-keunggulan membuat printer Jet banyak diminati dan digunakan. Namun meski begitu, produk ini juga memiliki beberapa kekurangan. Dibalik sistem kerja yang sangat baik. Salah satu kekurangan dari Jet ini adalah cartridge tinta yang kecil. 

Sehingga hal ini membuatnya harus sering diganti. Selain itu harga untuk setiap halaman yang dicetak relatif tinggi atau mahal. Tinta dari print jenis ini juga dapat luntur jika terkena cairan atau jika belum kering.

Meski dikenal dengan jenis print berkualitas bagus dan sering digunakan pada saat ini. Namun print Jet masih kalah dengan jenis Laser Jet. Itulah beberapa hal menjadi kekurangan dari print Jet. Hanya saja peminat atau pemakai printer tetaplah banyak.

Cara Kerja Printer Ink Jet

Setelah membahas keunggulan serta kekurangan dari print Ink Jet. Maka sekarang akan dibahas mengenai sistem kerja dari print.

  • Tahap pertama, print harus dihubungkan lebih dulu melalui interface port dengan komputer atau sumber arus dan letakkan kertas pada baki atau tray.
  • Selain itu, atur terlebih dahulu kualitas cetak, warna dan juga ukuran maupun posisi kertas. Untuk kualitas cetak terdapat beberapa pilihan. Diantaranya high, standar, ekonomi ataupun custom.
  • Setelah selesai mengatur, komputer akan mengirimkan data ke perangkat. Melalui kabel USB maka data akan diterima komputer dalam bentuk bilangan biner melalui port USB. Setelah itu akan diteruskan ke PCB. 
  • PCB berfungsi untuk menerima semua pengaturan sekaligus informasi dari komputer. Baru setelah itu PCB akan mengatur gerakan print. PCB akan meneruskannya pada stepper penggerak kertas dan kepala print.
  • Stepper penggerak kertas akan menarik kertas dengan memutar roller. Sedangkan kepala printer akan membuat gerak ke kanan dan kiri dengan bantuan belt. Lalu cartridge akan mengeluarkan tinta dan membentuk cetakan diatas kertas.
  • Data sudah tercetak pada kertas akan keluar dengan bantuan roller. Lalu diterima oleh papper tray.

Itulah Cara Kerja Printer Ink Jet. Jenis ini memang dikenal memiliki cara kerja baik dan berkualitas tinggi. Sehingga printer jenis Ink Jet banyak digunakan serta diminati oleh kalangan orang yang berkepentingan. Biasanya dalam dunia kerja maupun pendidikan. Untuk kalian tidak begitu tau atau mengerti mengenai cara kerjanya. Maka kalian dapat membaca artikel ini.

Demikian artikel mengenai Cara Kerja Printer Ink Jet. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya blog Septiyan Media.