Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Merk Canon

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Merk Canon - Printer Canon merupakan salah satu jenis printer yang banyak digunakan saat ini, hal ini tentu saja tak lepas dari kualitas hasil cetakan printer Canon ini. Dengan menghasilkan kualitas hasil cetakan yang tajam dan mumpuni tentu saja banyak orang yang mempercayakan pekerjaannya pada printer Canon.

Cara mengatasi hasil print bergaris

Selain itu, printer Canon juga memiliki banyak jenis dan varian, sehingga kalian dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kalian. Walaupun demikian bukan berarti print Canon terbebas dari masalah, karena kalian boleh jadi menemukan hambatan saat menggunakan print Canon ini.

Banyak jenis masalah yang bisa terjadi salah satunya adalah hasil cetakan printer yang bergaris. Untuk itu pada artikel ini aku akan membahas mengenai cara mengatasi print bergaris merk Canon ini sebagai solusi jitu untuk kalian terapkan.

Untuk mengatasi hasil print out bergaris pada print Canon dapat dilakukan dengan beberapa cara. Hal ini terjadi karena, hasil print out bergaris tidak hanya bisa disebabkan oleh satu macam alasan saja. Tetapi terdapat beberapa alasan bisa menyebabkan hal ini, sehingga tindakan yang harus dilakukan pun harus bergantung pada penyebabnya.

Karena bila tidak bisa terjadi kerusakan semakin parah pada printer kita. Tentunya kalian tidak menginginkannya bukan? Untuk itu simaklah informasi berikut ini tentang cara mengatasi hasil cetakan printer bergaris merk Canon agar dapat mengembalikan performa printer kalian seperti sedia kala.

Cara Mengatasi Printer Bergaris Merk Canon Dengan Mudah

1. Aliran Tinta Tidak Lancar

Masalah pertama yang bisa menyebabkan printer kalian menghasilkan cetakan bergaris adalah karena pasokan tinta yang mengalir dari tabung infus ke catridge tidak lancar. Hal ini tentu saja akan menyebabkan gangguan oleh karena itu harus segera diatasi. 

Salah satu cara bisa dilakukan adalah dengan mencabut ujung selang pada catridge kemudian menyedotnya menggunakan suntikan termodifikasi. Lakukan cara ini hingga tinta perlahan mencapai ujung selang infus lalu letakkan kembali selang seperti sedia kala dan cobalah mengetes hasil dari cetakannya. Cara ini tentunya hanya memungkinkan untuk printer dengan jenis tinta infus.

2. Terdapat Gumpalan Pada Catridge

Masalah kedua yang bisa jadi menyebabkan print kalian bergaris adalah terdapat gumpalan pada catridge, hal ini mungkin terjadi apabila kalian jarang menggunakan print kalian. Cara mengatasinya adalah merendam catridge menggunakan alkohol atau bisa juga menggunakan air hangat. 

Caranya cabut head catridge setelah itu rendam pada bagian head saja, jangan rendam seluruh bagian catridge. Untuk menghindari terjadinya penggumpalan tinta pada catridge sebaiknya kalian menggunakan print kalian setiap hari atau paling tidak lakukan pencetakan paling tidak satu lembar untuk mengantisipasi kejadian ini. 

Karena penggumpalan tinta pada catridge ini akan menyebabkan hasil print out tidak maksimal, bukan hanya menyebabkan hasil cetakan bergaris tetapi lebih dari itu bisa menghasilkan cetakan kosong. Tentunya kalian tidak menginginkan hal itu bukan?

3. Terdapat Kotoran Pada Encouder

Kemungkinan ketiga yang bisa terjadi adalah adanya kotoran pada bagian encouder. Hal ini tentu saja dapat mengganggu kualitas hasil cetakan. Encouder merupakan salah satu bagian dari printer yang berupa persegi panjang di belakang catridge yang terbuat dari bahan mika.

Encouder berfungsi sebagai sensor oleh karenanya encouder memiliki peranan penting pada printer. Sehingga apabila encouder bermasalah tentu saja akan berdampak pada kualitas hasil cetakan. Cara mengatasi print out bergaris pada print yang disebabkan oleh kotornya encouder adalah dengan cara membersihkan bagian encouder tersebut. 

Lakukan pembersihan seperti biasa, bisa menggunakan tisu atau merendamnya pada air hangat. Pastikan tidak ada lagi kotoran yang menempel pada encouder untuk memaksimalkan hasil print out. Dan jangan lupa untuk mengeringkan encouder sebelum memasangnya kembali.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kalian tempuh untuk mengatasi print out yang bergaris. Semoga artikel cara mengatasi hasil print bergaris pada Canon ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.