Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komunitas Pertanian Sariagri Sebagai Media Informasi dan Edukasi

Daftar Isi [Tampil]

Komunitas Pertanian Sariagri - Pertanian merupakan jenis kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mengelola sumber daya alam hayati dengan tujuan agar menghasilkan bahan pangan atau sumber energi dan juga bahan baku industri. 

Di negara Indonesia sektor pertanian telah memegang peranan penting dalam perekonomian nasional alasannya karena penduduk Indonesia banyak yang bekerja di bidang pertanian. Seperti diketahui, letak posisi negara Indonesia terbilang sangat strategis. 

Dari geografis, Indonesia letaknya berada di daerah iklim tropis yang mempunyai curah hujan tinggi. Hal tersebutlah yang membuat negara Indonesia mempunyai tanah yang subur dan banyak berbagai jenis tumbuhan bisa tumbuh dengan cepat, sehingga dapat menghasilkan hasil pertanian yang berlimpah. Maka dari itulah Indonesia disebut negara agraris.

Komunitas pertanian sariagri

Dengan kemajuan atau perkembangan teknologi yang terbilang pesat pada saat ini membuat kegiatan dalam pertanian menjadi lebih terbantu dan petani dapat lebih produktif untuk memaksimalkan hasil pertanian, serta mudah dalam melakukan kegiatan pertanian.

Bukan hanya itu saja, dengan berkembangnya teknologi saat ini juga ada lho forum digital pertanian yaitu "Komunitas Pertanian Sariagri" adanya forum ini bertujuan agar bisa untuk melakukan komunikasi antar anggota komunitas terkait pertanian yang bisa kalian akses pada situs berita dan informasi pertanian di Sariagri.id. Untuk penjelasan lebih lanjutnya akan aku jelaskan dibawah ini.

Apa Itu Sariagri?

Sariagri adalah sebuah situs berita yang memberikan informasi terkini atau terupdate seputar pertanian, pertenakan, perikanan, kehutanan, perdagangan, energi, teknologi juga dilengkapi dengan informasi terkini nasional, politik, dan lifestyle.

Selain tulisan, ada juga video di blog Sariagri yang menampilkan berbagai video dari Agri TV yang dapat kalian tonton dan juga ada Podcast bila kalian buka, nanti isinya menampilkan berupa rekaman atau suara saja gak ada gambar yang mengulas berbagai hal terutama di bidang pertanian dan perkebunan yang pastinya bermanfaat bagi yang mendengarkan isinya, serta terdapat kisah dari petani yang sukses.

Fitur lainnya di Sariagri terdapat galeri kalau kalian klik isinya berisi foto dan infografis yang menarik. Oh iya, buat kalian yang punya akun Instagram pasti tak asing lagi dengan IG stories. Nah, di Sariagri juga ada kok fitur stories tersebut jadi berasa kayak sedang bermain sosial media ya. Untuk fitur yang terakhir ada Indeks fungsi dari fitur atau menu ini ialah untuk melakukan filter artikel menurut tanggal postingan sesuai yang kalian inginkan.

Situs Sariagri sendiri saat ini telah didukung oleh kontributor yang berada tersebar letaknya di berbagai provinsi di Indonesia yaitu Aceh, Medan, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bogor, Bandung, Cirebon, Garut, Banyumas, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat.

Oh iya Sariagri ini selain situs ada juga aplikasinya di Android yang bisa kalian unduh di playstore. Di playstore, aplikasi Sariagri telah di download oleh 100 lebih pengguna Android dan untuk ulasannya saat ini aplikasi Sariagri mendapat tanggapan positif.

Latar Belakang Dibentuknya Sariagri.id

Seperti yang ada atau tertulis di Tentang atau Redaksi Sariagri Tentang angka statistik telah menunjukkan bahwa bagaimana sektor pertanian sangat berperan besar dalam hal menyelamatkan perekonomian nasional di dalam berbagai situasi.

Hal ini ditunjukan dengan gerakan untuk dapat mengangkat derajat dari para petani dengan Berkorporasi dan Berkoperasi. Para petani harus berhimpun dalam sebuah kerja sama ekonomi, sehingga dapat menjadi kekuatan yang kompetitif dan bankable.

Karena kesadaran bertani inilah yang menginspirasi untuk lahirnya sebuah media khusus yang bernama sariagri.id. Saat ini sebagai media yang menjadi jembatan penghubung antar pemangku kepentingan di sektor pertanian. Pemerintah yang ingin tau tentang petaninya begitupun petani yang ingin tau tentang kebijakan dan perhatian pemerintahnya, di sariagri.id terdapat jawabannya.

Keuntungan Bergabung Sebagai Member Sariagri

Di situs Sariagri.id bukan hanya memberikan informasi saja, tetapi juga ada fitur membership. Dengan menggunakan fasilitas membership di Sariagri keuntungan yang didapat ialah kalian dapat join atau bergabung dengan berbagai bidang komunitas yang ada atau tersedia di Sariagri, mengakses berbagai informasi dengan mudah, menulis di kanal gagasan Sariagri, dan mengetahui informasi event yang diadakan di Sariagri seperti bazar virtual, webinar, kompetisi, dan event-event menarik lainnya.

Komunitas Pertanian Sariagri

Di situs Sariagri juga terdapat berbagai komunitas yang merupakan tempat atau kumpulan member Sariagri dimana para member atau anggota yang berada di komunitas tersebut dapat saling berdiskusi dan berbagi informasi, tips, cara yang diketahui ya bisa disebut sebagai forum digital. Nah kalau bidang kalian pertanian bisa bergabung di Komunitas Pertanian Sariagri yang isi tema pada komunitas tersebut ialah tentang pertanian.

Apa Itu Komunitas Pertanian Sariagri?

Seperti yang telah aku jelaskan diatas tadi, jadi komunitas pertanian sariagri adalah sebuah komunitas atau forum digital yang bisa menghubungkan ke seluruh petani yang ada di Indonesia. Kalau terhubung kan para petani bisa lebih mudah untuk mendapatkan berbagai informasi menarik dari petani lainnya yang terdapat di komunitas ini.

Manfaat Bergabung Komunitas Pertanian Sariagri

Nah kalau kalian bergabung ke Komunitas Pertanian Sariagri kan nantinya bisa saling bertukar pendapat dan ide dengan member lainnya, dengan begitu kalau ada masalah terkait dengan kegiatan pertanian kan jadi ketemu nanti solusinya bagaimana.

Hal positif lainnya dari komunikasi ini lah kalian bisa mendapatkan berbagai informasi, tips dan pengalaman dari member lain yang ada di komunitas tersebut terkait pertanian juga mengetahui ide tentang pertanian, sehingga nanti kedepannya bisa lebih menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan dalam hal pertanian yang lebih. Hal tersebutlah yang membuat petani nantinya dapat meningkatkan hasil dari produksi pertanian. Bisa juga menjalin kerjasama sesama petani yang ada di komunitas ini.

Cara Daftar Member Sariagri

Untuk cara daftar sebagai member Sariagri itu menurutku sangat mudah sekali ya kayak membuat akun sosial media dan yang paling penting tidak ada biaya saat pendaftaran untuk bergabung menjadi anggota Sariagri alias gratis. Lalu bagaimana cara mendaftarnya? tenang saja kawan karena akan memberikan cara mendaftar anggota Sariagri langsung saja daripada lama-lama simak caranya berikut ini.

  • Langkah pertama masuk terlebih dahulu ke situs Sariagri.id.
  • Kalau sudah klik Register atau daftar.
  • Kemudian masukkan data seperti nama lengkap, jenis kelamin, nomor telepon, email, kata sandi, dan ulangi kata sandi.
  • Selanjutnya centang atau pencet di kotak sebelah tulisan saya setuju dengan ketentuan yang berlaku dan klik daftar.
  • Langkah terakhir, buka email yang telah kalian daftarkan tadi lalu pencet tombol konfirmasi dan selamat pendaftaran telah berhasil dan kalian telah menjadi member Sariagri kini kalian sudah dapat mengakses semua fitur yang ada.

Menulis di Kanal Gagasan Dapatkan Hadiah

Gagasan sariagri

Buat kalian yang memiliki ide mengenai ntah itu pertanian, berkebun, berternak, serta perikanan bisa kok menuangkan ide yang telah kalian miliki melalui tulisan ataupun video dan dapatkan hadiah dengan cara mengklik daftar atau registrasi di kanal Gagasan. Dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

1. Kanal GAGASAN Sariagri.id diperuntukan untuk para praktisi, pemerintahan, dunia kampus, dan juga masyarakat umum agar dapat untuk menyampaikan gagasan tentang dunia pertanian, perikanan, perkebunan, UMKM, perternakan, agrowisata dan energi terbarukan.

2. Kalian harus mengisi formulir pendaftaran atau registrasi sesuai dengan latar belakang dan data pribadi kalian sebagai penulis atau pengungggah foto / video Gagasan.

3. Gagasan berisi artikel tulisan dilengkapi foto, grafis, dan video yang telah sesuai dengan topik yang sudah ditentukan.

4. Tulisan / foto / video yang diunggah tidak Plagiarisme, tidak menyinggung SARA, tidak ada unsur kampanye dan komersial

5. Artikel tulisan yang ditulis minimal berjumlah 400 karakter.

6. Biar makin semangat nih sebagai informasi setiap akhir bulan, artikel dengan jumlah pembaca terbanyak aakan mendapatkan hadiah uang sebesar 10 juta rupiah. Perhitungan jumlah pembaca ditutup di akhir bulan pada jam 12 malam atau 24.00 WIB.

7. Redaksi Sariagri.id berhak tidak menaikan atau menurunkan artikel jika tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan di atas.

8. Pemenang Gagasan berdasarkan pada hasil jumlah view terbanyak.

9. Pemenang Lomba Gagasan dibatasi hingga dua kali. Pemenang diambil di urutan selanjutnya yang belum pernah menang atau menang tidak lebih dari dua kali.

Cara Membuat Gagasan di Sariagri.id

Buat kalian yang pengen membuat gagasan di situs Sariagri tapi bingung bagaiamana caranya gak usah bingung dan khawatir karena aku akan memberitaukan langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama masuk terlebih dahulu ke situs Sariagri.id.
  • Setelah itu login dan klik tulisan buat gagasan tulisannya berada di sebelah kiri.
  • Langkah selanjutnya tinggal buat gagasan masukan judul, gambar, dan buat tulisan atau artikel.
  • Kalau sudah menulis pencet tombol kirim dan tinggal tunggu hingga tulisan atau artikel kalian di approve oleh pihak Sariagri.

Kesimpulan

Dengan adanya situs Sariagri.id menurutku nantinya akan berdampak positif bagi para petani karena dengan banyak membaca menjadi menambah wawasan. Ditambah lagi kalau ikut ke komunitasnya pastinya akan lebih mudah untuk saling berbagi informasi dan komunikasi atau interaksi membicarakan hal terkait pertanian sehingga bisa disebut sebagai media informasi dan edukasi.

Jadi gimana apakah kalian tertarik? kalau tertarik langsung saja kalian bisa mengunjungi situs berita Pertanian Sariagri.id bergabung juga ke dalam Komunitas Pertanian Sariagri agar mendapatkan manfaatnya.

Demikian artikel mengenai Komunitas Pertanian Sariagri. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua khususnya buat kalian yang saat ini berprofesi sebagai petani dan mudah-mudahan dengan adanya situs Sariagri.id dapat membuat pertanian yang ada di Indonesia kualitasnya bisa lebih meningkat. Semoga juga dengan membaca artikel ini kalian jadi mengetahui tentang adanya komunitas pertanian Sariagri.