Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Investasi Kripto untuk Pemula

Daftar Isi [Tampil]

Instrumen investasi kini semakin banyak jenisnya. Salah satu yang populer sekarang adalah investasi cryptocurrency alias kripto. Instrumen investasi ini bersifat universal dan transaksinya pun lebih cepat. Tertarik ikut berinvestasi? Simak tips investasi kripto untuk pemula berikut ini.

Apa Itu Cryptocurrency?

Tips investasi kripto

Sebelum membahas tips investasi crypto, kenali apa itu cryptocurrency terlebih dahulu. Cryptocurrency merupakan mata uang virtual yang menggunakan kriptografi sebagai pengamannya. Kode-kode rahasia yang rumit tersebut menjadikan seseorang sulit memalsukan mata uang kripto. Selain itu, kalian juga bisa menukarnya ke mata uang konvensional seperti Dollar atau Rupiah.

Cryptocurrency ini sendiri bermacam-macam, di antaranya: mata uang Bitcoin, Degocoin, Ethereum, Feathercoin, dll. Kini hampir semua uang kripto tersebut naik daun, karena semakin banyaknya orang yang berinvestasi. Lantas, bagaimana cara kerja investasi kripto?

Investasi kripto adalah kegiatan jual beli aset cryptocurrency melalui exchange. Yakni semacam marketplace sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli uang kripto. Nantinya, aset uang kripto tersebut berada di sebuah wallet atau dompet digital.

Menariknya, kalian bisa langsung melakukan investasi antar member/ investor yang ada di exchange. Beda halnya jika investasi di bursa saham yang harus melewati broker atau perantara. Kalian pun bisa memantau harga jual cryptocurrency setiap saat melalui internet.

Apakah investasi kripto menguntungkan? Tentu saja, asalkan kalian melakukannya secara tepat. Investasi kripto berpeluang menghasilkan high return yang cukup tinggi, karena harganya yang melonjak drastis dalam waktu singkat.

Tips Investasi Kripto

Meningkatnya popularitas cryptocurrency dan peluang keuntungannya yang menjanjikan, kalian pasti sudah tidak sabar ingin segera investasi uang kripto. Pastikan kalian melakukannya secara cermat dan pelajari cara memilih crypto yang benar. Ikuti tips berikut sebelum berinvestasi cryptocurrency.

1. Pilih Platform Resmi

Cara aman investasi kripto bisa kalian mulai dengan memilih aplikasi atau platform jual beli kripto resmi. Salah satu tandanya yaitu terdaftar dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Komoditi Berjangka (BAPPEBTI) dan KOMINFO. Jangan asal pilih aplikasi, apalagi yang mengiming-imingi keuntungan besar.

Untuk aplikasi investasi kripto yang aku gunakan ialah Pintu dan Indodax. Alasanku menggunakan aplikasi tersebut adalah karena dapat digunakan oleh pemula dan pendaftaran ke aplikasi tersebut juga lumayan mudah.

Cukup download aplikasinya di Google Play Store atau App Store, lalu daftar akun menggunakan email aktif. Setelah mengisi data, kalian perlu verifikasi dan menyimpan deposit awal sesuai ketentuan. Nantinya, tinggal ikuti petunjuk lebih lanjut yang ada di aplikasi.

2. Pelajari Strategi Investasi Kripto

Sama halnya dengan jenis investasi lainnya, sebaiknya miliki ilmunya terlebih dahulu sebelum memutuskan trading atau jual beli kripto. Karena setiap instrumen investasi punya karakteristik yang berbeda-beda. Jadi, jangan menyamaratakan semuanya.

Kalian bisa memanfaatkan beberapa aplikasi kripto yang memberikan edukasi gratis terkait investasi cryptocurrency. Salah satunya adalah aplikasi Pintu yang memiliki program atau fitur Pintu Academy. Yakni sebuah wadah edukasi seputar kripto dan blockchain.

3. Pilih Mata Uang Kripto yang Tepat

Saat ini terdapat berbagai jenis uang kripto untuk investasi. Sebagai rekomendasi crypto, kalian bisa memilih Bitcoin atau Ethereum yang mempunyai nilai kapitalisasi terbesar saat ini. Kedua jenis mata uang kripto tersebut juga memiliki teknologi super canggih untuk melindunginya.

Bitcoin memanfaatkan blockchain, sehingga seluruh transaksi pada pencatatan buku besar terdistribusi di ribuan jaringan komputer. Hal ini menimbulkan verifikasi pemecahan kriptografi yang kian rumit, sehingga penipu sulit memalsukan Bitcoin.

Harga Bitcoin sendiri juga meroket dari tahun ke tahun. Di tahun 2021, harga Bitcoin mencapai US$43.000. Padahal, lima tahun sebelumnya hargaya masih US$500. Begitu pula dengan harga Ethereum yang meningkat dari US$11 menjadi US$3.000 hanya dalam waktu lima tahun.

4. Manajemen Resiko

Jangan terburu-buru saat berinvestasi kripto. Untuk mencegah kerugian, sebaiknya cara aman investasi kripto ialah tetapkan batasan jumlah yang bisa kalian investasikan dalam waktu tertentu. Jangan tergoda untuk menjual lebih banyak uang kripto dari jumlah yang dapat kalian tanggung.

Sebaiknya lakukan transaksi kripto dengan uang dingin atau uang yang tidak akan kalian gunakan dalam waktu 1 bulan. Karena aset cryptocurrency mempunyai volatilitas tinggi dan kalian perlu memahami setiap naik turunnya cryptocurrency dari waktu ke waktu.

Ingat, selain memiliki peluang keuntungan yang menjanjikan, investasi kripto juga punya resiko kerugian yang mungkin terjadi. Jika kalian tidak ingin merugi, teruslah update atau pantau harga kripto secara berkala dan ingat jangat sekali-kali pakai uang pinjaman.

5. Diversifikasi Portofolio Kripto

Sama halnya dengan investasi saham, dalam berinvestasi cryptocurrency, kalian bebas menyebarkan uang ke banyak mata uang kripto sekaligus. Sehingga kalian tidak menanggung resiko terekspos terlalu banyak jika salah satu nilai mata uang jatuh.

Apalagi, nilai mata uang kripto sangat fluktuatif dan perkembangannya tidak terduga-duga. Daripada terpaku pada satu jenis mata uang, tak ada salahnya investasi ke banyak mata uang. Namun, tetap berhati-hati dalam memilih. Lakukan riset terlebih dahulu tentang mata uang bersangkutan.

6. Jaga Keamanan Wallet

Selain sejak awal harus memilih aplikasi investasi crypto yang aman, kalian juga perlu menjaga keamanannya selama berinvestasi. Salah satunya yaitu menjaga keamanan wallet dengan rutin mengeceknya secara berkala.

Pastikan juga kalian menggunakan password yang aman dan jangan sampai bocor ke orang lain. Lakukan autentikasi dua faktor untuk memperketat keamanan akun kalian. Selain itu, jangan asal klik tautan yang tidak jelas sumbernya. Karena bisa jadi link tersebut mengandung jebakan untuk mengambil data kalian.

Saat ini banyak orang tak bertanggung jawab yang menyebar tautan palsu dengan iming-iming keuntungan melimpah. Tapi kenyataannya, mereka mencuri data digital kita untuk penipuan dan bahkan peretasan.

7. Investasi Jangka Panjang

Saat pertama kali investasi kripto, jangan mudah tergiur dengan harga jual yang rendah hingga kalian melakukan panic buying. Ingat, aset kripto kalian tidak akan lenyap. Jadi, tak ada salahnya jika membiarkannya di pasar hingga berbulan-bulan dan bahkan mencapai tahunan.

Ingat, keuntungan investasi kripto tidak bisa kalian dapatkan dalam sekejap. Jangan berharap mendapatkan keuntungan melimpah dalam waktu singkat. Karena mata uang kripto termasuk instrumen investasi untuk jangka panjang.

8. Otomatisasi Pembelian

Hampir sama dengan investasi saham, kini investasi cryptocurrency semakin canggih dan efisien. Karena memungkinkan para investor melakukan pembelian mata uang secara otomatis. Hal tersebut memungkinkan para investor melakukan pembelian berulang. 

Caranya, cukup atur waktu jual beli secara otomatis dengan menentukan harga terendah dan tertinggi untuk jual beli. Sehingga kalian bisa menghemat waktu dan menjadikan investasi lebih efektif. Saat ini juga terdapat fitur bot untuk investasi kripto. Namun, bagi kalian yang masih pemula sebaiknya hindari penggunaan bot, karena rawan penipuan.

Kesimpulan

Tips investasi cryptocurrency bisa kalian mulai dengan memilih jenis mata uang kripto yang menguntungkan. Lalu pilih aplikasi investasi yang terbukti legal dan aman, pastikan saat membeli menggunakan uang dingin tidak uang panas. Selanjutnya, pantau grafik harga mata uang kripto secara berkala juga lakukan jual beli atau take profit dan cut loss pada saat yang tepat.

Semoga artikel mengenai tips investasi kripto bagi pemula ini bermanfaat bagi kita semua khusunya buat kalian yang baru memulai investasi kripto dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya yang ada di blog Septiyan Media.