Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Take Profit dan Cut Loss di Crypto

Take profit dan cut loss

Sebagai trader di Cryptocurrency, kalian melakukan trading kalian harus mengetahui waktu yang tepat kapan harus melakukan pembelian dan juga tau kapan harus melakukan penjualan. Tentunya bagi kalian kata TP (Take Profit) dan CL (Cut Loss) tidak begitu asing lagi, terlebih dua kata itu sangat penting sekali dalam trading crypto. Nah di artikel kali ini aku akan membahas tentang pengertian Take Profit dan Cut Loss di Crypto.

Pengertian Take Profit

Take Profit adalah sebuah tindakan atau keputusan untuk melakukan penjualan aset crypto yang telah dibeli atau dimiliki, karena telah mencapai target keuntungan yang sudah direncanakan atau harga yang telah diinginkan. Bisa juga Take Profit atau TP diartikan sebagai mengambil keuntungan ketika menjual aset kripto dengan harga lebih atau diatas dari harga pembelian.

Waktu Yang Tepat Untuk Take Profit (TP)

Pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk melakukan Take Profit? sering kali di tanyakan oleh banyak trader hal ini wajar saja soalnya para trader pasti ingin sekali mendapatkan profit atau keuntungan saat melakukan trading. 

Untuk saran dari aku segera Take Profit lah bila dirasa sudah mendapatkan untung jangan serakah karena harga dari cryptocurrency sendiri susah untuk diprediksi kadang tiba-tiba harga bisa naik drastis dan kadang juga tiba-tiba turun cepat.

Soalnya dari pengalaman pribadiku sendiri saat trading karena sudah untung pengen untung lebih banyak lagi ehh ditinggal sebentar liat aplikasi lain pas liat harga kembali malah turun jadinya gak untung malah rugi yang didapat alias nyangkut.

Baca juga: Pintu Aplikasi Crypto Terbaik dan Termudah di Indonesia

Pengertian Cut Loss

Pengertian dari CL atau Cut Loss adalah suatu tindakan menjual aset crypto yang telah dimiliki atau dibeli dengan harga yang terbilang lebih rendah daripada harga pembelian atau saat dibeli dengan tujuan agar tidak mengalami kerugian yang lebih banyak.

Waktu Yang Tepat Untuk Cut Loss

Terkadang walaupun kita telah menganalisis atau memprediksi crypto ntah itu dengan tehnikal ataupun menggunakan fundamental dengan baik, tetap saja terkadang prediksi kita bisa salah saat melakukan trading. Malahan ketika kita membeli aset crypto kalau diliat naik pas dibeli malah turun, tentunya kita akan mendapatkan kerugian. Maka dari itulah CL (Cut Loss) sangat diperlukan agar tidak mendapatkan kerugian yang lebih besar.

Untuk pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk melakukan Cut Loss untuk jawaban dari aku yaitu sesuai diri kalian yang menentukan, madsutnya kalian harus mempunyai target membatasi jumlah kerugian pada berapa persen.

Kalau dari aku sendiri saat trading kripto biasanya aku jual aset crypto ku saat tau informasi tentang bad news Kripto sebelum turun banyak jadi aku jual dulu lalu kalau harga crypto nya turun banyak aku beli lagi dan akan mendapatkan jumlah crypto yang lebih banyak dari sebelumnya yang aku punya. 

Jadi intinya kalau aku trading crypto itu selalu liat berita di internet soal kripto, kebanyakan sih kalau banyak berita baik atau good news tentang kripto biasanya harga akan naik (bullish) dan kalau dilihat banyak berita buruk atau bad news soal kripto biasanya sih gak lama kemudian harganya akan turun (bearish).

Demikian artikel mengenai pengertian Take Profit dan pengertian Cut Loss. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua khususnya buat kalian yang belum mengetahui dan memberikan pertanyaan tentang apa itu Take Profit? dan apa itu Cut Loss?, dengan membaca artikel jadi lebih tau tentang dua kata tersebut juga jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya yang ada di blog Septiyan Media.