Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengaruh Backlink Terhadap Website

Daftar Isi [Tampil]

Pengaruh Backlink Terhadap Website - Era digital seperti sekarang ini banyak dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya melalui website. Bagaimana tidak, dengan membuat website bisnis memiliki banyak manfaat terutama untuk menaikan penjualan perusahaan.

Setelah membuat website bisnis, ternyata belum cukup, ada hal yang tak kalah penting yaitu bagaimana caranya website tersebut mudah ditemukan orang di SERP seperti google.

Apa Itu Backlink?

Backlink

Pengertian Backlink adalah link yang mengarah keluar (blog lain). untuk penerapannya sendiri bisa dalam bentuk anchor teks maupun menuliskan link (tidak aktif).

Bila dilihat dari segi manfaatnya, tentu backlink sangat berpengaruh terhadap kredibilitas website dimata google karena ada banyak website yang merekomendasikan visitor untuk mengunjungi website tersebut.

Macam-macam Backlink

Seperti sudah sedikit disinggung diatas, Ada beberapa macam bentuk backlink dalam sebuah blog yang pertama backlink doFollow dan backlink nofollow.

Backlink dofollow adalah backlink yang berupa link aktif mengarah pada website tujuan dan itu sangat memudahkan jika pengungjung menginginkan datang ke website tujuan cukup dengan klik link aktif tersebut. Penerapan backlink dofollow sendiri banyak macamnya diantaranya sebagai berikut:

  • Backlink Baca Juga
  • Backlink Klik disini
  • Backlink Klik tautan ini
  • Backlink Berupa anchor teks berupa keyword
  • Dan masih banyak lagi.

Backlink nofollow, Backlink ini adalah jenis backlink tanpa link aktif namun menyebutkan sumber asalnya. Sebagai contohnya semisal anda membaca kemudian mengutip sebuah artikel dan memberikan feed back berupa sumber websitenya.

“Jika anda ingin mengetahui informasi menarik mengenai teknologi silahkan kunjungi septiyanmedia.com”.

Rekomendasi atau kutipan seperti itulah yang dinamakan dengan backlink nofollow.

Meskipun keduanya sama-sama backlink namun dari segi kualitasnya backlink dofollow lebih memiliki power untuk menaikan rangking website di pencarian google, sehingga orang akan lebih mudah mengunjungi website tersebut.

Pengaruh Backlink Terhadapat Website

Setelah membaca penjelasan backlink diatas, tentu sekarang sudah memiliki gambaran pengaruh backlink terhadap website. Secara merinci pengaruh backlink untuk website, yaitu:

  • Menjadi bagian SEO of Page.
  • Menaikan judul artikel di pencarian search engine.
  • Mampu menaikan DA Domain Authority dan PA Page Authority.
  • Membangun personal branding.
  • Menambah pengunjung website.
  • Mejadikan website menjadi lebih familiar.

Bagaimana Mendapatkan Backlink Berkualitas?

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk menaikan kualitas website bisnis online

1. Melalui Guest Post

Backlink berkualitas dapat didapat dengan melakukan guest post pada blog atau website yang membuka guest post.

Contohnya, anda menulis di website lain yang memang website tersebut membuka space untuk artikel tamu atau dengan cara mengirimkan artikel melalui email.

2. Melalui Market Place Backlink

Untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dari jawalink caranya sangatlah mudah karena anda cukup mengunjungi website jawalink.com kemudian mendaftar sebagai advertiser.

Setelah itu, Silahkan login menggunakan akun yang didaftarkan kemudian mencari blog yang sudah bekerja sama dengan jawalink, setelah menemukan blog yang cocok silahkan pilih kemudian ikuti sesuai perintah.

Tentunya untuk mendapatkan backlink sesuai dengan pesanan tidaklah gratis, namun harus mengeluarkan sedikit fee untuk pemilik blog sebagai imbalan karena telah memberikan backlink dofollow ke website tujuan.

Penutup

Membangun website yang power full memang membutuhkan strategi dan juga mengetahui optimasi website SEO, sehingga dengan adanya website memiliki pengaruh yang signifikan terhadap bisnis online. Semoga bermanfat.