Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10

Daftar Isi [Tampil]

Cara Merekam Layar Laptop Windows 10 - Saat hendak merekam layar monitor laptop windows 10 tentu bukanlah perkara sulit, berbeda rekam layar di windows sebelumnya.

Bagi anda yang memiliki keinginan merekam layar baik PC maupun laptop jika menggunakan windows 10 itu tidak memerlukan bantuan aplikasi apapun cukup dengan mengaktifkan program Game DVR.

Dengan memanfaatkan game DVR akan lebih mudah dalam merekam layar komputer baik sesuai dengan keinginan. Kebutuhan rekam layar laptop sering kali dibutuhkan buat para gamer atau anda yang suka membuat video tutorial menggunakan komputer.

Cara Merekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi

Cara merekam layar laptop windows 10

Cara rekam layar laptop di windows 10 Caranya pun cukup sangat mudah yakni dengan hanya menekan kombinasi tombol pada keyboard laptop.

  • Langkah yang pertama, untuk yang baru pertama kali memakai cara ini silahkan download terlebih dulu aplikasi Xbox App.
  • Aplikasi Xbox App dikhususkan untuk windows 10.
  • Kedua, Lakukan installasi seperti biasa sampai Xbox App terpasang dengan dengan benar hanya cukup klik 2 kali pada master Xbox App kemudian ikuti perintah installasi.
  • Installasi Xbox App membutuhkan windows yang uptodate.
  • Ketiga, buka control rekam layar dengan cara tekan windows + G pada keyboard. Pada saat setelah itu maka akan muncul ” Do you want open game bar” pilih yes
  • Keempat, Lakukan pemilihan layar yang hendak direkam dan atau meng capture tampilan desktop juga bisa. Pada saat perekaman layar monitor laptop, jika control tidak terlihat dan ingin memunculkan control layar rekam kembali dilakukan dengan menekan windows + G.
  • Kelima, Setelah melakukan perekaman layar laptop, video akan disimpan di This PC\Videos\Captures\.

Cara Rekam Layar Laptop Windows 10 Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk merekam layar laptop pada windows 10, selain menggunakan aplikasi bawaan laptop, bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Rekomendasi program rekam layar laptop yang biasa saya pakai yaitu bisa download di https://www.aiseesoft.com/screen-recorder/.

Setelah downlaod dan melakukan installasi seperti biasa kemudian buka aplikasi aiseesoft yang sudah terinstall dan klik video recorder.

Menu pengaturan video recorder terletak langsung pada icon.

  • Full Screen = Merekam keseluruhan layar laptop.
  • Custom = untuk menseleksi layar yang akan diambail video.
  • Fix Region = merekam layar sesuai size yang sudah ditentukan.
  • Around the mouse = Pilih sesuai dengan keinginan.
  • Lock windows = mengunci pengaturan.

Untuk memaksimalkan pengaturan silahkan bereksplorasi sesuai dengan kebutuhan pada saat hendak merekam layar laptop.

Video Cara Merekam Layar Laptop Windows 10

Penutup

Ada banyak pilihan yang bisa dipakai untuk merekam layar laptop sesuai dengan kebutuhan. Rekam layar laptop bisa menggunakan aplikasi bawaan windows 10 atau bisa juga menggunakan aplikasi lain. Semoga bermanfaat.