Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 2×3, 3×3, 3×4, 4×6

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengubah Ukuran Foto 2×3 3×3 3×4 4×6 - Apakah Anda ingin mencetak pas photo? Seperti yang diketahui, saat ini ada banyak hal yang menjadikan seseorang harus mencetak sebuah foto.

Cara cetak pas foto
Gambar dari siplah.blibli.com

Cetakan foto yang diperlukan tersebut sendiri umumnya memiliki sangat beragam. Manfaatkan saja aplikasi cetak pas photo 2×3 3×3 3×4 4×6 Android.

Aplikasi Cetak Pas Foto 2×3 3×3 3×4 4×6 di Android

Perlu diketahui, bahwa saat ini Anda dapat cetak foto dengan ukuran yang berbeda-beda. Dengan begitu, siapa saja dapat mencetak foto dengan ukuran sesuai keperluan masing-masing. Bahkan, untuk mencetaknya sendiri tidak perlu menggunakan komputer. Gunakan saja aplikasi Simple Image Editor.

Saat ingin menggunakannya, maka unduh aplikasi tersebut terlebih dahulu di Playstore. Buka aplikasinya, kemudian tekan pada menu Select a Image. Pilih foto yang ukurannya ingin diubah. Pilih menu Resize untuk mengubah ukuran foto. Jangan lupa juga untuk ceklist pada bagian Lock Aspect Ratio.

Jika dirasa semua sudah sesuai, maka langkah selanjutnya adalah dengan memilih menu OK. Terakhir, langsung saja simpan foto tersebut dengan memilih menu Save. Dengan menerapkan cara yang satu ini, tentu saja akan lebih mudah untuk mencetak foto dengan ukuran yang sesuai keperluan.

Tips Mencetak Foto Agar Hasil Berkualitas

Setelah mengedit foto dengan ukuran sesuai keinginan, maka langkah selanjutya adalah dengan mencetaknya. Akan tetapi, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin mencetaknya agar nantinya bisa mendapatkan hasil berkualitas. Berikut beberapa hal tersebut.

1. Pastikan Ukuran Sesuai

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat ingin cetak pas photo adalah memastikan bahwa ukuran sudah sesuai. Dengan ukuran yang sesuai, tentu akan lebih mudah untuk mendapatkan hasil cetak yang berkualitas. Untuk menentukan ukuran ini sendiri dapat disesuaikan dengan DPI.

Hal tersebut tidak lain karena bagus atau tidaknya sebuah cetakan foto dapat bergantung dengan ketepatan ukurannya. Setidaknya, Anda membutuhkan 200 DPI agar nantinya dapat menghasilkan foto dengan kualitas bagus. Kemudian, gunakan juga kualitas 300 DPI agar lebih baik.

2. Gunakan Kertas Terbaik

Selain menentukan ukuran foto dengan tepat, sangat penting juga bagi Anda untuk mendapatkan foto yang berkualitas dengan memperhatikan dahulu jenis kertas cetaknya. Terlebih, tidak semua jenis printer pada dasarnya dapat melakukan percetakan dengan jenis kertas tertentu.

Untuk mencetak foto sendiri ada baiknya untuk memilih kertas dengan kualitas terbaik. Adapun contoh kerta yang bisa Anda gunakan tersebut adalah Kertas Glossy Photo Paper. Dengan memilih kertas berkualitas, tentu akan menghasilkan kualitas foto yang terjamin.

3. Pakai Tinta Berkualitas

Tidak banyak yang menyadari, bahwa pada dasarnya ada banyak hal yang dapat mempengaruhi hasil cetak foto. Salah satunya adalah tinta, dimana keberadaan tinta tersebut bermanfaat untuk menghasilkan cetakan yang bagus. Tentu saja, tinta tang bagus juga akan memakai formula tepat.

Dengan begitu, tidak heran jika cetakan foto yang dihasilkan dapat lebih sempurna. Akan tetapi, apabila Anda masih awam mengenai jenis tinta apa saja yang berkualitas, maka tidak ada salahnya untuk menanyakan dan meminta rekomendasi langsung dari jasa cetak foto.

4. Memastikan Settingan Printer

Selanjutnya, jangan lupa juga untuk memastikan bahwa settingan printer sudah tepat sebelum mencetak foto. Caranya adalah dengan memeriksa kembali semua settingan printer yang sekiranya diperlukan. Mulai dari settingan kertas, jumlah kertas yang ingin dicetak, jenis kertas, dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu saja, pastikan juga untuk mencetak kertas dalam posisi yang tepat. Agar nantinya tidak terjadi kesalahan saat mencetak. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menghasilkan kualitas cetak yang bagus. Pasalnya, settingan printer tersebut juga akan mempengaruhi kualitas foto.

5. Pastikan Printer Terawat

Selain beberapa hal di atas, Anda juga perlu memastikan bahwa printer yang akan digunakan untuk mencetak tersebut dalam keadaan terawat. Pasalnya, printer yang tidak terawat tentu hanya akan memicu terjadinya masalah pencetakan. Untuk itu, jangan sampai menggunakan printer yang tidak terawat.

Bisa saja printer tersebut mengalami penyumbatan saat proses cetak karena jarang dibersihkan. Sebisa mungkin gunakan printer yang terawat dengan baik dan berkualitas. Printer yang berkualitas tersebut tentu akan menghasilkan cetakan foto yang berkualitas pula.

6. Pilih Jasa Terpercaya

Seperti yang diketahui, keberadaan aplikasi pada dasarnya hanya akan membantu Anda melakukan perubahan ukuran pada foto saja. Oleh sebab itu, untuk dapat mencetaknya gunakan saja jasa cetak foto terpercaya. Terlebih, saat ini jasa tersebut tidak jarang menawarkan layanannya secara online.

Dengan begitu, setelah Anda menyiapkan foto dengan ukuran yang sesuai keperluan langsung saja gunakan jasa tersebut untuk mendapatkan hasil cetakannya. Akan tetapi, pastikan untuk memilih jasa yang benar-benar terpercaya agar nanti hasilnya dapat sesuai keinginan.

Penutup

Itu tadi beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai aplikasi cetak pas photo 2×3 3×3 3×4 4×6 Android. Adanya aplikasi tersebut, tentu menjadikan seseorang dapat mencetak foto sesuai dengan keperluan. Pastikan juga untuk menerapkan beberapa tips cetak foto di atas agar hasil berkualitas.