Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp

Daftar Isi [Tampil]

Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp - Siapa yang tidak kenal WhatsApp? era digital seperti sekarang ini, hampir semua orang menggunakan WhatsApp.

Nah, pada kesempatan ini saya akan share cara mengontrol ruang penyimpanan data WhatsApp semoga bermanfaat dan memberikan pemahaman tentang cara menggunakan WhatsApp, sehingga ruang penyimpanan media whatsApp tidak mudah penuh. 

Apa itu WhatsApp?

Whatsapp

Menurut Wikipedia WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan untuk ponsel cerdas. WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp Messenger menggunakan paket data internet.

Aplikasi WhatsApp Messenger menggunakan koneksi internet 3G, 4G atau WiFi untuk komunikasi data. Dengan menggunakan WhatsApp, kita dapat melakukan obrolan daring, berbagi file, bertukar foto, dan lain-lain (Sumber Wikipedia).

Melihat pengertian whatsapp diatas dapat dipahami bahwa whatsapp merupakan sebuah aplikasi mengirim pesan yang memungkinkan untuk mengirim dan menerima pesan tanpa menggunakan pulsa yaitu dengan memanfaatkan jaringan internet baik menggunakan data seluler meupun melalui koneksi wifi.

Sebagai aplikasi pengirim pesan tentu whatsapp tidak hanya digunakan untuk mengirim pesan dalam bentuk tulisan saja, melainkan bisa juga digunakan untuk mengirim gambar, file dokumen dan juga video.

Bahkan menurut sebagian orang lebih banyak dan sering mengunakan whatsapp untuk kirim foto, video dan file dokumen karena caranya yang mudah dan tanpa ribet.

Untuk mengirim data yang berada di handphone bisa langsung menggunakan aplikasi whatsApp dan jika ingin mengirim data yang berada di komputer menggunakan aplikaksi whatsapp web.

Ruang Penyimpanan WhatsApp

Sebagai aplikasi kirim pesan terutama saat mengirim pesan gambar atau video tentu whatsapp membutuhkan ruang penyimpanan internal di handphone supaya file foto dan juga video bisa diakses meskipun sedang dalam kondisi offline atau sedang tidak terhubung dengan internet. 

Mengingat kondisi tersebut oleh karena itu diperlukan tips dan trik mengontrol ruang penyimpanan data whatsapp. Manajemen tersebut bisa diterapkan dengan cara melakukan pengaturan di whatsapp salah satunya dengan cara menonaktifkan download otomatis dan lainnya yang akan dibahas dibawah ini. 

Cara Mengontrol Ruang penyimpanan WhatsApp

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengontrol ruang penyimpanan whatsapp supaya media penyimpanan di hp tidak cepat penuh, Yuk simak sampai selesai apa saja caranya.

1. Kontrol Siapa Yang Bisa Menambah Ke Grup WhatsApp

Whatsapp pada tahun 2019 telah mengubah setting privasi tepatnya di bulan november, WhatsApp saat ini memungkinnya pemakai membataskan atau menyetop contact yang diputuskan biar tak ditambah secara acak ke kelompok pembicaraan.

Awalnya WhatsApp memiliki pilihan untuk menghindari Anda bisa ditambahkan ke grup wa. Namun dengan perbaikan terbarunya, pemakai bisa memutuskan siapa saja yang bisa atau tidak bisa menambahkannya ke grup wa.

Anda dapat memutuskan siapakah yang bisa menambah Anda ke group atau kelompok dari 3 pilihan sebagai berikut ini: Semua Orang, Kontak Saya, serta Terkecuali Kontak Saya silahkan tentukan siapa saja sesuai keinginan anda.

Cara Agar Tidak Dimasukkan Ke Grup WhatsApp Sembarangan Oleh Orang Lain

2. Hindari Grup WhatsApp Yang Mengesalkan Atau Tidak Penting

Pernahkah anda ditambahkan ke group atau kelompok whatsapp yang tidak pernah anda kenal? saya pernah mengalaminya dan tentu hal tersebut sangat tidak pernah diinginkan.

Langsung pada kesempatan itu juga langsung keluar dari group tersebut karena dengan bertambahnya group atau kelompok tentu akan menambah beban hp baik segi media penyimpanan dan tentu juga mempengaruhi performa hp.

Selain untuk memutuskan untuk keluar dari group atau kelompok whatsapp, jika anda ingin tidak terlalu aktif di group tersebut dan hanya ingin memantau informasinya saja anda bisa membisukan notifikasi sampai waktu yang cukup lama. 

Adapun Langkahnya yaitu dengan cara membuka kelompok WhatsApp yang pengin dibisukan, kemudian klik atau tap tiga titik vertikal di pojok kanan atas di layar monitor. Sesudah itu, pilih mute notification. Pilihannya bisa dimulai 8 jam bahkan sampai 1 tahun.

3. Nonaktifkan Download Otomatis di WhatsApp

Media penyimpanan data hp cepat penuh? non-aktifkan fitur download otomatis menjadi salah satu cara yang paling ampuh untuk bisa diterapkan di berbagai group yang anda ikuti.

Fitur ini sangat membantu penggunan whatsapp untuk mengontrol data berupa foto, dokumen serta video supaya tidak download otomatis saat ada teman atau anggota group share informasi berupa gambar, file atau video.

Selain berfungsi untuk memaksimalkan media penyimpanan data tentu dengan menonaktifkan download otomatis di whatsapp tentu juga akan meminimalisir penggunaan data internet, sehingga data seluler akan menjadi lebih irit. 

Cara Menonaktifkan Download Otomatis di WhatsApp

Penutup

Terimakasih telah berkunjung di blog septiyanmedia.com. Semoga informasi Mengontrol Ruang Penyimpanan Data WhatsApp bisa bermanfaat dan silahkan share ke teman yang membutuhkan informasi ini.