Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengetahui MAC Address HP Android

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengetahui MAC Address HP Android - Setiap perangkat baik handphone maupun komputer memiliki mac address yang berbeda antara satu dengan lainnya. Mac Address memiliki fungsi sebagai kode unik untuk membedakan setiap perangkat saat terhubung ke internet. 

Mac Address terdapat pada perangkat keras seperti smartphone, Modem, Lan Card, Accespoint, wireless card dan lainnya yang bisa terhubung internet.

Mac address berisi kode unik yang diberikan tiap bagian dari perangkat keras sehingga tidak mungkin ada dua mac address sama meskipun dalam satu komputer terdapat 2 port LAN (Local Area Network).

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang cara cek mac address di hp android. Bagi yang belum tau bisa lanjut baca YUK…

Cara Mengecek MAC Address di Semua HP Android

Cara mengetahui mac address hp android

Cara mengetahui mac address di semua hp android, karena sebenarnya fitur pengecekan ini sudah disediakan oleh bawaan hp.

1. Cara Mengetahui MAC Address Melalui Setelan Android

Caranya mudah kok karena hanya cukup masuk ke menu setelan (roda gigi) kemudian geser kebawah, cari menu About Phone (Tentang ponsel). di beberapa hp bisa dengan nama tentang sistem.

Setelah itu di menu tentang sistem, carilah menu status dan klik atau tap disitu jika masih belum ada silahkan turunkan kebawah dan lihat disana ada tulisan mac address.

2. Mengecek MAC Address Melalui Setelan WiFi

Melihat serial mac address melalui setelan wifi sebenarnya tidak semua hp bisa menggunakan cara ini, namun bisa coba. Caranya mudah kok, yaitu:

  • Buka pengaturan (Setelan) Android.
  • Pilih ke menu WIFI.
  • Sambungkan HP ke salah satu WIFI yang tersedia.
  • Klik WIFI dan tahan kemudian lanjutkan dengan buka pengaturan lanjutan.
  • Pilih cek pada kolom MAC Address, maka akan terlihat mac addressnya disana.

Penutup

Demikian artikel mengenai Cara Melihat Mac Address HP Android. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya blog septiyanmedia.com