Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi WiFi IndiHome Lemot - Pengguna internet menggunakan wifi dari provider telkom semakin hari semakin meningkat karena begitu mudahnya cara daftar internet indihome dan semakin meluasnya jaringan yang disediakan telkom.

Bagi yang tertarik daftar indihome bisa cek ketersediaan indihome di lokasi sekitar pemohon. Bagi yang sudah berlangganan indihome namun mengalami kendala seperti indihome lemot, pasti kalian akan bertanya bagaimana cara mengatasi wifi IndiHome lemot?

Perlu kita sadari bersama bahwa sebaik apapun layanan yang dipakai termasuk langganan internet, terkadang juga mengalami kendala. Meskipun tidak terjadi secara keseluruhan karena adanya faktor gangguan baik itu dari perangkat maupun gangguan alam.

Ada beberapa yang bisa menyebabkan IndiHome lemot atau internet lelet bisa jadi salah satu penyebabnya yang akan dibahas dibawah ini.

Penyebab WiFi IndiHome Lemot

Cara mengatasi wifi indihome lemot
Gambar dari fame.grid.id

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan IndiHome lemot dan biasanya penyebanya sama antara pelanggan satu dan lainnya. secara umum penyebab indihome lemot terjadi karena hal-hal berikut:

  • Terlalu banyak perangkat yang terhubung atau terkoneksi ke jaringan wifi.
  • Kapasitas FUPnya yang diberikan oleh indihome habis.
  • Sinyal WIFI yang dipancarkan kurang bagus dan maksimal.
  • Paket yang dipilih kurang memadai.
  • Terjadi gangguan alam.
  • konfigurasi atau Pengaturan Modem indihome masih Kurang Maksimal.

1. Terlalu Banyak Perangkat yang Terhubung Atau Terkoneksi Ke Jaringan WiFi

Perlu diketahui bersama bahwa perangkat radio wifi secara default memang tidak merekomendasikan terlalu banyak perangkat seperti smartphone terhubung ke jaringan wifi karena hal tersebut akan membuat internet terbagi-bagi. Banyaknya perangkat yang terhubung ke wifi indihome menjadikan:

  • Terbaginya jaringan internet ke semua perangkat terhubung.
  • Internet menjadi tidak stabil.
  • Kecepatan IndiHome terbagi-bagi.
  • Internet IndiHome menjadi lemot.

Cara Mengatasinya

Jika internet indihome lemot itu karena banyaknya perangkat yang memakai seperti yang dijelaskan diatas bisa diatasi dengan cara:

  • Melakukan penggantian password indihome secara berkala.
  • Melakukan filtering pada perangkat yang terhubung.
  • Memblokir Mac Address yang tidak dikenal.

2. Kapasitas FUP yang Diberikan Oleh IndiHome Habis

Saat pertama kali pasang indihome tentunya anda memilih paket yang digunakan, yaitu:

  • Paket 10 Mbps.
  • Paket 20 Mbps.
  • Paket 50 Mbps.
  • Paket 100 Mbps.
  • Paket 200 Mbps.
  • Paket 300 Mbps.

Masing-masing paket diatas tentunya memliki batas pemakaian wajar yang dikenal dengan istilah FUP (Fair Usage Policy).

Sebagai contohnya seperti ini. Paket Indihome 20 Mbps memliki batas FUP 850 GB, Setelah sampai pada batas maksimal, maka kecepatan internet indihome akan diturunkan dari 20 mbps sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Misalnya saya memakai indihome paket 20 Mbps, batas FUP 850 GB dan terpakai 524 GB artinya belum sampai pada batas FUP yang ditentukan dan kecepatan internet masih stabil. Pemakaian internet setiap bulannya akan secara otomatis tereset

3. Sinyal WiFi yang Dipancarkan Kurang Bagus dan Maksimal

Stabil dan tidaknya kecepatan internet indihome juga bisa disebabkan besar dan kecilnya signal wifi yang diperoleh perangkat.

Signal wifi indihome bisa saja terganggu media penghalang seperti tembok, oleh karena itu penempatan modem indihome seharusnya ditempetkan di area yang tidak ada penghalang supaya signal wifinya bisa memancar dengan sempurna.

Selain itu, jarak antara modem dan perangkat juga sebaiknya tidak terlalu jauh. Semakin perangkat jauh dengan modem maka signal wifi yang diperoleh akan semakin kecil dan itu bisa menyebabkan internet indihome lemot.

4. Paket yang Dipilih Kurang Memadai

Sebelum pemasangan internet memang lebih baik melakukan estimasi kecepatan internet yang dibutuhkan. penentuan paket indihome yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan.

Bila kebutuhan dan paket internet indihome tidak sesuai akan berakibat internet indihome menjadi lemot saat digunakan.

5. Terjadi Gangguan Alam

Internet indihome menjadi lemot atau bahkan tidak konek sama sekali saat terjadi gangguan alam seperti terputusnya jaringan kabel indihome karena tertimpa pohon yang tumbang.

Gangguan alam seperti terputusnya kabel indihome tertimpa pepohonan biasanya akan langsung ditangani oleh petugas telkom di lapangan.

Jika terjadi gangguan alam seperti disebutkan diatas namun belum ditangani oleh petugas, anda bisa mengajukan komplain ke petugas indihome atau bisa juga telepon call center di 147.

6. Konfigurasi Atau Pengaturan Modem IndiHome Masih Kurang Maksimal

Internet lemot bisa disebabkan karena pengaturan modem yang belum maksimal atau bisa jadi bentrok dengan internet yang ada di sekitar anda.

Sebenarnya setelah internet terpasang sudah bisa langsung dipakai tanpa harus melakukan penyetingan sendiri. namun jika memang diperlukan dan bisa caranya bisa mengatur sendiri modem indihome sesuai keinginan. Pengaturan modem Indihome harus hati-hati jangan sampai salah setting ya.

Penutup

Ada banyak cara yang bisa dilakukan Mengatasi Indihome Lemot. Rekomendasi cara mengatasinya dengan meminta bantuan teknisi indihome supaya tidak terjadi kesalahan. Semoga Bermanfaat.