Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Pesan This App Can't Run on Your PC

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Pesan This App Can't Run on Your PC - This App Can’t Run on Your PC merupakan pesan eror yang kerap kali muncul di windows 10 saat membuka aplikasi di komputer atau laptop.

Tentunya saat muncul pesan This App Can’t Run on Your PC aplikasi yang dibuka tidak bisa berjalan dan tidak bisa digunakan.

Saat membuka aplikasi dan muncul pesan tersebut tentunya sangat merepotkan karena yang seharusnya setelah selesai install aplikasi di komputer langsung bisa menggunakannya ini malah cari info kesana-kesini cara mengatasi gagal installasi karena pesan This App Can’t Run on Your PC.

Apa itu This App Can’t Run on Your PC?

This app cant run on your pc

Pesan error dengan kode This App Can’t Run on Your PC merupakan pesan yang muncul sebagai penanda bahwa program atau aplikasi komputer/laptop bisa saja tidak kompatibel dengan system operasi windows, atau bahkan adanya pemblokiran oleh SmartScreen Filter windows 10.

Penyebab Muncul Pesan This App Can’t Run on Your PC

Penyebab munculnya pesan This App Can’t Run on Your PC bisa terjadi karena beberapa faktor diantaranya:

  • Adanya file yang corrup pada apalikasi terutama di bagian system installasi.
  • Aplikasi yang di install tidak support dengan system windows 10.
  • Aplikasi yang di install hanya support di system windows 64-bit.

Lantas bagaimana cara mengatasi saat muncul pesan This App Can’t Run on Your PC?

Yuk lanjut baca…..

Cara Mengatasi Muncul Pesan Error This App Can’t Run on Your PC

Saya sendiri sudah tidak aneh saat mendapati pesan error This App Can’t Run on Your PC di laptop saat menjalankan aplikasi dan berikut berbagai cara yang bisa dilakukan dan patut anda coba untuk mengatasi masalah tersebut diatas.

1. Akses Aplikasi Sebagai Administrator

Saat menjalankan program di komputer, ada dua pilihan yakni menjalankan aplikasi secara normal dan sebagai administrator. Saat anda menjalankan aplikasi dengan cara double klik secara biasa berarti anda menjalankan aplikasi tersebut.

Sedangkan cara menjalankan sebagai administrator yakni dengan cara klik kanan pada aplikasi yang hendak dibuka dan klik run as administrator.

Perbedaannya jika membuka secara double klik pada aplikasi hanya membuka secara biasa, sedangkan jika dengan cara Run as administrator memiliki arti membuka akses pada sistem aplikasi tersebut.

2. Menginstall Ulang Aplikasi yang Error

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengatasi This App Can’t Run on Your PC yaitu dengan cara menginstall ulang aplikasi yang bermasalah. Untuk dapat menginstall ulang aplikasi yang bermasalah anda harus unistall program yang sudah terinstall sebelumnya.

Tentunya saat hendak mereinstall aplikasi coba menggunakan file installer yang fresh atau bisa mengganti file installernya.

3. Mematikan Smartscreen Filter Windows 10

Cara selanjutnya yang akan saya bagikan yaitu dengan cara Mematikan Smartscreen Filter Windows 10.

Smartscreen Filter Windows 10 bertujuan untuk memblokir aplikasi yang tidak terverifikasi oleh windows 10, tentunya bukan tanpa alasan karena aplikasi yang tidak terverikasi bisa berakibat merusak file windows yang sudah terintall.

Untuk menonaktifkan Smartscreen Filter Windows 10 caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, Masuk ke control panel, bisa diakses melalui menu search di sebelah kanan menu start.
  • Kedua, Pilih menu security di control panel.
  • Ketiga, Pilih menu smartscreen kemudian pilih setting.
  • Keempat, Pilih off smartscreen pada settingan.

Penutup

Demikian Cara Mengatasi Pesan This App Can’t Run on Your PC semoga bisa membantu mengatasi permasalahan yang ada di komputer anda saat gagal membuka aplikasi. Semoga bermanfaat.