Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS - Sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan laptop, namun hanya sedikit yang memiliki skill sampai advance karena rata-rata hanya sebagai user biasa termasuk saat menyalakan komputer namun langsung masuk bios.

Proses yang benar saat menyalakan komputer adalah setelah menekan tombol power di laptop kemudian lanjut pada proses booting windows kemudian hanya menunggu beberapa saat laptop siap digunakan.

Saat menyalakan laptop pertama kali langsung masuk bios berarti ada yang tidak beres baik itu di hardware maupun software.

Lanjut baca yuk…..

Cara Mengatasi Laptop yang Selalu Masuk BIOS Saat Baru Dinyalakan

Cara mengatasi laptop masuk bios

Sebagaimana ulasan singkat diatas penyebab laptop langsung masuk bios saat pertama kali dinyalakan akan saya bahas secara detail dibawah ini sesuai pengalaman saya yang suka banget ngoprek laptop hehehe.

1. Cek Media Penyimpanan

Langkah yang biasa saya lakukan jika mendapi laptop langsung masuk bios yaitu dengan cara mengecek media penyimpanan (HDD) atau SSD yang digunakan di laptop tersebut.

Laptop secara otomatis akan langsung masuk bios saat media menyimpanan yang digunakan mengalamai kendala seperti tidak terbaca atau rusak.

Caranya itu mudah karena cukup masuk bios kemudian cek di boot option priority nya disana akan terdeteksi apakah media penyimpanan yang digunakan masih terbaca atau tidak.

Jika di boot option priority HDD atau SSD tidak terbaca, sebelum memutuskan untuk diganti dengan yang baru coba bongkar laptop, kemudian lepas dan pasang kembali hardisknya barang kali tidak terbaca karena soket hdd ada yang bergeser.

Jika sampai membongkar laptop jangan lupa bersihkan kipas procesor ibarat sambil menyelam minum air eh salah, sambil berenang dua tiga pulau terlampaui.

2. Cek Keyboard Laptop

Cara kedua yang dilakukan ialah dengan cara cek keyboard laptop, maksudnya ialah saat menyalakan laptop jangan ada tombol laptop yang tertekan, karena jika saat pertama menyalakan laptop namun ada tombol di laptop yang tertekan bisa menyebabkan masuk bios.

Selain itu, bisa saja terjadi karena keyboard laptop error. Jika sudah memastikan tidak ada tombol yang tertekan namun masih masuk bios coba lepas keyboard biasanya dengan cara mencongkel soket keyboad atau membuka baut keyboard.

Setelah keyboard laptop terbongkar lepas kabel keyboard kemudian coba nyalakan laptop. jika laptop hidup dengan normal, maka penyakitnya terdapat pada keyboard laptop yang rusak.

3. Ganti Keyboard Laptop

Mengganti keyboard laptop dengan yang baru bisa menjadi solusi untuk mengatasi laptop masuk bios saat baru dinyalakan. Saat memutuskan mengganti keyboard laptop hal perlu diperhatikan adalah kualitas dari keyboard yang akan dibeli.

Ada harga ada rupa, untuk mendapatkan keyboard laptop yang berkualitas memang cukup merogoh kocek lebih dalam pas saya cek harganya di online shop berkisar antara 100-200 ribu, namun belum termasuk ongkos pasangnya yah…

4. Atasi Masuk Bios dengan Reset Settingan Bios

Melakukan reset settingan Bios bisa dilakukan untuk mengembalikan jika terdapat beberapa salah set up, sehingga kembali ke default.

Cara masuk bios setiap laptop berbeda tergantung dari bios yang digunakan. Setelah masuk bios masuk ke menu exit kemuad load default kemudian pilih yes jadi deh ke pengaturan default biosnya.

5. Reset Baterai Cmos

Untuk mengembalikan settingan bios menjadi default juga bisa dengan cara melepas baterai Cmos yang ada di mainboard. Namun kekurangan dari cara ini cukup ribet, karena harus membongkar casing laptop terlebih dulu baru bisa melepas baterai Cmos.

Saat melakukan reset baterai Cmos, skalian periksa apakah battery nya masih berfungsi atau tidak, jika sudah habis ganti dengan yang baru.

6. Install Ulang Windows Atau OS yang Dipakai

Setelah dicoba satu persatu tips mengatasi laptop masuk bios saat baru dinyalakan bisa install ulang operating system yang digunakan atau upgrade windows.

Rekomendasi windows yang dipakai sekarang ini sih menggunakan windows 10, bagi yang masih menggunakan windows 7 bisa melakukan upgrade windows .

Penutup

Demikianlah artikel mengenai trik mengatasi laptop langsung masuk bios yang biasa saya lakukan jika komputer atau laptop saya mengelami kasus serupa seperti diatas.

Cara diatas bisa juga digunakan tidak hanya untuk laptop/netbook saja, untuk PC juga sama karena secara umum memiliki fungsi yang sama. Semoga bermanfaat.