Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Tidak Terbaca - Hardisk memiliki fungsi yang sangat vital karena semua pekerjaan di komputer atau laptop disimpan di hardisk.

Semakin lama menggunakan komputer atau laptop, maka semakin banyak juga file dan data lainnya seperti file musik, foto, movie dan lainnya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Supaya data-data tersebut tetap ada setelah hardisk penuh, tentu membutuhkan media penyimpanan lain seperti hardisk eksternal. Penggunaan hardisk eksternal sekarang ini semakin banyak karena cukup efektif untuk menyimpan (backup) data yang ada di komputer atau laptop.

Apa itu Hardisk Eksternal?

Cara mengatasi hardisk eksternal tidak terbaca
Gambar dari productnation.co

Hardisk merupakan media penyimpanan data digital yang berada di komputer baik itu personal komputer ataupun laptop.

Sedangkah hardisk ekternal sebenarnya sama seperti hardisk pada umumnya, hanya saja hardisk eksternal berada diluar komputer atau laptop dan biasanya dijadikan sebagai media backup data-data yang sifatnya penting.

Jika memiliki penyimpanan doubel jika suatu saat terjadi hal-hal tidak diinginkan di komputer atau laptop masih memiliki data duplikatnya.

Penyebab Hardisk Eksternal Tidak Terbaca

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab hardisk eksternal tidak terbaca di komputer atau laptop.

  • Hardisk eksternal tidak terbaca karena driver error.
  • Hardisk tidak terbaca karena kabel rusak.
  • Hardisk tidak terbaca karena soket usb aus (longgar).
  • Hardisk eksternal tidak terhubung karena arus listrik tidak stabil.
  • Hardisk eksternal tidak terbaca karena jatuh atau terbentur benda keras.
  • Hardisk eksternal tidak terbaca karena terkena air.
  • Dan masih banyak penyebab lainnya.

Cara Mengatasi Hardisk Tidak Terbaca

Cara untuk mengatasi hardisk ekternal tidak terbaca yang paling efektif adalah mencari penyebabnya terlebih dahulu kemudian lanjut cara mengatasinya. Cara mengetahui penyebab hardisk eksternal tidak terbaca bisa dilakukan dengan cara melakukan eksperimen sederhana.

Biasanya untuk mengatasi hardisk eksternal yang tidak terbaca dengan cara-cara berikut:

  • Cek kabel data hardisk eksternal apakah masih dalam kondisi normal atau tidak.
  • Cek driver usb hardisk eksternal di device manager pastikan tidak ada driver yang di silang atau belum terinstall terutama driver hardisk eksternal.
  • Ganti Casing Hardisk Eksternal, terkadang hardisk eksternal tidak terbaca karena komponen yang ada di casing ada yang rusak.
  • Format hardisk menggunakan write zero atau low level format (LLF), format hardisk dengan cara ini memformat secara utuh hardisk sampai pada titik tertentu.

Penutup

Demikian cara memperbaiki hardisk eksternal yang bisa saya bagikan di artikel ini. musibah datang memang bukan keinginan seperti terjadinya hardisk rusak bisa menimpa siapa saja dan kapan saja. Semoga bermanfaat.