Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Error 0xc00007b di Windows

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Error 0xc00007b di Windows - Salah satu masalah yang terjadi secara tiba-tiba saat membuka aplikasi adalah munculnya error 0xc00007b. Pada dasarnya, masalah tersebut muncul dapat terjadi karena berbagai hal. Salah satunya adalah aplikasi yang rusak.

Oleh karena itu, segera ketahui bagaimana cara mengatasi error 0xc00007b. Munculnya error 0xc00007b akan menyebabkan aplikasi Anda tidak bisa berjalan sama sekali. Meskipun sudah mencoba untuk membuka aplikasi tersebut berkali-kali.

Umumnya, hal tersebut disebabkan oleh berbagai kondisi. Untuk itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebab munculnya error tersebut. Beberapa penyebab umum munculnya error 0xc00007b sendiri adalah ketidakcocokan saat mencoba menjalankan program.

Error tersebut juga dapat disebabkan karena pemasangan aplikasi yang tidak lengkap atau pada saat pengunduhan aplikasi ternyata mengalami kerusakan. Selain itu, error 0xc00007b juga dapat disebabkan karena adanya corrupt pada entri Windows Registry.

Infeksi virus ataupun malware juga dapat menyebabkan error. Jika tidak, maka bisa juga disebabkan karena terjadinya konflik antar program sehingga menghambat program dari aplikasi yang ingin dijalankan.

Beberapa Indikator Munculnya Error 0xc00007b

Cara mengatasi error 0xc00007b

Dapat dikatakan bahwa error 0xc00007b merupakan arti lain dari aplikasi yang berhenti berjalan atau mengalami crash. Saat aplikasi Anda mengalami hal tersebut tentu ada beberapa indikator yang bisa ditandai. Beberapa diantaranya seperti jendela program aktif tiba-tiba mengalami crash.

Selain itu, pada jendela program juga muncul error 0xc00007b. Umumnya, pada aplikasi juga sering mengalami crash dan error 0xc00007b terutama saat menjalankan program yang sama sekalipun. Ditandai juga dengan Windows yang slow response dengan keyboard dan mouse tertunda.

Indikator lainnya adalah aplikasi mengalami freeze secara berkala dalam waktu beberapa detik sekaligus. Bahkan, error 0xc00007b juga bisa saja terjadi saat Anda bermain game. Hal tersebut mengharuskan untuk menutup aplikasi tersebut padahal baru saja menjalankannya.

Cara Mengatasi Error 0xc00007b di Komputer / Laptop

Bagi orang yang masih awam mengenai masalah error 0xc00007b, tentu akan merasa bingung dan tidak mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Oleh karena itu, jangan biarkan masalah tersebut kembali muncul dan menyerang aplikasi. Kemudian segera atasi dengan beberapa langkah dibawah ini.

1. Lakukan Restart Ulang

Cara ini merupakan cara mengatasi masalah dasar yang bisa Anda lakukan tanpa perlu ribet. Oleh karena itu, sebelum mencoba melakukan cara-cara lainnya pastikan untuk melakukan cara yang satu ini terlebih dahulu. Yakni dengan melakukan restart ulang.

Pasalnya, terkadang kesalahan runtime ini dapat menghilang begitu saja saat Anda melakukan restart ulang atau istilah lainnya disebut dengan reboot PC atau laptop. Lakukan cara tersebut dan lihat hasilnya apakah aplikasi dapat digunakan kembali atau tidak.

2. Jalankan Sebagai Administrator

Apabila Anda sudah mencoba melakukan cara yang pertama namun tidak membuahkan hasil, maka alangkah baiknya untuk segera mencoba cara lainnya. Dengan begitu, semakin cepat pula dapat menggunakan aplikasi tersebut kembali seperti semula.

Caranya yakni dengan menjalankan aplikasi sebagai administrator. Dengan begitu, hal ini akan memastikan bahwa Anda memberikan hak istimewa yakni administrator agar nantinya aplikasi dapat dijalankan. Langsung saja klik ikon program lalu klik Run as Administrator.

3. Install Ulang Aplikasi

Apabila cara kedua tidak berhasil juga, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, masih ada beberapa cara lain yang bisa diterapkan. Salah satunya adalah dengan melakukan install ulang dari aplikasi atau program yang mengalami masalah error 0xc00007b.

Kemudian, apabila terdapat berkas corrupt yang berkaitan dengan program, maka aktivitas menginstall ulang aplikasi atau program tersebut akan secara otomatis memperbarui kerusakannya. Dengan begitu, Anda bisa mengatasi masalah error 0xc00007b lebih mudah.

Penutup

Itulah beberapa cara mengatasi error 0xc00007b dengan mudah yang bisa Anda lakukan. Pastikan untuk menerapkan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas dengan berurutan. Dengan begitu, masalah yang terjadi akan dapat teratasi, sehingga bisa menggunakan aplikasi seperti semula kembali. Semoga bermanfaat.