Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery di Windows

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Consider Replacing Your Battery di Windows - Bagi anda yang menggunakan windows 7,8 dan 10 dan sudah menggunakan laptop dalam waktu yang relatif lama tentu tidak aneh dengan pesan Consider Replacing Your Battery yang dalam bahasa indonesianya itu sudah saatnya mengganti battery laptop yang digunakan.

Baterai laptop memang ada batas waktu pemakaiannya terlebih jika pemakaianya kurang hati-hati dan ceroboh seperti mengecas battery laptop terlalu lama, saat battery sudah penuh namun charger tidak dilepas dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang cara mengatasi pesan error Consider Replacing Your Battery namun sebelum membahasnya alangkah baiknya mengapa muncul pesan tersebut.

Penyebab Mengapa Muncul Pesan Consider Replacing Your Battery di Laptop?

Consider replacing your battery

System opeasi windows dilengkapi yang bisa memunculkan pesan error seperti pesan diatas, tempatnya ialah dibagian taskbar (kanan bawah).

Pesan error Replace battery atau tanda silang di battery muncul karena ada 2 kemungkinan, yaitu:

  • Umur battery yang sudah terlalu lama digunakan dan minta untuk diganti.
  • Adanya bug pada windows dan minta untuk diperbaiki windowsnya dengan cara service.

Saat muncul pesan eror di taskbar Consider Replacing Your Battery alangkah baiknya mengecek apakah ada bug pada windows sebelum mengganti battery laptop.

Cara Mengatasi Masalah Consider Replacing Your Battery di Windows

Mengatasi pesan error pada baterai laptop ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Oke langsung saja kalian simak cara mengatasinya.

1. Update Windows yang digunakan

Sebagaimana penjelasan singkat diatas, kadangkali windows yang dipakai terdapat bug dan membaca hardware tidak sebagaimana mestinya, oleh karena itu windowsnya perlu di update. Langkahnya sebagai berikut:

  • Buka control panel.
  • Setelah itu klik windows update.
  • Tunggu proses update sampai selesai.
  • Setelah selesai restart laptop.
  • Saat melakukan update, tentunya laptop pastikan baterai mencukupi dan terhubung ke jaringan internet.

2. Mengatur Ulang Baterai

Cara yang bisa dilakukan untuk mengatur ulang baterai laptop supaya pesan error Consider Replacing Your Battery hilang dengan cara sebagai berikut:

  • Pastikan Baterai laptop terisi penuh.
  • Masuk ke save mode, Jika laptop dalam kondisi hidup bisa restart dilanjut.
  • Saat proses booting klik F8 di keyboard supaya masuk ke save mode.
  • Setelah masuk ke save mode biarkan laptop menyala sampai baterai yang dipakai habis.
  • Setelah baterai habis, lalu cas sampai penuh/full kemudian laptop hidupkan kembali (pemakaian normal seperti biasa).

Seharusnya setelah proses pengaturan ulang baterai laptop, pesan error di laptop berupa Consider Replacing Your Battery sudah tidak muncul lagi.

3. Ganti Baterai

Mengganti baterai laptop supaya pesan Consider Replacing Your Battery hilang menjadi alternatif terakhir jika memang baterai laptop sudah tidak bisa digunakan atau memang sudah ngedrop.

Saat hendak mengganti baterai laptop harus diperhatikan sesuaikan dengan kualitas terbaik, berbicara soal kualitas memang harganya sedikit lebih mahal. Jika anda memiliki teknisi service komputer bisa berkonsultasi terlebih dulu.

Penutup

Semoga pembahasan tentang Consider Replacing Your Battery diatas bermanfaat dan membantu mengatasi pesan error yang muncul di laptop anda.

Pilihan yang akan dianbil mengatasi Consider Replacing Your Battery tentunya kembali diri anda sendiri sebagai pemiliknya. Semoga bermanfaat.