Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Bluetooth yang Nyala Sendiri di HP

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Bluetooth yang Nyala Sendiri di HP – Sebagai media kirim file Bluetooth seringkali digunakan dan tentunya sangat membantu menyelesaikan pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Namun, Bluetooth di HP terkadang nyala sendiri dan membuat kurang nyaman karena icon Bluetooth selalu terlihat di pojok kanan atas. Bluetooth yang nyala sendiri tentunya dikarenakan ada penyebabnya dan untuk menonaktifkannya diperlukan penyebab yang menyebabkan Bluetooth nyala sendiri.

Bagi anda yang belum mengetahui cara mengatasi Bluetooth yang nyala sendiri, disini akan saya sampaikan penyebab dan cara menyelesaikannya.

Penyebab Bluetooth Nyala Sendiri di HP

Cara mengatasi bluetooth hp nyala sendiri

Bluetooth yang suka menyala sendiri di memang tidak merusak hp, namun akan cepat menguras baterai HP dan berikut adalah penyebabnya.

  • Mengaktifkan fitur Bluetooth Scanning di HP.
  • Terdapat aplikasi yang membutuhkan fitur Bluetooth untuk menjalankannya.
  • Terdapat sistem error di Bluetooth.
  • Adanya kesalahan konektivitas di HP.
  • Terdapat bug di OS HP.

Bagi anda yang memiliki permasalahan Bluetooth hp nyala sendiri, silahkan cari penyebabnya yang sudah saya sampaikan diatas dan silahkan ikuti rekomendasi cara menonaktifkannya berikut dibawah ini.

1. Segera Nonaktifkan Fitur Bluetooth Scanning

Fitur Bluetooth Scanning merupakan fitur yang bertugas untuk melakukan scanning perangkat Bluetooth yang ada di sekitarnya.

Cara kerjanya yaitu, Jika di lokasi sekitar anda terdapat perangkat yang Bluetoothnya aktif maka biasanya otomatis Bluetooth yang ada di perangkat HP anda akan menyala otomatis.

Untuk mengatasinya, silahkan non-aktifkan Bluetooth Scanning yang ada di perangkat HP anda supaya saat ada Bluetooth di perangkat lain yang aktif Bluetooth anda tidak menyala.

2. Permission Aplikasi

Aplikasi android memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Aplikasi android seringkali membutuhkan izin untuk mengaktifkan beberapa fitur yang ada di HP.

Kaitannya dengan Bluetooth yaitu contohnya saat anda hendak mengirim file menggunakan Share It membutuhkan untuk mengaktifkan fitur Bluetooth.

3. Hapus Cache Data Aplikasi Bluetooth

Seperti aplikasi lainnya, Bluetooth terkdang juga mengalami error terlebih jika cachenya menumpuk dan tidak pernah dibersihkan.

Bagi anda yang sudah lama menggunakan Bluetooth namun belum pernah membersihkan cache silahkan bersihkan untuk mengatasi Bluetooth yang nyala sendiri. Caranya adalah sebagai berikut untuk membersihkan cache Bluetooth.

  • Buka Pengaturan.
  • Selanjutnya buka pengaturan Aplikasi.
  • Silahkan klik manajemen aplikasi.
  • Kemudian aktifkan menu Tampilkan Aplikasi Sistem.
  • Kemudian cari Bluetooth.
  • Pilih menu penyimpanan.
  • Hapus penyimpanan.

4. Reset Pengaturan HP

Saat anda memakai Bluetooth bisa jadi anda salah mengkonfigurasi, sehingga menyebabkan Bluetooth nyala sendiri dan terus muncul meskipun anda tidak memakainya.

Untuk mengembalikan ke pengaturan awal, langkah yang paling mudah yaitu dengan melakukan reset ke pengaturan awal supaya kembali ke default.

Penutup

Demikian Cara Mengatasi Bluetooth Yang Nyala Sendiri yang bisa aku sampaikan semoga bermanfaat ya.