Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error

Daftar Isi [Tampil]

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Error - Memiliki masalah dengan keyboard laptop error bingung cara memperbaikinya, mungkin anda belum mencoba trik cara memperbaiki keyboard error di artikel ini.

Memang untuk kasus tertentu harus membawanya ke teknisi, namun jika kerusakannya masih ringan bisa memperbaiki sendiri. Memang bagi anda yang tidak memiliki kemampuan dasar tentang laptop sedikit agak takut karena khawatir akan menjadi lebih parah kerusakannya.

Pengalaman saya sih, saya mencari tau terlebih dahulu di internet tentang penyebab dan cara memperbaikinya. Oke, kita lanjut ke pembahasan utama tentang cara memperbaiki keyboard laptop Error.

Apa Itu Keyboard?

Cara memperbaiki keyboard laptop error

Keyboard adalah sebuah perangkat keras (hardware) pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk input/masukan data yang berupa huruf, angka dan simbol.

Keyboard Laptop juga bisa didefinisakan sebagai perangkat keras pada komputer yang berbentuk papan dan memiliki berbagai macam tombol yang dimana tombol tersebut fungsinya berbeda tergantung pada penekanannya yang bisa menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

Fungsi Keyboard di Komputer

Keyboard di komputer berfungsi secara umum sebagai media untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang di ketikkan, lalu kemudian menyampaikannya ke CPU (Central Processing Unit).

Selanjutnya perintah tersebut akan di ubah menjadi sinyal-sinyal digital, sehingga perintah tersebut dapat dimengerti oleh processor, sehingga bisa bisa diolah oleh CPU kemudian ditampilkan oleh monitor.

Bagaimana kalau Keyboard Error?

Keyboard error tentu akan menjadi persoalan serius karena komputer tidak bisa bekerja sesuai dengan perintah user, sehingga data yang dikirim dan diolah di procesor akan menjadi acak-acakan.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop yang Error

Ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard error, namun khusus untuk kasus ringan karena untuk keyboard yang rusak parah bisa membawa ke tempat service center atau menggantinya dengan keyboard baru.

Berikut ini adalah cara yang bisa dicoba saat anda mengalami error pada keyboard laptop.

1. Restart Komputer

Melakukan restart komputer merupakan langkah awal yang perlu user lakukan untuk memperbaiki keyboard laptop error karena error yang terjadi pada keyboard bisa jadi disebabkan karena system operasi yang tidak berjalan dengan sempurna.

Caranya, silahkan klik pada menu windows yang berada di pojok kiri bawah seperti saat hendak melakukan shut down laptop namun pilih restart. Setelah beberapa saat laptop akan mati kemudia hidup kembali dengan sendirinya (Proses Shut down).

2. Num Lock Belum Hidup

Ternyata fasilitas yang ada pada keyboard juga bisa menyebabkan tidak berfungsi itulah yang namanya “Num Lock” Baik disengaja atau tidak Num Lock menyebabkan tidak berfungsinya keyboard di laptop karena ada tombol angka yang ada di keyboard komputer ternyata bisa dinonaktifkan dengan cara mematikan Num Lock.

Coba perhatikan di keyboard komputer yang anda mimiliki, Pada tombol Num Lock terdapat lampu kecil menyala pada saat kondisi aktif dan lampu akan mati pada saat kondisi Num Lock tidak aktif.

3. System Restore

System merupakan sebuah system yang langsung disediakan oleh microsoft yang tertanam di windows untuk mengembalikan system yang error akibat terjadinya crash yang terjadi saat menambahkan aplikasi pada komputer.

Apabila anda mengalami keyboard laptop error persis seperti penjelasan tadi anda bisa mencoba memperbaikinya dengan melakukan system restore pada komputer yang digunakan.

Caranya cukup mudah kok, jika anda menggunakan system operasi Windows 7, buka Start Menu kemudian search “Recovery”, kemudian pilih hari sebelum anda menginstall program yang menyebabkan error pada keyboard.

4. Bersihkan Keyboard

Perangkat Keras (Hardware) merupakan perangkat yang sensitif terhadap debu di lingkungan sekitar, saat anda mengalami keyboard error anda bisa mencoba membersihkannya terlebih dahulu dengan kain atau tisu yang mudah menyerap debu.

Bila perlu boleh menambahkan alkohol atau minyak kayu putih supaya debu bisa bersih sepenuhnya. Membersihkan laptop dari debu merupakan suatu hal yang perlu dilakukan secara rutin, selain supaya terlihat selalu fresh juga untuk menjaga kesehatan dan laptop tidak mudah rusak.

5. Melepas Baterai Laptop

Melepas baterai laptop menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keyboard error ringan, cara ini pelu dipraktekan sebelum anda memutuskan melakukan service ke service center.

Langkahnya cukup anda matikan komputer dengan melakukan shut down, kemudian lepaskan baterai laptop anda beberapa menit kemudian pasang kembali dan coba hidupkan.

6. Lepasnya Connector Keyboard

Perangkat keras untuk bisa berjalan dengan normal tersambung menggunakan connector ke motherboard, meskipun tempatnya tertutup di dalam laptop namun tidak menutup kemungkinan soket tersebut sedikit terlepas saat terjadi goncangan.

Hal tersebut juga berlaku untuk connector keyboard, sehingga saat terjadi error pada keyboard anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Untuk mencoba melihat lepas atau tidaknya connector keyboard memang anda perlu membongkar laptop, bagi anda yang belum pernah sama sekali membongkar laptop sangat tidak disarankan untuk membongkarnya sendiri karena bisa jadi akan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah.

7. Mengganti Keyboard Asli

Setelah beberapa cara telah dilakukan untuk mengatasi keyboard laptop anda yang error maka langkah yang perlu dilakukan yaitu menggantinya dengan keyboard yang baru.

Jika anda bisa menggantinya sendiri anda bisa membeli keyboard di online store seperti yang saya lakukan saat keyboard laptop yang saya pakai error setelah terkena air.

8. Solusi Mendesak

Saat anda mengalami keyboard error dalam keadaan menyelesaikan pekerjaan menggunakan laptop tersebut dengan cepat, anda bisa memakai keyboard eksternal dengan connector USB, sehingga anda tetap bisa mengerjakan tugas atau pekerjaan sampai selesai.

Memang penggunaan keyboard eksternal seperti yang saya sampaikan diatas kurang begitu nyaman, namun dalam kondisi mendesak setidaknya tugas bisa selesai, barulah setelah itu anda bisa memperbaikinya ke tempat service supaya bisa ditangani dengan baik.

Penutup

Demikian Cara Mengatasi Keyboard Error di Laptop. Silahkan coba siapa tau salah satu cara diatas bisa mengatasi keyboard error yang sedang anda alami. Semoga bermanfaat.