Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arti PO dalam Jual Beli

Daftar Isi [Tampil]

Arti PO dalam Jual Beli - Saat ini dunia internet tidak hanya untuk mencari informasi saja, pasalnya internet belakangan ini sudah digunakan untuk jual beli online baik di market online seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya.

Pre order
Gambar dari janbox.com

Dalam transaksi tersebut umumnya memiliki beberapa istilah salah satunya PO. Ya kita pasti tidak asing dengan kata Open PO dalam jual beli. Lantas, tahukah Anda apa arti PO di online shop penjelasan dan jenis-jenisnya?

Kenali Lebih Jauh Arti PO dalam Jualan Online

Transaksi online saat ini sudah banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Dengan begitu, untuk membeli barang tidak perlu lagi datang ke lokasi. Anda hanya perlu membeli dan membayarnya menggunakan smartphone dengan cara yang mudah saja.

Sejak munculnya transaksi jual beli secara online tersebut, tentu siapa saja sudah pernah mendengar istilah PO. Terlebih saat Anda sering membeli barang di toko-toko online tertentu. Akan tetapi, sudah tahukah apa arti dari PO tersebut

Pada internet sendiri, istilah PO memang sudah sering muncul. PO tersebut bahkan tidak memiliki satu pengertian saja. Sebab istilah tersebut memiliki tiga kepanjangan. Diantaranya pre order, purchase order, serta payout yang masing-masingnya memiliki arti sendiri.

Arti PO dari Pre Order

Salah satu jenis istilah lain dari PO yang umumnya sering dijumpai adalah pre order. Pre order sendiri berarti sebuah transaksi jual beli online yang dilakukan dengan pembeli memesan terlebih dahulu kemudian melakukan pembayaran atas pesanannya.

Pembeli disini umumnya tidak membayar keseluruhan harga produk di awal. Hanya saja, pembeli membayar sebagian dari harga tersebut atau dikenal dengan istilah DP. Proses pelunasan nantinya akan dilakukan jika barang sudah ready serta siap kirim ke alamat pembelinya.

Penjual nantinya akan melakukan pengiriman produk sesuai pesanan setiap pembeli pada tanggal yang sudah disepakati dari awal. Umumnya, istilah PO yang satu ini dilakukan karena stock barang tidak tersedia saat itu juga melainkan pembelian berdasarkan permintaan.

Arti PO dari Payout

Salah satu arti dari istilah PO adalah payout. Payout disini merupakan salah satu istilah yang digunakan untuk mencairkan uang melalui internet. Umumnya, istilah tersebut digunakan dalam bisnis online khususnya jenis bisnis afiliasi, program perikanan, dan masih banyak lagi.

Jika diartikan secara sederhana, maka payout berarti sebuah pembayaran dana komisi yang diperoleh oleh member atas hasil pemasarannya. Sebagai contohnya, seseorang yang mengikuti bisnis afiliasi pada perusahaan. Kemudian terjadi pembelian link afiliasi, sehingga komisi sudah mencapai minimal payout.

Oleh karena itu, sebuah perusahaan akan melakukan payout kepada seseorang tersebut. Dari situ, dapat diartikan bahwa payout adalah sebuah pembayaran komisi kepada member yang sudah berhasil dalam melakukan pemasaran sesuai dengan batas minimalnya.

Arti PO dari Purchase Order

Istilah ini juga cukup sering digunakan dalam online shop. Lantas apa yang dimaksud dengan purchase order? Arti PO dari purchase order merupakan dokumen yang dibuat pembeli sebagai penunjukkan barang atau produk. Barang atau produk tersebutlah yang akan dibeli kepada penjual.

Dengan begitu, dapat diartikan bahwa purchase order adalah kesepakatan antara pembeli dengan penjual mengenai produk atau barang yang ingin dibeli oleh pembeli.

Purchase order juga berarti surat permintaan pembelian barang pada penjual dari pembeli dengan mencantumkan jumlah serta harga barang. Adanya purchase order disini memang terlihat sedikit lebih rumit terlebih saat ingin melakukan transaksi jual beli.

Akan tetapi, saat pembeli melakukan pembelian dengan cara purchase order tersebut tentu akan lebih menjamin keamanan tersendiri sehingga terhindar dari penipuan.

Demikian artikel mengenai pengertian PO dalam jual beli dalam penjelasan dan jenis-jenisnya yang bisa Anda ketahui. Umumnya, istilah tersebut sudah sering digunakan oleh para penjual online, sehingga pembeli bisa langsung bertanya kepada penjual jika ada yang belum dipahami.