Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Roaming Data dan Trik Supaya Lebih Hemat

Daftar Isi [Tampil]

Apa itu Roaming Data dan Trik Supaya Lebih Hemat - Apakah Anda mengerti apa itu roaming data? atau pengertian roaming data.

Apa Itu Roaming Data?

Roaming data

Roaming data merupakan istilah dimana smartphone tidak dapat lagi menangkap sinyal dari operator seluler yang digunakan. Dengan begitu, sebuah smartphone perlu menjelajah terlebih dahulu untuk mencari jaringan lain agar dapat terhubung.

Roaming data terjadi ketika smartphone Anda tidak dapat menangkap sinyal dari operator seluler. Umumnya, hal ini terjadi saat bepergian ke luar negeri. Dengan begitu, jaringan seluler yang digunakan akan membebankan pada biaya roaming ke jaringan lain.

Jadi, pastikan Anda mengetahui terlebih dahulu berapakah biaya yang perlu dibayar sebelum bepergian. Terlebih biaya roaming data untuk mengakses internet sendiri umumnya sangatlah mahal. Saat tidak menyadarinya bukan tidak mungkin akan terkejut. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk meminimalkan biaya roaming data tersebut. Dengan menggunakan beberapa cara, maka biaya tambahan yang tidak terduga dapat dihindari dengan baik. Jika perlu, tanyakan saja pada layanan seluler mengenai paket roaming data yang bisa digunakan.

Cara Menghindari Biaya Roaming Data Tinggi

Seperti yang sudah diketahui, menggunakan roaming data akan menyebabkan biaya yang mahal. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menghindari biaya roaming data tinggi. Di bawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Perhatikan Data

Cara yang satu ini bisa Anda lakukan dengan manual, yakni dengan cara memperhatikan terlebih dahulu berapakah banyaknya data yang sudah digunakan. Saat ini sendiri sudah ada banyak ponsel yang memiliki pengaturan untuk memberikan peringatan data.

Adanya notifikasi peringatan data tersebut akan mengingatkan kepada penggunanya saat mereka sudah melewati batas penggunaan data. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menetapkan batas maksimal penggunaan data agar biaya pemakaian data semakin hemat.

2. Paket Roaming Data

Untuk meminimalisir biaya roaming data, tidak ada salahnya juga menggunakan paket roaming data. Umumnya, ada banyak operator seluler yang menawarkan paket roaming data dengan banyak pilihan. Oleh karena itu, Anda bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan.

Dengan menggunakan paket roaming data tersebut, maka tentu saja biaya roaming data akan jauh lebih murah. Anda pun tidak perlu membuang-buang banyak uang hanya untuk membayar biaya roaming tersebut, tetapi ternyata bisa mendapatkannya dengan harga lebih murah.

3. Matikan Pembaruan Aplikasi

Perlu Anda ketahui bahwa mungkin beberapa aplikasi yang ada di smartphone dapat memperbarui pada latar belakang. Dengan begitu, hal tersebut juga akan menyedot data tanpa diketahui oleh pemilik smartphone tersebut. Tentu saja hal tersebut akan menyebabkan konsumsi data berlebih.

Misalnya saja aplikasi Instagram ataupun WhatsApp yang memperbarui dengan sendirinya di latar belakang. Oleh karena itu, segera lakukan pengaturan dengan mematikan pembaruan tersebut. Atur pembaruan hanya dapat dilakukan saat terhubung ke Wifi.

4. Gunakan Wifi

Saat berada di tempat-tempat tertentu, akan lebih hemat apabila Anda memanfaatkan Wifi. Gunakan Wifi tersebut untuk mengakses internet yang diperlukan. Dengan begitu, biaya roaming data pada smartphone tentu akan lebih berkurang.

Terlebih saat ini sudah ada beberapa tempat yang menyediakan Wifi dan dapat diakses secara gratis. Seperti pada hotel ataupun café, sehingga siapa saja dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk lebih menghemat biaya agar tidak mudah boros.

Penutup

Itulah beberapa informasi mengenai apa itu roaming data. Pastikan untuk menggunakan data tersebut dengan bijak, agar nantinya tidak membayar biaya dengan lebih mahal. Terapkan juga berbagai cara menghemat biaya roaming data tersebut agar lebih hemat. Semoga bermanfaat.