Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Daftar Isi [Tampil]

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store - Pernahkah kamu mengalami masalah pada saat mendownload aplikasi di Google Play Store, terdapat masalah download tertunda di antrean? Situasi seperti ini terkadang membuat kita kesal, terutama jika kamu ingin segera buru-buru.

Download tertunda play store

Ketika kamu mengunduh file di Internet, terkadang ada hal-hal yang membuat frustasi. Terutama ketika unduhan memakan waktu terlalu lama atau mengalami masalah pengunduhan seperti “tidak mengunduh”, dll.

Masalah ini sering terjadi di Play Store, aku juga pernah mengalami hal yang sama. Ada kalanya aplikasi yang ingin aku pasang tidak diunduh karena beberapa alasan dan tetap pada unduhan yang tertunda.

Dengan perkembangan bertahun-tahun, kebanyakan orang menganggap Google Play Store sebagai aplikasi yang andal dan stabil. Namun, masalah tetap akan selalu muncul bervariasi.

Jadi, jika kamu mengalami masalah dalam mendapatkan aplikasi baru karena kesalahan “unduhan tertunda”, lihat panduan cara mengatasinya di bawah ini.

Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Saat mengunduh aplikasi di Google Play, beberapa dari kamu mungkin menemukan pesan unduhan tertunda. Ini biasanya tidak menjadi masalah karena biasanya saat kamu mengantre unduhan. Tetapi itu bisa menjadi masalah, terutama jika unduhan kamu tetap tertunda.

Banyak alasan yang mungkin menyebabkan hal ini, tetapi mudah untuk memperbaikinya sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan kesalahan unduhan yang tertunda.

Catatan: Beberapa metode ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada ponsel, versi Android, dan UI yang kamu miliki.

1. Periksa Antrian Unduhan

Sering kali, akar masalah ini adalah daftar panjang unduhan dan pembaruan yang tertunda. Jika itu masalahnya, dan kamu perlu memprioritaskan unduhan yang tertunda, berikut yang dapat kamu lakukan:

  • Buka Google Play dan navigasikan ke “Aplikasi dan Game Saya
  • Periksa apakah kamu memiliki unduhan atau pembaruan yang sedang berlangsung.
  • Selanjutnya Hentikan semua unduhan dan pembaruan yang tertunda.
  • Kemudian, ke halaman aplikasi coba instal dan unduh kembali Aplikasi yang sebelumnya membuat download tertunda.

2. Periksa Koneksi Internet

Koneksi jaringan yang lambat dapat mempengaruhi semua unduhan dan pembaruan kamu. Jadi jika kamu menggunakan koneksi Wi-Fi, periksa apakah kamu memiliki masalah jaringan.

Jika koneksi kamu tampak lambat tetapi berfungsi, coba mulai ulang router kamu atau hubungi ISP kamu untuk mendapatkan bantuan. Sementara itu, kamu juga dapat mengunduh aplikasi menggunakan data kamu untuk memeriksa apakah jaringan kamu masalahnya.

Untuk melakukan ini, pastikan untuk mengaktifkan pengunduhan aplikasi melalui jaringan apa pun di aplikasi Google Play kamu:

  • Buka Google Play.
  • Buka Pengaturan> Preferensi unduhan aplikasi dan pastikan untuk memilih opsi “Melalui jaringan apa pun“.
  • Selain itu, jika kamu memiliki koneksi VPN aktif, tutup dan coba unduh aplikasi lagi.
  • Hapus Cache dan Data Aplikasi
  • Jika metode di atas tidak berhasil, hapus cache dan data aplikasi Google Play kamu.

Ingat, menghapus data aplikasi akan menghapus akun kamu dari aplikasi dan semua pengaturan yang kamu buat di dalamnya. Tapi jangan khawatir, kamu selalu dapat menyiapkannya kembali setelah kamu masuk ke aplikasi Google Play.

3. Hapus Data Dan Cache Play Store

  • Buka aplikasi pengaturan perangkat kamu dan lanjutkan ke daftar aplikasi. Cari aplikasi Google Play Store dan ketuk di atasnya.
  • Pada halaman informasi aplikasi, ketuk Penyimpanan.
  • Ketuk Hapus Cache. Kamu juga dapat mengetuk Hapus Data.
  • Sekarang, mulai ulang perangkat kamu, buka Google Play, dan coba unduh aplikasi. Jika tidak berhasil, hapus cache dan data Pengelola Download dan Layanan Google Play kamu.

4. Copot Dan Pasang Ulang Pembaruan Play Store

Jika semua metode di atas tidak berhasil untuk kamu, copot pemasangan pembaruan Play Store untuk mengembalikannya ke versi pabriknya.

  • Buka Pengaturan dan ketuk Aplikasi.
  • Pilih Google Play Store, ketuk Lainnya (biasanya diwakili oleh tiga titik) dan pilih Copot pemasangan pembaruan.
  • Buka Google Play dan coba unduh aplikasi lagi.

Biasanya, Google Play memperbarui aplikasi sendiri secara otomatis, jadi kamu tidak perlu khawatir tentang fitur terbarunya. Tetapi jika bukan itu masalahnya, kamu dapat membuka aplikasi, menuju ke Pengaturan, dan memperbaruinya secara manual.

5. Reset Pengaturan HP

Terkadang dari kamu pernah mengubah pengaturan baik di sengaja maupun tidak, ada baiknya reset pengaturan solusi terbaik untuk mengatasi download Tertunda di Play Store

Karena aku pernah mengalami masah serupa saat mengintal aplikasi tidak berjalan. dengan mereset sebagian pengaturan akhirnya behasil.

Untuk caranya bisa lihat di bawah ini :

  • Buka Pengaturan perangkat kamu.
  • Selanjutnya Manejemen umum > Reset.
  • Terakhir pilih dan ketuk Reset Pengaturan.
  • Selesai.

Pertanyaan Terkait

1. Mengapa Unduhan Saya Tertunda?

Alasan mengapa aplikasi yang kamu coba unduh dan pasang macet dalam proses tertunda. Yang paling umum adalah memiliki terlalu banyak aplikasi yang tercantum dalam antrean unduhan atau koneksi internet yang lambat.

2. Bagaimana Cara Memperbarui Google Play Store?

Secara default, Google Play diperbarui secara otomatis. Tetapi jika kamu ingin memeriksanya secara manual.

3. Bisakah Unduh Aplikasi Menggunakan Data Seluler di Play Store?

Sangat bisa, tetapi pertama-tama kamu perlu membuka aplikasi Google Play kamu, buka Pengaturan, dan atur preferensi unduhan aplikasi ke jaringan apa pun.

Video Cara Mengatasi Download Tertunda di Play Store

Kesimpulan

Cara di atas bisa di gunakan untuk semua versi Android, karena itu kamu perlu melakukan pengaturan agar unduhan saya tertunda bisa kembali Normal.

Demikian artikel mengenai Cara Mengatasi Unduhan Tertunda di Play Store. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua terutama dalam membantu kamu memperbaiki masalah unduhan pending di Play Store dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya blog Septiyan Media.